7 Ide Penataan Rumah Mungil Ukuran 8 x 14.5 M: Tampak Luas dengan Penataan Maksimal

7 Ide Penataan Rumah Mungil Ukuran 8 x 14.5 M: Tampak Luas dengan Penataan Maksimal


Homeshabby.com -- Rumah dengan ukuran 8 x 14.5 m tergolong hunian mungil dan lahan yang cukup terbatas. Namun untuk menata rumah mungil tersebut, anda tidak perlu khawatir dengan pemilihan eksterior fasad hingga interior ruang. Meski berada di lahan yang cukup terbatas, anda bisa menambahkan beberapa unsur dekoratif hingga material fungsional yang dapat menunjang tampilan rumah. Rumah yang nyaman tidak selalu identik dengan ukuran yang besar saja, melainkan rumah yang lengkap dengan ruang publik dan area privasi untuk semua penghuni rumah. Nah tepat sekali jika anda sedang mencari ide rumah minimalis di perkotaan atau perdesaan, 7 Ide Penataan Rumah Mungil Ukuran 8 x 14.5 M: Tampak Luas dengan Penataan Maksimal ini dapat anada manfaatkan sebagai referensi tambahan di masa mendatang. Simak ulasannya, semoga bermanfaat dan membantu :)


Teras rumah dengan eksterior menawan bergaya ceria



Tidak banyak ornamen hingga dekorasinya yang berlebihan, desain teras rumah minimalis ini nampak sejuk dengan penataan menawan. Warna dinding teras bergaya stylish oranye dan putih ini menyatu seimbang dan tampak visualis nyaman dilihat. Area teras yang ukurannya tidak begitu besar tapi bisa diubah menarik dengan adanya furniture drum tampak menarik dari adanya ornamen etnik di bagian luar. 

Dipercantik dengan tanaman hias yang segar, area teras menjadi tempat terbaik saat anda tidak memiliki lahan besar untuk taman rumah. Susun rapi dengan menggunakan rak tanaman yang estetik bergaya minimalis. Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman hias yang tahan lama untuk area luar dengan model gantung hingga konsep vertikal garden.


Teras rumah dengan kanopi galvalum


Rumah yang sudah lama ditempati tetap bisa menarik dan stylish dari bagian luar jika sangat pemilik mampu menggunakan dekorasi hingga elemen kuat. Sperti teras rumah yang sejuk menggunakan kanopi galvalum untuk membantuk kesan rindang dan menghindarkan tampias hujan secara berlebihan. Susunan rapi dari bagian teras ini nampak kokoh diperkuat dengan pilar dibuat model semi dinding dengan tebal 5 cm dan lebar sekitar 60 cm. 


Dak teras yang mulanya kecil ini sebenarnya bukan masalah untuk menjadi desain attractive dibagian fasad jika diperuntukkan fungsional tampias dan panas. Namun untuk menjaga area rumah tetap rapi dan nyaman, maka kanopi bisa dkombinasikan di bagian atasnya seperti yang terlihat.


Desain ruang tamu bergaya Scandianvian


Cukup berbeda dengan eksterior fasad rumah kali ini. Ruang tamu rumah yang mengusung gaya Scandinavian ini menjadi gaya baru untuk dekorasi rumah. Konsep Scandinavian minimalis yang diterapkan pada area furniture sofa hingga dekorasinya ini memberikan efek dinamis dan menyatu. Bagian dekorasi yang nampak jadi sudut pandang pertama untuk dilihat adalah cermin dengan frame bunga matahari ini semakin menonjol untuk pemanis ruanga. Anda bisa menambahkan dekorasi seperlunya saja untuk mengisi kekosongan ruang seperti sudut dengan tanaman hias ataupun standing lamp.


Ruang tv nyaman dengan konsep semi-terbuka



Rumah dengan lahan yang cukup maksimal ini juga menempatkan area kecil di rumah untuk ruang tv sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Area yang nampak luas ini dibuat konsep semi-terbuka dengan sectional sofa yang bisa muat untuk 4-6 anggota keluarga. Dinding yang dimaksimalkan untuk TV model tempel dilengkapi kabinet fungsional sebagai ruang simpan agar lebih maksimal. Dengan konsep semi-terbuka dekat area belakang rumah seperti ini, sirkulasi dan penerangan bisa masuk lebih leluas dan membantu menghindarik kesan pengap.



Area open plan yang fungsional



Area yang berada di sekitar ruang keluarga ini dibuat konsep open plan untuk memaksimalkan ruang dan ditempatkan di tengah ruang dekat dapur, kamar tidur, toilet dan jemuran baju. Ruang keluarga ini sengaja ditempatkan di tengah ruang agar pemilik dan anggota keluarga terdekat bisa berkegiatan nyaman saat masak bersama di ruang dapur. Berikan dekorasi yang indah dan estetik, anda menggunakan konsep lesehan agar muat untuk menampung keluarga besar saat acara bersama.


Dapur dan ruang makan yang open plan



Area berikutnya adalah ruang makan dan dapur yang dijadikan satu untuk memaksimalkan lahan di rumah. Ukuran yang memanjang ini bisa anda buat konsep menarik dan nyaman. Karena berada di area belakang rumah, penghawaan yang diterima cukup maksimal begitu juga dengan pencahayaan yang diterima. Aplikasikan dan buat desian dapur yang nyaman seperti kelengkapan kitchen kabinet hingga meja dapur yang pas dan ideal sesuai pemilik rumah.

Ruang jemur pakaian di belakang rumah



Area jemur pakaian yang berada di belakang rumah ini nampak lega dan terkesan natural. Meski dibuat sederhana, berkat tanaman hias hingga penutup atap kaca atau kanopi transparan bisa jadi pilihannya. Anda bisa mendukung kegiatan rumah tangga jemur pakaian ini dengan rak ataupun tempat jemur yang luas agar maksimal. Sehingga ruang cuci jemur pun bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti tempat santai hingga area taman rumah.


Detail denah dan ukuran ruang




Berikut ini adalah denah dan ukuran rumah yang tampak maksimal dari bagian depan.
- Teras rumah ukuran 6.5 x 2 m
- Garasi rumah ukuran 2.5 x 3.5 m
- Ruang tamu dengan ukuran 3 x 5 m
- Toilet umum ukuran 1.5 x 1.5 m
- Kamar tidur 1 ukuran 2.75 x 2.75 m dan kamar tidur 2 ukuran 3 x 2.75 m
- Dapur ukuran 4 x 3 m yang open plan dengan ruang laundry ukuran 3.5 x 2.5 m
- Ruang keluarga ditengah ruang ukuran 3 x 6 m
 
Untuk sisa space yang berada di hunian ini bisa dimaksimalkan lagi untuk mushol dalam rumah hingga gudang ataupun taman untuk penghawan yang lebih menyegarkan.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.

Bagi anda yang membutuhkan jasa desain rumah minimalis silahkan hubungi whatsapp 08568160677 atau klik www.hsdesain.com