Sudah Dicoba, 7 Inspirasi Cara Simpan Perabot Dapur dengan Rapi Untuk Rumah 2 Lantai

 
Sudah Dicoba, 7 Inspirasi Cara Simpan Perabot Dapur dengan Rapi Untuk Rumah 2 Lantai

Homeshabby.com -- Menyimpan perabot rumah tangga terutama di dapur perlu banyak cara, karena ukuran dapur biasanya hanya digunakan untuk kegiatan masak saja. Namun ruang dapur saat ini perlu di desain untuk tempat simpan maksimal meski ukurannya minimalis sekalipun. Untuk menata perabot dan bahan masakan di dapur anda bisa memanfaatkan storage, kolong dapur hingga dinding dapur bahkan dengan menambahkan kabinet lain di sekitar dapur. 

Memiliki perabot dan bahan masak yang cukup banyak untuk kebutuhan per bulan perlu tempat maksimal agar tidak mengganggu kegiatan masak. Apalagi bagi pemilik rumah 2 lantai yang cenderung memiliki perabot dan bahan masak yang cukup banyak untuk keperluan sehari-hari. Nah bagaiamana pula cara untuk mengatur bahan masak dan perabot rumah tangga di sekitar dapur? Yuk simak 7 Inspirasi Cara Simpan Perabot Dapur dengan Rapi Untuk Rumah 2 Lantai berikut ini:


Mengelompokkan bahan&perabot sesuai ukuran dan kebutuhan

detikpatra

Menata dapur agar terlihat rapi dan bersih terkadang terlihat sepele dan mudah. Padahal jika dilakukan beberapa orang akan mendapatkan kesulitan dalam menempatkan bahan masak dan perabot masak di ruang dapur. Nah untuk itu, anda bisa mengelompokkan jenis perabot yang akan digunakan saat masak hingga bahan masakan yang sering digunakan. Salah satunya bumbu dapur, yang bisa anda tempatkan di sekitar meja dapur antara sink dan stove seperti yang terlihat.

Selain itu, anda bisa memanfaatkan kabinet meja dapur untuk menyimpan alat makan hingga minuman sachet agar fugnsional dapur maksimal tertata rapi dan terlihat bersih.


Memanfaatkan storage dapur untuk peralatan masak dengan box

mamia_cania

Peralatan dapur yang berukuan kecil atau besar sebaiknya anda simpan di tempat aman dan mudah jangkauan. Seperti sendok, garpu, pisau hingga alat membuat kue. Meski masih memiliki kabinet dapur yang lengkap, anda bisa menambahkan box atau kontainer untuk menempatkan peralatan rumah tangga tersebut. Selain itu, menggunakan box atau kontainer seperti ini dipercaya dapat memperingkas tampilan dapur sehingga peralatan tidak mudah berdebu dan kotor.


Tambahkan rak display untuk tempat bumbu dapur

flo.rahouse

Bagi pemilik rumah minimalis 2 lantai yang cukup terbatas, ruang dapur pun akan mengikuti ukuran rumah secara keseluruhan. Nah terutama desain dapur yang tidak menggunakan kitchen set seperti ini. Untuk menyimpan bahan makanan hingga perabot dapur pun tidak cukup jika hanya memanfaatk area kolong. Sebagai solusinya, anda bisa menambahkan rak display disekitar dinding backsplash supaya bisa maksimal sebagai tempat simpan. Seperti untuk tempat bumbu dapur, alat masak, alat makan hingga tempat kopi dan gula. 


Simpan bahan makanan dalam satu kabinet

ingridhazdav

Pasalnya membuat mini pantry untuk dapur ukuran kecil di rumah tidak akan memberikan space lega dan malah akan terksan sumpek. Untuk itu, anda bisa menyiasati penggunaan mini pantry dirumah dengan kabinet atau rak yang menyatu dengan meja dapur. Selain untuk kegiatan masak yang nyaman, anda bisa menambahkan rak kabinet sebagai tempat simpan bahan makakan sejenis seperti mie instan, bumbu instan hingga bumbu dapur lainnya. Cara ini cukup praktis untuk mengatasi ruang dapur yang ukurannya kecil dan lebih rapi.


Memanfaatkan bagian kolong dapur secara maksimal

rumah_attar

Saat sedang membangun dapur di rumah, memilih untuk membuat dapur tanpa kitchen kabinet pun bukan masalah jika dicoba. Dengan desain dapur dari meja cor ini anda bisa memasksimalkan bagian kolong dapur untuk tempat simpan perabot rumah tangga jenis piring, panci hingga tempat masak dapur lainnya. Tak pelru khawatir dengan penempatannya, anda bisa susun dari atas dengan peralatan yang ukurannya kecil hingga terbesar.


Menambahkan kabinet lain untuk mini pantry

rinalatif22

Untuk memanfaatkan space dapur yang masih tersisi cukup luas, menambahkan mini pantry bukan masalah jika dicoba. Cara ini sangat efektif untuk membuat ruang dapur tampak rapi, bersih dan tertata cantik. Meski dengan mini pantry yang kecil, anda bisa membuat tingkatan yang banyak sebagai ruang simpan bahan masakan saja. Agar mudah, menambahkan nama barang di tiap rak sangat perlu agar penghuni rumah yang jarang ke dapur bisa mudah menemukan apa yang di inginkan biasanya anak-anak hingga mertua yang jarang ke rumah. Mudah kan bunda?


Membedakan bumbu dapur dan alat masak dengan rak khusus

hesti.novitadewi

Saat menata ruang dapur agar rapi tapi tampak estetik, desain dapur ini bisa jadi salah satu inspirasi yang bisa dicoba. Mendesain dapur tanpa kitchen kabinet lengkap, anda masih bisa memaksimalkan dinding bacskplash dapur untuk ditambahkan rak display lain dengan model tempel atau gantung. Interior dapur yang natural dari bahan kayu bisa anda pilih untuk memberikan suasana masak  hangat dan ruang yang sederhana. Anda bisa menggunakan rak khusus tersebut untuk bumbu dapur dan alat masak.

Sengaja di tempatkan di sekitar backsplah agar memperudah saat kegiatan masak ketika masakan kurang garam atau perlu penyedap lain.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.