7 Tata Ruang Rumah Tanpa Sekat Untuk Lahan Terbatas

 
7 Tata Ruang Rumah Tanpa Sekat Untuk Lahan Terbatas


Homeshabby.com -- Kenyamanan rumah tidak harus identik dengan ukuran rumah yang besar saja. Ukuran rumah yang kecil bisa tetap nyaman jika penataan ruangnya pas dan tepat. Anda bisa menggunakan alternatif tata ruang yang bertujuan untuk menciptakan interior rumah jadi luas dan lapang jika ukuran di rumah kecil. Dengan cara membuat konsep open plan luas tanpa sekat, cara ini bisa juga diaplikasikan pada rumah besar sekalipun untuk memaksimalkan sudut area jadi tempat fungsional. 

Menata inteiror rumah tanpa sekat juga bisa anda aplikasikan untuk rumah kecil minimalis, pemilik apartmen atau rumah dengan tipe studio. Simak 7 Tata Ruang Rumah Tanpa Sekat Untuk Lahan Terbatas yang bisa dijadikan bahan rekomendasi mengatur ulang interior di rumah jadi bebas dan lapang di bawah ini!


Desain ruang makan dan ruang keluarga luas tanpa sekat

sanjitphotography

Menata interior ruang secara bersamaan dalam satu area tidak hanya bisa diterapkan pada rumah minimalis, kecil type 36. Anda bisa menata interior ruang agar semakin lapang pada rumah besar seperti ini. Tanpa adanya sekat pemisah yang membatasi kedua ruang, antara ruang keluarga dan ruang makan di buat interior senada lengkap furniture dan dekorasinya.

Ruang keluarga yang terletak tepat di depan tangga ruang ini semakiin menarik karena tanpa adanya penghalang yang membuat raung tampak terhalang. Anda bisa menghindari interior ruang dengan kesan kaku menggunakan beberapa dekorasi dan sentuhan tanaman hias untuk menyegarkan ruangan.


Ruang tanpa sekat dengan interior senada

intje_irnhie

Desain ruang open plan tanpa sekat berikut ini dibuat senada untuk pemilihan furniture dan dekorasinya. Hal ini bertujuan agar budget yang dikeluarkan untuk dekorasi tidak berlebihan. Bukan itu saja, ruang makan dan ruang keluarga yang bersebelahan pun membuat pemilik cermat mengatur tatanan furniture untuk ruang keluarga dan area makan. Penataan ringkas, simple penuh dekorasi tapi tidak belebihan ini membuat interior rumah jadi lebih hangat karena cenderung dengan waran cokelat dan hitam yang kontras.

Anda bisa menambahkan perpaduan warna netral putih untuk kesan dinamis dan lebih netral agar ruangan tidak tampak kaku.


Ruang tengah tanpa sekat yang bersih dan lapang

rumah.riqata

Desain ruang tengah pada rumah minimalis biasanya cenderung dibuat lapang tanpa sekat untuk memberikan pengahawan maksimal. Sehingga ruang privasi seperti kamar tidur dan kamar mandi anda di sekitar ruang tengah tersebut. Desain ruang tengah kali ini ditempati ruang keluarga yang tampak menyatu dengan ruang makan dan juga kamar mandi di bagian sudut ruang. 

Interior ruang dipilih warna putih bersih dengana elemen kayu bergaya Scandinavian semakin homey untuk rumah bertipe kecil. Anda bisa menggunakan ruang tengah ini sebagai ruang tamu sekaligus jika perlu. Dengan begitu interior rumah tanpa sekat pun bisa mudah saat berkegiatan kesana kemari tanpa membuat banyak pintu.


Desain ruang tanpa sekat antara dapur da ruang makan

any_a.romy


Kesatuan ruang dari segi fungsional antara ruang makan dan area dapur sangat penting dan cocok dijadikan satu. Tapi kali ini anda bisa mencoba konsep berbeda dengan open plan tanpa sekat seperti ini. Jangkauan dapur dan ruang makan yang masih terlihat tak perlu dibatasi, anda bisa leluasa berkegiatan di dapur sekaligus menyiapkan makanan di meja makan tanpa harus berjalan jauh. 

Penataan ruang seperti ini sangat efektis untuk dicoba, anda juga bisa menambahkan satu area lagi di sekitar dapur seperti ruang laundry atau kamar mandi umum.

Ruang tanpa sekat dengan interior pink putih

mamorvitronela

Desain ruangan tanpa sekat berikuntya ini dibuat senada antara ruang sebelahnya. Penataan jadi satu dalam satu raung antara ruang keluarga dan ruang makan ini dipilihkan furniture senada dan interior sama pula. Tampilan ruang yang cantik dari dinding warna pink menjadikan kesan luwes dan dinamis. Meski hanya dengan ruang yang berukuan cukup kecil, penatan furniture ditempatkan di sisi dinding sebelah kiri bertujuan agar tidak menghalangi jarak padang antara kedua ruang di sebelahnya yang dibatasi pintu kaca dan gorden. Sehingga setiap ruang pun bisa tetap seimbang dan jangkauan saat melihat kegiatan anggota keluarga bisa terpantau.

Ruang open plan yang clean dan bertema all-in white

qiahladkiya

Mendesain rumah mungil tanpa sekat sangat mudah untuk dicoba. Anda bisa menghilangkan pembatas atau sekat ruang untuk membuat tampilan lapang dan terlihat bebas. Salah satunya pada ruang makan dan dapur di belakang rumah yang tampak minimalis dan memanjang bentuk lorong ini. Meski penempatan kedua ruang yang terlihat cukup jauh dan berbeda, berkat mengabaikan sekat ruang  pandangan bisa terjangkau dengan mudah. Selain itu, penggunaan furniture yang tepat seperti kabinet dan rak adpur ditempatkan di sisi dinding yang tidak menghalangi jarak pandang ataupun akses jalan. Sehingga interior ruang pada rumah kecil seperti ini bisa maksimal luas dan tampak lapang.


Ruang tanpa sekat antara ruang makan dan tempat jemur baju

rumahidaman1980

Ruangan tanpa sekat akan menarik jika penataannya rapi dan memperhatikan fungsi ruang yang akan digunakan. Salah satunya ruang makan yang berada di belakang rumah dan dekat tempat jemur baju ini. Meski tampak menyatu, jarak antar ruang dibedakan dari adanya atap ruang yang menggunaka void area sebagai penghawaan. Kesan lain pun jika ditimbulkan adanya elevasi ruang makan yang berbeda antara jemur baju meski tanpa menggunakan sekat. Area belakang rumah yang cenderung open plan seperti ini memang menarik jika anda jadikan taman kecil atau area bermain sekaligus, Apalagi sudah memiliki gazebo minimalis dalam rumah, anda cukup melengkapi dengan tanaman hias ataupun area bermain anak yang ramah.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.