7 Mudah Menciptakan Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Kecil

7 Mudah Menciptakan Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Kecil


Homeshabby.com -- Rumah kecil sangat tepat bila di desain dengan penataan minimalis dan sederhana. Desain dapur minimalis memang tampak mudah untuk diwujudkan, namun untuk menata dapur yang kecil tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus mengedepankan fungsional ruang dapur tanpa meninggalkan kesan estetik dan ukuran ruang yang kecil supaya lebih luas dan tampak luwes.

Menata ulang dapur yang dekorasinya kurang tepat juga bisa anda coba supaya meningkatkan mood dalam kegiatan masak. Agar tidak kebingungan untuk mendesain dapur minimalis di rumah mungil, Homeshabby.com telah merangkum 7 Mudah Ciptakan Desain Dapur Minimalis Untuk Rumah Kecil yang bisa anda jadikan pilihan menarik untuk redekorasi ulang dapur di rumah.
 


Maksimalkan ruang dapur dengan layout yang pas

sarahharizqy


Tata letak ruang dapur minimalis dapat anda pertimbangkan dengan matang. Buatlah model dapur dirumah dengan penataan rapi menggunakan meja bentuk linear hingga membedakan area sink dan stove. Ukuran yang kecil bisa diatasi dengan interior minimalis putih dan pemasangan ventilasi jendela yang berada di sudut ruang. Supaya penataan dapur kecil di rumah terasa fungsional, anda bisa mendahulukan keperluan dapur seperti bahan masakan, alat masak dan perabot dapur yang sering digunakan.



Menggunakan meja dapur yang sesuai ukuran

silikusil

Agar tidak salah menentukan kebutuhan dapur kecil minimalis di rumah, anda bisa menyesuaikan desain meja dapur dengan penataan rapi dari semen cor dengan kabinet stainless. Jika anda termasuk tipikal yang sering berkegiatan di dapur selain masak, untuk memaksimalkan area dapur anda bisa menempatkan satu mesin cuci sebagai kelangsungan kegiatan rumah tangga yang praktis dan efisien. Pertimbangkan fungsi lain seperti kabinet untuk mengantisipasi ruang simpan yang maksimal agar kebutuhan bahan masakan bisa tersimpan rapi dan membuat ruang dapur tetap stylihs.



Kombinasikan interior yang sesuai selera

tiekamanina

Kondisi dan interior dapur sangat mempengaruhi kegiatan masak di rumah. Untuk merencanakan dapur minimalis yang rapi di rumah dengan ukuran kecil bisa terlihat apik dan eye-catching. Gunakan interior bergaya shabby minimalis dengan warna pink dengan posisi ruang simpan yang rapi. Manfaatkan kolong dapur dengan rapi, finishing cantik bisa anda gunakan gorden minimalis dari bahan yang susah terbakar. Berikan detail dapur untuk menunjang kegiatan yang nyaman, seperti perangkat masak hingga rak tambahan sebagai tempat bumbu dan alat dapur yang sering digunakan.



Simpan perabot di area yang multifungsi

dian_justika

Ukuran dapur yang kecil bisa digunakan dengan maksimal dengan penataan rapi. Meski tanpa kitchen set, anda bisa menggunakan meja dapur bahan cor yang menyisakan kolong dapur. Memanfaatkan area dapur secara maksimal dan intens bisa digunakan area kolong. Perabot  dapur yang lengkap menjadi penunjang kegiatan masak di rumah, tapi karena ukurannya yang sedang memilih untuk menggunakan perabot seperlunya saja cukup disarankan. Interiornya bisa anda pilih warna beige yang memberikan efek tenang dan nyaman.



Pertimbangkan keamanan dan kenyamanan dapur

resti_yunivita


Walaupun ukuran yang kecil, fungsional dapur tetap jadi pertimbangan utama untuk membuat kegiatan masak dan makan secara berlangsung. Ruang dapur yang menggunakan bentuk letter L ini sengaja dibuat agar kenyamanan menjadi salah satu penunjang kegiatan masak. Anda hanya cukup membalikkan badan tanpa harus berjalan beberapa langkah. Gunakan material yang aman seperti meja granit dengan keuntungan lebih banyak ketimbang material lain. Lengkapi area kecil di dapur ini dengan ruang makan supaya kegiatan masak dan makan berlangsung jadi satu.


Space maksimal di ruang dapur

fabianhannan1610

Ukuran dapur di rumah cukup beragam, tapi anda bisa memaksimalkan ruang dapur secara tepat. Bentuk dapur letter U dengan aksen mini bar ini tampak modern untuk rumah minimalis sederhana. Pemilihan area simpan yang maksimal tidak harus menggunakan kitchen kabinet lengkap, rak display atau rak terbuka ini bisa jadi pilihannya. Berikan space yang tidak terlalu dekat antara stove, sink dan mini bar. Supaya kegiatan masak tidak berdesakan jika dilakukan dua orang.



Jaga kebersihan dapur supaya nyaman

nartywidyatna07

Selain mempertimbangan material, desain dapur hingga perabot yang digunakan. Meracangan dapur yang rapi di rumah juga harus mementingakan kebersihan ruangnya. Biarpun sudah menggunakan interior minimalis yang bersih, anda harus siap membersihkan peralatan dapur hingga bahan masakan setalah masak. Tambahkan satu tempat sampah di bagian sudut, supaya sisa bahan masakan ataupun sampah plastik bekas makanan tetap terbuang di tempatnya. Untuk menghindarkan ruang dapur tetap bersih dan harus, pastikan untuk membuang rutin sampah rumah tangga yang basah agar tidak menimbulkan jamur dan penyakit.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.