7 Inspirasi Desain Mushola Kecil dalam Rumah, Buat Ibadah Makin Khusyuk

 
7 Inspirasi Desain Mushola Kecil dalam Rumah, Buat Ibadah Makin Khusyuk


Homeshabby.com -- Ibadah sholat menjadi salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap muslim. Kegiatan sholat yang nyaman perlu diimbangi dengan tempat ibadah yang bersih dan buat ibadah jadi lebih tenang. Untuk itu, membangun mushola di dalam rumah juga sangat penting kegunaannya seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur hingga ruang tamu pada umumnya. Maka tidak masalah untuk membuat mushola dalam rumah dengan ukuran kecil atau besar sekalipuna. Terpenting saat membangun mushola dalam rumah adalah dekorasinya yang simple dan tidak berlebihan, agar ibadah tetap fokus. 

Sebagai contohnya simak 7 Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Buat Ibadah Makin Khusyuk berikut ini:


Mushola kecil di dalam rumah yang elegan

najahmaliyati

Penataan simpel dan rapi dari desain mushola dalam rumah ini memberikan rasa nyaman dan ibadah yang tenang. Ukuran yang kecil bukan masalah untuk membuat dekorasi cantik dan mendukung kegiatan ibadah lebih khusyuk. Anda bisa melengkapi dengan kabinet kecil untuk tempat dekorasi ataupun perlengkapan ibadan seperti kitab dan Al-quran. Agar terhindar dari kesan pengap dan sempit, tambahkan standing lamp sebagai penerangan.


Desain mushola kecil dengan gaya rustic

ninadubidudam

Inspirasi mushola kecil dalam ruang ini memiliki tampilan rapi. Meski dengan ukuran yang kecil, dekoraisnya menerapkan gaya rustic yang dinamis dan tampak hangat. Tidak perlu ukuran yang luas, asalkan nyaman dan pas untuk kegiaan ibadah, anda bisa melakukan kewajiban dengan nyaman di tempat ini. Supaya kelengkapan sholat bisa tersimpan dengan rapi, siapkan satu kabinet teruka model tingkat untuk meltakkan mukena, sajadah hingga perlengkapan lainnya.


Inspirasi mushola dalam rumah bentuk persegi

dhi_diery

Bagi anda yang masih memiliki space kecil di dalam rumah dengan bentuk persegi, jadikan saja sebagai tempat sholat keluarga yang tenang dan nyaman. Biarpun ukurannya tidak begitu besar, anda cukup mendekroasi mushola dalam rumah ini dengan beberapa wall-art bertema islami hingga karpet motif agar ruang ibadah lebih hidup. Tambahkan gantungan untuk tempat sajadah supaya saat bersih-bersih jadi lebih mudah.


Manfaatkan ruang sempit untuk mushola estetik

dr.ita_farica

Ruang sempit sekalipun bisa diubah jadi tempat ibadah bersama keluarga yang nyaman di dalam rumah. Sepeti inspirasi desain mushola kecil ini yang dibuat tema estetik dengan usnur dekoratif kayu dan bebrapa tanaman kering. Manfaatkan tempat kecil ini untuk kegiatan ibadah yang khusyuk, anda bisa memberikan hiasan atau kelengkaan simpan seperti rak model tangga hingga rak amablan untuk menggantungkan alat ibadah dan meletakkan dekorasi cantik seperlunya saja.


Mushola kecil dalam rumah dengan partisi sebagai pembatas

christinafandi

Mengutamakan ibadah sangat penting dan sifatnya wajib bagi setiap muslim. Anda bisa melangsungkan ibadah di rumah sendiri bersama keluarga dengan tenang diikuti interior yang rapi dan bersih. Meski ukurannya kecil, mushol dalam rumah ini bisa anda gunkan yang dibatasi dengan partisi untuk meberikan kesan privasi. Untuk memperindah ruang ibadah, kelengkapan alat sholat tidak boleh tertinggal. Letakkan rak kayu model tangga, dekorasi tanamn hias ataupun wall-art bertema religius.


Desain mushola kecil yang segar dekat taman rumah

juhri_sutedja10

Interior ruang ibadah di dalam rumah yang asri dan menyegarkan ini menerapkan warna kuning cerah untuk membuat kesan elegan dan perasaan tenang. Apalagi mushola dalam rumah ini berada di dekat taman yang memungkinkan untuk dibangun tempat wudhu sekaligus disektiarnya. Anda bisa memadukan unsur alami seperti batu alam hingga mini waterfall untuk nuasna yang lebih tenang. Sehingga ibadahpun jadi lebih khusyuk.


Inpirasi mushola kecil dengan penerangan alami

rumahamore

Area manapun di dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk tempat ibadah bersama keluarga. Dengan ukuran yang tidak begitu luas, ruang mushola kali ini menerapkan konsep minimalis dengan dengan dekorasi simple yang tidak mengganggu kegiatan ibadah. Apalagi maksimalnya cahaya alami dari arah jendela ruang ini memberikan kesan nyaman dan tenang saat beribadah. Anda bisa menambahkan gorden transparan untuk mengatur intensitas cahaya masuk ke dalam ruang ibadah. 




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.