7 Inspirasi Desain Kolam Ikan dalam Rumah yang Bikin Kamu Selalu Happy

 
7 Inspirasi Desain Kolam Ikan dalam Rumah yang Bikin Kamu Selalu Happy

Homeshabby.com -- Memelihara ikan dapat mendatangkan efek positif untuk pemilik rumah. Terutama sebagai kesehatan mental yang dapat membuat pikiran jadi lebih rileks dan menenangkan. Apalagi bagi anda pecinta hias, memandangi ikan berenang saja sudah membuat pikiran jadi tenang dan stres bisa berkurang. Untuk memilihara ikan hias, anda tidak harus mengandalkan aquarium saja. Salah satunya bisa dengan cara membuat kolam ikan di dalam rumah yang bagus untuk memberikan efek segar sekaligus suasana rumah lebih asri. 

Adanya kolam ikan di rumah sangat fleksibel jika anda gabungkan dengan konsep interior rumah yang beragam, seperi gaya Scandinavian, minimalis hingga gaya Japandi. Nah untuk menciptakan kolam ikan di dalam rumah, anda juga harus mencari space yang masih tersisa baik ukuran kecil atau besar. Bagi anda yang tertarik, simak 7 Inspirasi Desain Kolam Ikan dalam Rumah yang Bikin Kamu Selalu Happy di bawah ini!


Kolam ikan dengan atap tranparan di bawah void area

rumah.mnt

Untuk membuat kolam ikan dalam rumah tidak harus memanfaatkan area belakang rumah atau teras saja. Contohnya di sekitar void area rumah yang bisa anda manfaatkan untuk tempat kolam ikan dan juga tempat santai di akhir pekan. Karena memang dijadikan void area, maka atap kaca transparan sengaja dipilih untuk memberikan pencahayaan dan sirkulasi lancar masuk ke dalam rumah. Anda bisa membuat kolam dengan ukuran sedang ditambahkan air mancur serta dikombinasikan dengan tanaman hias supaya lebih menyegarkan. 


Manfaatkan kedua bangunan rumah, desain kolam ikan modern dengan kanopi kayu

dirumah.ps


Beralih ke desain kolam ikan lainnya. Penempatan kolam ikan yang berada di antara kedua bangunan rumah ini nampak menarik sebagai healing space. Di buat konsep estetik dan dekat dengan alam, ditandai adanya rumput ilalang di ujung kolam agar nampak estetik. Kolam ikan pun ditutupi dengan kanopi kayu yang modern agar mengurangi hawa panas langsung ke kolam. Alih-alih membuat space untuk interior ruang semakin terbatas, kolam ikan ini justru memberikan unsur alami dan kesan nafas untuk rumah supaya tidak malah pengap.

Anda pun bisa membuat jalan di bagian tengahnya dengan ukuran standart dan jika perlu tambahkan railing di sekitar kolam untuk safety bagi anak-anak kecil.


Kolam ikan minimalis ukuran memanjang

nayyarashome

Model kolam ikan minimalis jauh dari kesan monoton ini tampil homey yang diletakkan di sekitar void area. Ukuran kolam yang tidak terlalu besar dan memanjang berpadu cantik dengan adanya tanaman hias lucky bamboo segar nan estetik. Anda bisa menambahkan beberapa furniture kursi rotan untuk melengkapi suasana santai di kolam yang seru dan menyenangkan. Apalagi kesan sederhana dari desain kolam ini sangat cocok dan mudah untuk ditiru!


Kolam ikan dalam rumah dengan panel kayu

lisnauyun

Desain kolam ikan minimalis ukuran 1 x 1 m simetris dengan dekorasi cantik berupa elemen semen yang dibuat hampir seperti batu alam. Kesan artistik pun menjadikan kolam ikan ini sebagai tempat santai nyaman saat sedang suntuk tentang pekerjaan. Anda bisa memiliki kolam ikan ini dengan mengkombinasikan panel kayu yang menambahkan kesan alami sangat cocok jika dijadikan tempat santai konsep lesehan. 

Biarpun tidak dengan ukuran yang besar, anda bisa menikmati suara gemricik air dan memandangi ikan yang hilir kesana-kemari untuk memberikan ketenangan.


Kolam ikan dalam rumah gaya Scandinavian

earlytitania

Ornamen cantik dari rumah bergaya Scandinavian ini nampak menarik dan komplit diaplikasikan pada bagian kolam ikan sekaligus. Kolam yang berukuran minimalis ini digabungkan dengan mini waterfall agar suasana tenang dari germicik air memberikan efek segar. Kesan menyatu pun diperlihatkan dari adanya elemen batu bata ekspos dan lighting di sekitar kolam ikan yang nampak serasi dari tanaman hias.


Makan sambil menikmati pemandangan kolam ikan dalam rumah

arumfitriandari

Konsep kolam ikan dalam rumah ini pas jika diletakkan di sekitar dapur dan ruang makan. Tanpa adanya penyekat yang membatasi juga dapat memberikan kesan luas jika ruangnya berukuran kecil. Penempatan ruang makan dan dapur yang jadi satu dengan kolam ikan ini membuat kegiatan masak dan makan jadi lebih seru sambil mendengar gemricik air yang muncul dari ikan yang berenang di kolam.


Kolam ikan natural dengan dekorasi tebing

dianaaprillias

Membuat kolam ikan dalam rumah dengan konsep natural alami ini bisa anda coba dengan mengkombinasikan dekorasi tebing dan tanaman hias. Meski ukuran kolam yang dibuat tidaklah besar, tapi desain sekitar kolam dibuat cantik memiliki pagar dan jalan setapak kecil. Anda bisa menambahkan nuansa natural alami dengan adanya air terjun minimalis di sekitar tebing yang dapat menenangkan pikiran.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.