7 Ide Mushola Dalam Rumah Yang Nyaman Untuk Keluarga

 Homeshabby.com - Keberadaan dari mushola atau tempat ibadah dalam rumah sangatlah penting. Sama halnya dengan kamar tidur, dapur, ruang tamu dan lainnya. Namun, sekarang ini banyak yang memilih untuk sholat atau ibadah di dalam kamar karena dinilai cukup privasi dan suasana yang relatif menenangkan. Karena itu, tidak ada salahnya jika anda dapat membuat desain dan dekorasi mushola sebagai area ruangan tersendiri agar dapat beribadah bersama serta membuat ibadah semakin khusyuk. Yuk mari simak 7 Ide Mushola Dalam Rumah Yang Nyaman Untuk Keluarga di bawah ini.


Mushola 1.75 x 3 meter Tampak Asri dan Dengan Dekorasi Wall Foam yang Cantik

Instagram/f3home_

Ruangan mushola yang memiliki ukuran 1.75 x 3 meter ini tampak nyaman dan tenang untuk beribadah. Dengan lantai mengenakan vinyl atau kayu, membuat mushola tampak hangat dan menyejukkan. 

Anda dapat mendekorasi dinding mushola dengan menempelkan wall foam yang memiliki tekstur menarik dan apik. Tempatkan tanaman pada area sekitar mushola agar suasana terasa seperti berada di taman yang menyejukkan.


Area Mushola Dekat dengan Tempat Wudhu Tampak Asri dan Menenangkan

Instagram/hauzz_of_dyla

Mushola yang dibuat dengan konsep semi terbuka ini tampak seperti taman yang asri. Letak mushola yang dibuat bersandingan dengan tempat wudhu ini membuat anda lebih efisien karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. 

Tempat ibadah ini dapat anda buat dengan lantai yang agak tinggi agar tetap terjaga kebersihannya. Kemudian, buat pembatas seperti pagar kayu kecil yang cantik dan imut antara tempat ibadah dan tempat wudhu. 

Dengan adanya tanaman hijau yang membuat relaks, ibadah anda akan terasa tenang dan khusyuk.


Nuansa Classy dan Mewah pada Mushola Berukuran 2 x 3 meter

Instagram/homedecor_impian

Memiliki tampilan yang mewah dan berkelas, siapa yang menyangka jika ukuran mushola ini hanya 2 x 3 meter? 

Dengan dekorasi serta penataan yang apik, tentunya bukan tak mungkin bagi anda memiliki ruangan yang mewah dan berkelas seperti mushola ini. Dengan lantai kayu yang membuat suasana menenangkan, anda dapat menempelkan wallpaper dengan warna gold dan putih pada dindingnya. 

Untuk bagian kiblat dapat anda pasang dekorasi seperti kaligrafi atau cermin agar dapat memantulkan kondisi di sekitar mushola. Sehingga akan memberikan ilusi ruangan tampak lebih besar dan lapang.


Mushola Minimalis Terletak di Area Kosong Dalam Ruangan

Instagram/interlook.co.id

Jika anda tidak memiliki ruangan lain untuk digunakan sebagai area mushola, anda dapat memanfaatkan area kosong di dalam rumah sebagai gantinya. Seperti area kosong diantara ruang tamu dan ruang keluarga atau ruang keluarga dengan dapur dan ruang makan. 

Dengan didirikan pembatas seperti lemari atau rak, serta lantai yang agak ditinggikan dengan menambahkan kayu, anda sudah memiliki ruangan mushola sendiri.


Mushola Sederhana dan Minimalis dengan Lebar 1 Meter

Instagram/mia_xaquil

Meskipun memiliki area yang sempit, anda dapat membuat pengaturan mengenai desain dan dekorasi mushola. Dengan hal ini tentunya akan membuat anda tenang dan khusyuk dalam beribadah. 

Seperti halnya gambar di atas, memiliki ruangan yang sempit dan memanjang, anda dapat mendekorasinya dengan mengaplikasikan warna putih. Selain membuat ruangan terlihat lebih besar, warna putih juga dapat membuat tampilan lebih bersih. 

Tak lupa beri dekorasi tanaman untuk memberikan suasana terasa sejuk dan menyegarkan.


Dekorasi Tanaman Gantung Membuat Mushola Tampak Memiliki Tirai

Instagram/nikenuniverse

Berukuran minimalis, mushola ini tampak nyaman untuk beribadah. Anda dapat mendekorasinya dengan menambahkan lampu tambahan di bagian sudut. 

Kemudian, beri dekorasi tanaman yang digantung pada area pintu masuk mushola. Sehingga, meskipun mushola ini tidak mengenakan pintu, tetap memiliki kesan ruangan yang terlindungi privasinya karena efek dari tirai tanaman.


Desain dan Dekorasi Mushola Minimalis dengan Nuansa yang Menenangkan

Instagram/rumah_enzo

Mushola yang terletak di belakang rumah ini tampak apik dengan suasana yang asri dan menenangkan. Letak area ibadah ini dekat dengan tempat wudhu dan taman minimalis. 

Untuk lantai area ibadah dibuat agak tinggi agar tetap terjaga kebersihan dan kesuciannya. Sedangkan untuk pembatas antara area ibadah dan tempat wudhu, anda dapat membuat pembatas dinding berukuran 1 meter. 

Tak lupa juga, anda dapat meletakkan tanaman di sekitar area ibadah atau tempat wudhu untuk membuat suasana lebih menyenangkan.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Yuniar
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.