Tips Menghitung Biaya Bangun Rumah Agar Tidak Membengkak

 Homeshabby.com - Memiliki rumah sendiri merupakan harapan dan impian banyak orang dari berbagai kalangan, baik itu kalangan muda maupun yang tua. Namun, banyak orang merasa biaya untuk bangun rumah terlalu besar dan tampak mahal. Berikut ini beberapa Tips Menghitung Biaya Bangun Rumah Agar Tidak Membengkak yang dapat anda tiru dan jadikan inspirasi. Yuk mari simak!


Denah Rumah Disesuaikan dengan Kebutuhan Penghuni

Instagram/dualapan_desainrumah 

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk membangun rumah ialah, menyesuaikkan terlebih dahulu kebutuhan penghuni pada rumah yang akan dibangun. Misalkan saja, anda memiliki 2 anak, maka anda memerlukan 1 kamar utama dan 2 kamar anak. Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan penghuni dengan luas lahan yang akan digunakan untuk membangun rumah. Seperti ruang keluarga yang menyatu dengan area dapur dan ruang makan, dan sebagainya.


Menentukan Konsep dan Gaya Rumah serta Konsistensi

Instagram/aliaziz96

Setelah mempertimbangkan kebutuhan serta menentukan perkiraan ruangan yang dibutuhkan, anda dapat menentukan konsep desain tampilan rumah impian. Konsep desain dari rumah sendiri sangat banyak sekali macamnya, seperti gaya Scandinavian, kontemporer, minimalis, klasik, retro, dan sebagainya. Dalam hal ini, anda memerlukan konsistensi agar dapat menghemat pengeluaran sehingga tidak membuat biaya bangun rumah membengkak.


Mempertimbangkan Kualitas Material yang Tepat

Instagram/homecreditjbi

Pernahkah anda mendengar 'kualitas barang mahal lebih bagus daripada barang murah' ? Memang hal ini benar adanya. Namun, anda tidak perlu langsung membeli material bangun rumah yang mahal dan impor dari luar, karena tentunya akan menghabiskan banyak biaya. Sekarang ini banyak sekali material bangunan lokal yang memiliki kualitas bagus dan harga yang affordable.


Menerapkan Skala Prioritas pada Ruangan dan Perabotan

Instagram/dirumah.ps

Selanjutnya, anda perlu menghitung secara rinci apa yang akan perlukan untuk mengisi rumah anda nantinya. Tentukan barang atau perabotan prioritas terlebih dahulu. Untuk ornamen, dekorasi dan sebagainya dapat anda pikirkan belakangan, karena termasuk ke dalam kebutuhan tersier dan tidak terlalu mendesak.


Mempertimbangkan Penggunaan Agen Konstruksi atau Pekerja Harian

Freepik

Yang perlu anda pikirkan selanjutnya ialah, biaya untuk pekerja yang akan membangun rumah. Anda dapat memilih untuk mempekerjakan pekerja harian atau menyewa agen konstruksi yang ada di wilayah anda. Tentunya dalam pemilihan pekerja ini sudah anda pikirkan matang-matang terlebih dahulu termasuk biaya yang akan dikeluarkan selama membangun rumah.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Yuniar
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.