Tidak Perlu Takut Kehujanan, Berikut 7 Desain Ruang Cuci Jemur Di Dalam Ruangan

 

Homeshabby.com -- Memasuki musim hujan, salah satu yang jadi pekerjaan rumah adalah pakaian yang tidak kunjung kering. Apalagi jika anda menjemurnya berada di luar ruangan, dan anda tidak sedang berada di luar rumah tentu akan membuat perasaan menjadi tidak tenang. Nah solusinya anda bisa mencoba desain ruang cuci jemur di dalam ruangan. 

Tapi bagaimana jika anda memilki ruangan yang terbatas? Anda tidak perlu khawatir, saat ini meski berada di ruangan yang kecil, berbagai aktivitas seperti mencuci hingga mengeringkan pakaian bisa anda lakukan. Tidak percaya? Mari simak ulasan tentang tidak perlu tajut kehujaan, berikut ini adalah 7 desain ruang cuci jemur di dalam ruangan yang fungsional dan bisa anda tiru desainnya dirumah!

Desain ruang cuci jemur dengan atap kaca

@hauzz_of_dyla

Desain ruang cuci jemur yang pertama memiliki desain yang aman saat turun hujan berkat penggunaan atap kaca transparan. Ruang cuci jemur ini didesain meyatu dengan laundry room yang terletak dibagian kanan ruangan. Total keseluruhan ruangan ini adalah 6x,5 meter. Sedangkan untuk area jemur berukuran 2,5x3,5 meter, dan selebihnya digunakan untuk area cuci.

Untuk bagian area jemuran, menggunakan besi stainless 304 sehingga tahan karat dan tahan lebih lama dengan panjang 2,4 meter lebar 1,4 meter. Desain atap kaca menggunakan material kaca double laminating sehingga memungkinkan sinar matahari bisa masuk seanjang hari. Anda pun tidak perlu khawatir kehujanan.

Desain ruang cuci jemur dengan bata ekspos

@my.arfhome

Saat mendesain ruang cuci jemur, anda harus benar-benar memastikan sinar matahari bisa masuk secara maksimal di dalam ruangan. Ruang cuci jemur ini berada di dekat dapur dan ruang makan yang dibatasi dengan sliding door kaca transparan sehingga menjadikan ruangan terlihat lebih lega. Model jemuran pun juga dipilih dengan model lipat sehingga tidak memakan banyak space ruangan yang tersedia.
Sedangkan dari segi estetika, ruang cuci jemur ini dibuat dengan interior dinding bata ekspos yang elegan. 

Desain ruang cuci jemur yang multifungsi

@desain rumah modern

Inspirasi ruang cuci jemur ini didesain berada di halaman belakang rumah. Meski berukuran kecil, berbagai kegiatan seperti mencuci, menjemur pakaian bahkan berolahraga dan bersantai bisa anda lakukan dalam satu ruangan. 
Untuk ruang cuci, didesain berada di sudut ruangan, didekatnya terdapat area jemuran. Sedangkan area tersisa bisa anda gunakan untuk olahraga ringan dan bersantai di sore hari. Atap ruangan ini menggunakan material polikarbonat yang tampak kokoh dengan kombinasi kerangka baja ringan.

Desain ruang cuci jemur memanjang dan taman indoor

@ desian rumah modern

Tidak harus berada di ruang yang luas, bahkan di tempat yang sempit pun bisa anda manfaatkan sebagai area cuci jemur bahkan taman indoor yang menawan. Jika anda terkadang merasa malas untuk mencuci baju, ide mendesain ruang cuci disamping taman indoor bisa anda coba terapkan dirumah.
View taman yang menyejukkan bisa anda  nikmati sambil mencuci dan menjemur pakaian. Beberapa variasi dinding roster juga membuat sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan lebih baik.

Desain ruang cuci jemur dengan dinding roster

@desain rumah modern

Musim hujan membuat baju yang anda jemur tidak bisa mengering secara maksimal. Nah salah satu cara menyiasatinya adalah memastikan ruang cuci jemur mendapatkan sistem sirkulasi udara yang lebih baik, sehingga baju pun akan tetap mengering tanpa muncul bau apek.
Ruang cuci jemur yang berada di dekat dapur berikut ini didesain dengan dinding roster, sehingga angin bisa masuk melalui celah-celah lubangnya. Motif dinding roster pun beragam bisa anda pilih sesuai dengan selera hingga kebutuhan hunian.

Desain ruang cuci jemur dengan dekorasi tanaman hijau

@amrista_home

Gantungan menjadi salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan saat mendesain ruang cuci dan jemur yang berada di dalam satu ruangan. Dengan menggantung pakaian bisa membuat pakaian basah agar cepat kering, apalagi jika anda menggunakan atap kaca yang memungkinkan sinar matahari bisa masuk ke dalam secara maksimal. Area cuci jemur bisa anda desain lebih sejuk dengan menghadirkan beberapa tanaman hijau sebagai dekorasi untuk memperindah tampilan.

Desain ruang cuci jemur dengan bergaya minimalis


@desain rumah modern

Menyatukan kedua ruangan antara ruang cuci dan jemur selain membantu anda dalam menghemat space ruang yang tersedia, juga membuat kedua aktivitas berjalan lebih efektif dan efisien karena anda tidak perlu berpindah tempat saat akan menjemur pakaian.
Keseluruhan ruangan ini hanya berukuran 1x2 tapi tetap terlihat lebih luas dengan nuansa abu-abu elegan khas warna rumah minimalis. Furnitur yang digunakan pun memiliki model minimalis seperti jemuran atau gantungan lipat hingga rak tiga level yang bisa anda gunakan untuk menyimpan baju kotor.

Itulah ketujuh inspirasi ruang cuci jemur di dalam ruangan, sehingga anda pun tidak perlu takut lagi ketika hujan turun. Dari beberapa desain diatas mana kira-kira desain favorit anda?

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Hafsah
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.