Segarkan Rumah Saat Musim Kemarau dengan 7 Dekorasi Berikut Ini!

Segarkan Rumah Saat Musim Kemarau dengan 7 Dekorasi Berikut Ini!


Homeshabby.com -- Memasuki musim kemarau memang sangat meresahkan dan membuat kegiatan jadi lebih tidak produktif. Namun hal seperti ini tidak mengurangi kreatifitas anda dalam hal dekorasi rumah tentunya. Anda perlu cara-cara yang tepat untuk menghadapi musim kemarau yang panas dan cuaca yang terkadang tidak menentu. Selain hanya dengan menggunakan tanaman saja, beberapa cara lain juga sangat ampuh untuk mengatasi hawa panas masuk ke dalam ruangan di rumah. Seperti apa saja cara dekorasinya, simak ulasan Segarkan Rumah Saat Musim Kemarau dengan 7 Dekorasi Berikut Ini!



Menggunakan interior lembut pada ruang tamu

dina_maya_sari

Karena ruang tamu menjadi salah satu area yang selalu dikunjungi oleh keluarga, kerabat dan teman. Apalagi saat musim panas, kali ini anda bisa mencoba menerapakan interior dinding ataupun furniture dengan warna lembut. Seperti pastel, nuasna cream ataupun earthy tone. Nah selain itu, anda juga bisa meminimalisir penggunaan elektronik supaya hawa panas tidak semakin terasa. Untuk membuat hawa di rumah jadi lebih segar saat siang hari, anda bisa mematikan elektronik yang tidak digunakan seperti lampu, TV ataupun laptop. Nah anda pun juga bisa mengganti konsep ruang tamu saat musim kemarau seperti ini dengan leseha di bawah tanpa kursi. 


Menambahkan ventilasi di sekitar ruang keluarga dan tambahkan gorden

elt.id

Nah dekorasi berikutnya yang bisa anda terapkan saat menghadapi musim kemarau adalah membuat bukaan maksimal di area tengah. Namun dengan menambah bukaan yang maksimal pun juga tidak serta merta membuat interior ruang di rumah jadi langsung dingin. Anda bisa menambahkan gorden diventilasi rumah untuk meminimalisir hawa panas masuk ke dalam ruangan. Jika perlu anda juga bisa meletakkan tanaman hias di luar ventilasi agar hawa panas tidak masuk secara berlebih. Terlebih lagi jika anda menjadi ruang keluarga ini untuk kumpul bersama, tentu saja hawa segar dan perasaan tenanglah yang perlu diciptakan untuk membuat keluarga semakin betah tinggal berlama-lama di area ini.


Konsep open plant dengan taman rumah

rumahnomnom

Aktivitas akhir pekan sangat menyenangkan jika melakukan kegiatan di luar rumah. Salah satunya bercocok tanaman ataupun sekedar duduk di sekitar area makan ini. Tapi karena cuaca sedang panas, kegiatan santai pun akan jadi berantakan karena tubuh jadi lebih mudah keringat. Nah hal ini bisa anda hadapi saat musim kemarau dengan menggunakan ruangan konsep open plan atau dekat taman rumah seperti ini. Anda bisa memilih tanaman hias yang tumbuh rimbun seperti palem, pucuk merah ataupun pohon ketapang. Sehingga saat musim kemarau tiba anda tetap bisa merasakan kesejukan dari dalam rumah.


Hadrikan tanaman hias untuk penghalau panas

yayuko_home

Selain dipercaya memberikan kesegaran alami, beberapa tanaman hias juga dapat membantu membersihkan udara kotor di sektiar rumah. Nah kali ini anda bisa mencoba untuk menghadirkan tanaman hias di sektiar laundry room yang semi terbuka seperti ini. Selain bisa jadi taman konsep kering, area santai dan tempat jemur saja, area ini sangat bagus untuk penghawaan rumah di saat musim kemarau. Anda juga bisa memilih tanaman hisa seperti Sansevieria, Aloe vera hingga tanaman rambat untuk membuat kesan asri di sekitar rumah. 


Buat konsep taman santai

hesti.novitadewi

Anda bisa menyegarkan lingkungan rumah dengan cara berikut ini. Menjadikan beberapa sudut di rumah untuk taman santai dengan furniture natural alami dan juga tanaman hias. Cara ini selain bisa menghalau hawa panas masuk ke dalam rumah juga bisa menjadi tempat relaksasi diri. Meski hanya dengan beberapa tanaman hias saja, anda bisa memilih area di rumah untuk dijadikan taman santai yang menyenangkan. Area ini juga cocok untuk dijadikan area baca saat musim kemarau hingga musim penghujan tiba.


Kosongkan salah satu area di rumah untuk sirkulasi

rumah_papit

Menantikan musim penghujan yang masih cukup lama membuat anda perlu kreatif untuk menata ruangan di rumah. Nah saat kemarau tiba balkon menjadi salah satu area yang jarang di tempati karena cuaca di luar sangat panas. Ini bisa jadi salah satu cara untuk membuat penghawan masuk ke dalam rumah secara maksimal, namun anda bisa menempatkan tanaman hias di sekitar balkon untuk menyaring hawa panas masuk ke dalam rumah. Musim kemarau tidak hanya dirasakan saat siang hari saja, tapi malam hari pun akan terasa panas jika ruangan di rumah tertutup. Nah area ini bisa anda biarkan terbuka saat malam hari dan tutup dengan gorden saat siang hari.


Buat taman minimalis konsep urban jungle di dalam rumah

eden.sd

Cara terakhir anda bisa membuat taman minimalis dengan konsep urban jungle di rumah saat musim kemarau. Area ini akan memberikan ketersediaan oksigen yang maksimal saat siang hari dan cocok untuk dijadikan tempat santai hingga area baca. Pastikan untuk memilih tanaman hias indoor yang disarankan agar tanaman tidak mudah mati karena kekurangan asupan sinar matahari. 

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk megatasi musim kemarau yang panas. Anda bisa menyesuaikan cara-cara tersebut sesuai dengan ukuran rumah dan ketersediaan ruang.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.