7 Siasat Ibu Pintar Menata Dapur Kecil Jadi Lapang Masak Semakin Nyaman

7 Siasat Ibu Pintar Menata Dapur Kecil Jadi Lapang Masak Semakin Nyaman


Homeshabby.com -- Kebanyakan desain dapur yang berukuran kecil akan terlihat mudah membosankan. Bukan karena ukurannya yang kecil dan sempit, tetap justru karena dekorasi dan penataanya yang biasa aja. Supaya menjadi dapur yang nyaman dan fungsional meski ukurannya kecil, anda bisa mengatur dan menata ulang dapur untuk tampil cantik dan terlihat kreatif. 

Sebagai ibu rumah tangga, anda perlu trik dan cara menata dapur supaya jadi lapang meski ukurannya kecil. Mau lihat inspirasi dapur yang cantik pada ukuran kecil? Yuk simak 7 Siasat Ibu Pintar Menata Dapur Kecil Jadi Lapang Masak Semakin Nyaman di bawah ini!


Menata dapur kecil dengan storage sederhana

homecookyurriko_safya

Nah jika anda termasuk pemilik dapur kecil minimalis tanpa kitchen set, itu bukan suatu masalah. Kali ini anda bisa mengubah cara simpan dan penataan dapur dengan menambahakan rak model tempel yang bisa digunakan untuk menggantungkan alat dapur seperti teflon, spatula dan coating board. Anda juga perlu memilih meja dapur yang tingginya disesuaikan oleh pemilik rumah supaya saat masak dapat merasakan kenyamanan. Apalagi jika dapur anda menggunakan meja bahan cor, yang masih menyisakan bagian kolong untuk dijadikan ruang simpan secara maksimal. 


Desain dapur kecil dengan rak model terbuka

fitri_handayani_randjugau

Masih menggunakan desain dapur kecil tanpa kitchen set, ruang dapur yang ukurannya cukup mungil ini dapat anda atur layout ruang hingga meja kerja dapur. Bentuk dapur letter L ini sangat efektif untuk memaksimalkan bagian sudut yang kecil dan memiliki ruang simpan maksimal. Anda bisa memilihi salah satu area dinding backsplash untuk ditambahkan rak ataupun kabinet sebagai tempat simpan bumbu dapur hingga tempat untuk meletakkan alat dapur.

Supaya kegiatan masakmu jadi lebih menyenangkan meski di dapur yang ukurannya kecil, gunakan interior dapur nuansa botanical dengan warna hijau serta meletakkan satu tanaman untuk unsur penghijauan yang menyegarkan.


Menata dapur kecil dengan rak vertikal di dinding

mom.pingky

Dalam mendesain dapur kecil yang ukurannya terbatas, anda harus memanfaatkan setiap sudut dapur agar fungsional. Salah satunya dengan menata ruang simpan dapur menggunakan model rak vertikal untuk menyimpan bumbu dapur, alat makan, bahkan dekorasi pernak-pernik yang mempercantik tampilan dapur. Contohnya anda bisa melihat desain dapur ini yang menggunakan meja bentuk L dengan area kerja stove dan sink yang dibedakan. 


Manfaat setiap sudut dapur dengan tema monokrom

inspirasidapursederhana

Anda perlu menyiasati ukuran dapur yang kecil dengan cara ini, yaitu memanfaatakan setiap sudut dapur agar ukurannya yang kecil terlihat lapang. Dengan interior homey dan bersih tema monorkom, dapur ini menarik dan terlihat modern dari pemilihan perlengkapan dan alat elektronik dapur yang digunakan. Selain itu, anda bisa memaksiamlkan pencahayaan dapur dengan jendela ruang yang berada di ujung ruang seperti yang terlihat.


Memilih alat dan furniture dapur secara tepat

inspirasidapursederhana

Perlengkapan dapur yang tidak boleh tertinggal sangat penting kegunannya untuk membantu kegiatan masak jadi lebih cepat dan rapi. Namun untuk memiliki alat dapur yang banyak tentu saja perlu disesuaikan dengan ukurannya. Agar ketika anda menggunakan perabot dapur yang maksimal masih memiliki space ruang untuk dijadikan fungsional lain. Sebaiknya anda pun menghindari penggunaan perabot secara berlebih di dapur. Contohnya saja dengan meminimalisir penggunaan alat masak, ataupun cukup meletakkan satu kursi di sekitar dapur saja.


Menambahkan kabinet lain agar dapur efisien dan maksimal

rumah.aima

Beberapa faktor yang membuat dapur kecil dan berantakan adalah karena terlalu banyak menumpuk barang ataupun bahan masakan di meja dapur. Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menambahhkan satu kabinet lain disektiar dapur untuk membedakan antara bahan masakan dan perabot dapur. Supaya jadi lebih menyenangkan dan nyaman saat kegiatan masak, pastikan sirkulasi dan penerangan di dapur terasa maksimal tanpa membuat ruang dapur semakin sesak.


Jaga kebersihan dapur kecil supaya tetap indah

dian_justika

Bukan hanya kerapian saja yang dapat membantu ukuran dapur kecil jadi lebih lapang dan nyaman. Anda harus menjaga kebersihan dapur seusai memasak agar tampilan dapur sebelum dan sesudah masak tetap rapi dan cantik. Anda bisa menyediakan keranjang sampahh di lain tempat dan bedakan antara sampah kering dan sampah basah. Agar udara di dapur tetap segar tanpa bau tak sedap, usahakan untuk membuang sampah setiap hari dan lengkapi ruang dapur menggunakan jendela.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.