7 Inspirasi Desain Mushola untuk Rumah Minimalis Lengkap dengan Ukuran


Homeshabby.com -- Memiliki rumah dengan mushola mini bisa jadi impian bagi seorang muslim. Mushola di dalam rumah dihadirkan untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat beribadah. Selain itu, adanya mushola juga bisa membuat nuansa rumah lebih menentramkan.

Beruntungnya, mushola untuk rumah minimalis juga bisa diwujudkan dalam lahan yang terbatas. Anda bisa menghadirkan mushola, baik untuk ibadah sendiri atau berjamaah. Anda bisa melirik 7 Inspirasi Desain Mushola untuk Rumah Minimalis Lengkap dengan Ukuran. 7 gambar musala ini bisa menjadi referensi Anda untuk membuat mushola minimalis di rumah. 


Desain Mushola Mini Ukuran 1 x 2 M

cr:instagram/bu_iin

Mushola ini dibuat tepat di belakang ruang tamu/ruang keluarga. Ukurannya cukup mungil yaitu 1 x 2 meter saja, yang bisa menampung dua sajadah yang dijabarkan. Mushola dibuat terbuka tanpa pintu, supaya ruang kecil ini tidak terasa sumpek. Untuk itu, pagar mini diletakkan di depan mushola sebagai pembatas ruang. Desain backdrop mushola dibuat dalam nuansa warna hitam dengan kaligrafi dan dekorasi keemasan yang terlihat elegan. 


Desain Mushola Keluarga Ukuran 2 x 2.5 M

cr:instagram/yuli_irhatati

Pada rumah minimalis, Anda masih bisa mewujudkan desain mushola untuk keluarga. Ruang berukuran 2 x 2.5 meter dirancang khusus untuk mushola yang memungkinkan anggota rumah untuk menunaikan salat berjamaah. Mushola dilengkapi dengan lantai papan, agar alas solat tidak terkena debu dari lantai lainnya. Lantai in dilapisi dengan karpet hijau untuk memberi nuansa mushola rasa masjid. 

Mushola juga dilengkapi dengan kabinet sekaligus backdrop kaligrafi. Kabinet ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan alat solat atau kitab suci. Desain kabinet cukup ramping, hemat tempat dan terlihat menawan.  


Desain Mushola Keluarga 3 x 4 M Gaya Scandi-Middle East

cr:instagram/rumah.mnt

Bila Anda sudah merencanakan mushola di dalam rumah, maksimalkan dengan membuat mushola berukuran cukup luas seperti ini. Mushola ini berukuran 3 x 4 meter dengan perpaduan gaya Scandinavian dan Timur Tengah. Lantai vinil dan jendela terbuka memberikan kesan ruang yang lapang dan segar. Penggunaan backdrop dengan GRC motif ukiran yang khas ala Timur Tengah. Kombinasi ini menghadirkan ruang mushola yang nyaman dan elegan. 


Desain Mushola + Tempat Wudhu Ukuran 1.5 x 3 M

cr:instagram/leilanirahma

Idealnya, mushola berdekatan dengan akses berwudhu. Jadi, tak salah bila Anda mendesain mushola + tempat berwudhu seperti ini. Area berwudhu dipisahkan oleh tembok mini dan tanaman hias dari area mushola. Di bawah kran air diletakkan batu koral putih supaya percikan air tidak terlalu keras. 

Desain mushola sendiri lebih sederhana. Rak tangga di sudut ruangan digunakan untuk menggantung alat solat. 


Desain Mushola Lantai 2 Ukuran 1.5 x 2 M

cr:instagram/rdyunita

Masih terdapat space di lantai dua? Anda bisa menjadikannya sebagai mushola mini di dalam rumah. Ruang ini diapit dua ruang, namun tetap terlihat apik dan menarik. Meja minimalis dengan rak penyangga bernuansa emas, memberikan kesan ruang yang fungsional, tanpa menyampingkan tampilannya. 



Desain Mushola Ukuran 1.5 x 1.5 M dengan Dekorasi Terjangkau

cr:instagram/stikersiscahop

Mushola di area taman belakang sangat pas dengan lantai kayu di dalamnya. Di atas lantai, Anda bisa menjabarkan karpet atau sajadah kasfur untuk alas duduk nyaman saat mengaji. Selain itu, backdrop mushola menggunakan stiker terjangkau dan minimalis yang membuat ruang mungil ini jadi terlihat seperti mushala pada umumnya. 


Desain Mushola 2 x 2 M dengan 3-D Wallpaper

cr:instagram/trideewallpaper

Desain mushola ini dikonsep dengan model terbuka. Di dalamnya terdapat jendela lebar yang menghadap langsung ke arah taman. Dengan begitu, udara segar bisa masuk ke dalam ruangan. Dinding ruang juga dipercantik dengan wallpaper 3D yang memberikan kesan estetik pada mushola 2x2 M. Mushola ini tetap dilengkapi dengan ornamen Islami, seperti kaligrafi untuk memberikan nuansa Islami pada ruangan.  


Terimakasih telah selalu stay on pada Homeshabby.com yang memberikan berbagai inspirasi menarik untuk pengalaman baca lebih menarik.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di Facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.