7 Cara Menata Tanaman Hias di Ruang Tamu Yang Wajib Kamu Coba

 

7 Cara Menata Tanaman Hias di Ruang Tamu Yang Wajib Kamu Coba



Homeshabby.com -- Mendekorasi ruangan di dalam rumah menjadi solusi untuk mendapatkan kenyamanan dan keindahan, agar ruang tamu terasa lebih menyegarkan. Namun ada beberapa penghalang yang menghambat untuk menampilkan ruang tamu cantik dan indah. Padahal anda bisa menggunakan cara simple seperti menempatkan tanaman hias di dalam ruang yang harganya terbilang sangat ekonomis untuk didapatkan pada berbagai kalangan. 

Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan pun juga bisa memberikan efek segar dan membersihkan udara sekitar. Lantai bagaimana cara menata tanaman di dalam ruang tamu di rumah. Simak 7 Cara Menata Taman Hias di Ruang Tamu Yang Wajib Kamu Coba berikut ini!


Gunakan kabinet fungsional seperti partisi

ibun.gk

Supaya ruang tamu di rumah tampak segar dan indah, memilih tanaman yang sejenis ataupun satu kelompok varietas cukup disarankan untuk mempermudah pemilik  dalam melakukan perawatan. Namun tidak cukup sampai disitu saja, untuk menata tanaman hias di dalam rumah terutama ruang tamu yang ukurannya kecil bisa dengan cara ini. Menggunakan kabinet fungsional yang bisa dijadikan partisi, anda bisa memilih model partisi dengan bentuk ruang banyak dan terbuka. Karena setiap ruang partisi ini ukurannya kecil, maka pilih tanaman indoor yang ukurannya kecil seperti sukulen, sansivieria mini atapun tanaman gantung.


Susun rapi tanaman di rak tanam

melizapratiwi

Cara menata tanaman hias di dalam ruang tamu berikutnya adalah dengan memanfaatkan rak tanaman. Anda bisa membagi penempatana tanaman di antara celah ruang dibagian sudut hingga permukaan dinding seperti yang terlihat. Jika memilih untuk menggunakan rak tanaman, pastikan untuk memilih rak yang ukurannya tidak terlalu besar dan kuat agar saat dijadikan sebagai tempat tanaman bias awet tahan lama. Apalagi ruang tamu yang anda impikan seperti contoh gambar di atas, tentu sangat jadi idaman dan menyegarkan.


Gunakan tanaman yang sesuai konsep ruang

noviantifjunarto

Apabila anda ingin menghias ruang tamu di rumah dengan tanaman hias, perhatikan terlebih dahulu konsep ruang dan tanaman apa yang sekiranya cocok untuk mengisi ruang tamu. Karena ruang tamu ini menggunakan konsep klasik tropis yang tampak dari ventilasi ruang ukuran besar di dekat langit-langit ruang. Ada baiknya anda memilih tanaman hias yang ukurannya besaar seperti monstera, calaathea hingga tanaman konsep urban jungle dengan daun besar lain. Gunakan 2-4 tanaman saja mengingat ukuran tanaman yang besar akan memenuhi ruang jika diletakkan dengan jumlah terlalu banyak.


Hindari tanaman besar pada ruang yang ukurannya kecil

fydafarisha

Untuk menghias ruang tamu yang kecil di rumah, adna bisa menggunakan cara yang satu ini. Jika ukuran ruang yang anda miliki kecil, maka baiknya gunakan tanaman yang ukurannya sedang dan tidaak memenuhi ruangan. Seperti tanaman lidah meruta, lidah buaya hingga tanaman gantung untuk mengisi sudut ruang agar terlihat cantik menyegarkan.


Letakkan di bagian sudut ruang

rumahkahisha

Untuk mempercantik ruang tamu, anda bisa menempatkan tanaman hias di bagian sudut agar ruangan tidak terlihat kosong. Ini bisa jadi salah satu alternatif yang menarik untuk dicoba dengan mudah. Letakkan tanaman hias dibeberapa titik sudut ruang dan gunakan 2-3 tanaman saja disetiap sudut agar focal point terlihat maksimal. Namun pastikan juga ketika meletakkan tanaman di dalam ruang tamu tidak mengganggu aktivitas sehari-hari agar lebih nyaman.


Memilih tanaman indoor yang minim cahaya

rumahmungilayez

Karena sifat ruang tamu yang tertutup dan minim cahaya, anda bisa menggunakan tanaman indoor yang dapat menerima cahaya ruangan sangat minim. Anda bisa memiliih tanaman hias indoor yang awet jika ditempatkan di dalam ruang tamu seperti sirih gading, sansevieria, spider plant hingga kaktus yang bisa tahan lama dengan tanah kering dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.


Manfaatkan permukaan dinding ruang tamu

innalestarie


Selain dengan beberapa cara di atas, menata tanaman hias di dalam ruangan bisa anda coba dengan salah satu cara ini. Memanfaatkan permukaan dinding untuk dijadikan tempat tanaman hias model gantung menggunakan rak display. Anda bisa memilih tanaman hias dengan daun hijau rindah yang membantu kesegaran alami di rumah. Selain itu, samakan juga dengan konsep interior ruang yang bisa anda terapkan pada pemilihan cushion motif tropical seperti gambar di atas.






Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.