7 Cara Praktis Menata Rumah Minimalis Agar Selalu Rapi dan Bersih

7 Cara Praktis Menata Rumah Minimalis Agar Selalu Rapi dan Bersih

Homeshabby.com -- Jika dibayangkan menata rumah terlihat mudah dan tidak merepotkan. Namun kamu perlu memperhatikan luas ruangan hingga tiper rumah saat akan menatan interior dan eksteriornya. Desain rumah yang minimalis hingga sedang tetap akan memiliki ciri khas dan penataan ruang yang khas. Dengan penataan yang tepat, kamu bisa merubah tampilan rumah mungil dengan berbagai dekorasi dan desain cantik. Selain iut, kamu bisa memikirkan pola dan konsep ruang terlebih dahulu agar ruangan tetap indah dan tata letaknya tersusun rapi dan tidak berantakan. Berikut ini inspirasi 7 Cara Praktis Menata Rumah Minimalis Agar Selalu Rapi dan Bersih yang bisa anda wujudkan pada impian rumah di mendatang:


 Desain teras rumah minimalis dengan furniture 


Dimulai dari bagian teras rumah, untuk membuat tampilan eksterior yang menarik dengan kesan rapi. Anda cukup meletakkan kursi teras dan kursi santai dengan tepat. Eksterior yang cantik dilapisi dinding batu alam pada bagian pilar memberikan efek dinamis. Tampilan eskterior yang minimalis dimaksimalkan juga pada bentuk simetris dak teras yang kokoh. Sebagai penghawaan, anda bisa menambahkan jendela ruang untuk memaksimalkan kesegaran di dalam rumah. Sebagai penunjang tampilan, lengkapi lampu eksterior di beberapa tempat supaya detail teras bisa terlihat maksimal ketika malam hari.


Dekorasi minimalis dengan tema senada interior ruang tamu


Saat melakukan penataan interior rumah, bagian penting yang perlu anda dekorasikan untuk pertama kalinya adalah ruang tamu. Tidak harus dengan warna-warna mencolok, anda bisa menentukan satu tema pada ruang tamu ini yang menggunakan warna monokrom. Terlihat pada bagian gorden ruang yang unik warna abu-abu gelap ini dipilihkan model poni. Meski terlihat simple, penataan ruang pada bagian dinding pun tidak penuh dengan dekorasi wall-art tetapi tetap cantik untuk dipandang.

Ruag keluarga konsep open plan


Supaya saat menata interior rumah minimalis tampak maksimal dan lapang, anda bisa menggunakan konsep open plan seperti ini. Menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga jadi satu tanpa sekat akan membuat ruangan tampak lebih lapang. Apalagi beberapa interiornya dibuat senada pada penggunaan karpet ruang. Anda bisa menambahkan kabinet yang fungsional sebagai ruang simpan dengan bentuk memanjang. Gunakan lighting maksimal agar saat berkumpul tidak terihat suram dan terkesan menakutkan.


Dekorasi dapur minimalis dengan kitchen set letter L 


Agar ruangan dirumah jadi lebih maksimal, anda bisa mengatur ruang dapur dengan bentuk L seperti ini. Bentuk dapur letter L seperti ini memberikan efek lega dan kegiatan masak yang lebih nyaman. Karena saat ingin berpindah dari area stove ke sink anda cukup membalikkan badan tanpa hanya melangkah jauh. Selain membuat pergerakan jadi lebih nyaman, kelengkapan ruang dapur juga sangat maksimal karena menggunakan kitchen kabinet. Dengan begitu, anda cukup melengkapi ruang dapur dengan ventilasi yang maksimal agar penghawaan lebih segar dan masak pun jadi nyaman.


Toilet rumah minimalis 


Jika biasanya kamar mandi pada rumah minimalis akan digabungkan jadi satu antara toilet dan area shower, kali ini anda membedakan area tersebut untuk kesan yang lebih privasi. Berikan efek bersih dan nyaman menggunakan keramik putih serta gabungkan motif keramik lain yang berpola geometris supaya lebih diamis. Untuk memberikan kesegaran yang alami, anda bisa menambahkan tanaman hias untuk sentuhan hijau yang menyegarkan.


Lengkapi kamar mandi dengan shower 


Agar kamar mandi basah mu semakin menyenangkan saat kegiatan mandi, menggunakan sanitair shower bisa kamu pilih untuk kelengkapan kamar mandi. Nah desain minimalis dan simple ini memang sengaja dipilihkan keramik motif senada dengan ruang toilet sebelumnya. Hal ini untuk menghemat budget agar sisa keramik pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal.


Ruang laundry di sudut rumah



Ruang laundry juga menjadi salah satu area penting di rumah yang tidak boleh dilewatkan. Ruang laundry ini ditempatkan pada area sudut yang dekat kemar mandi. Meski interiornya terlihat gelap dan kontras, adanya ventilasi ini digunakan untuk sistem sirkulasi yang maksimal. Sehingga anda bisa melakukan kegiatan cuci baju lebih nyaman. Nah supaya lebih maksimal lagi, anda bisa menggunakan atap kanopi yang transparan. Dengan begitu, area ini bisa dimaksimalkan untuk mencuci jemur sekaligus.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Rumah Idaman



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.