Kumpulan Ide Mezzanine Solusi Untuk Memperluas Rumah Minimalis yang Sempit

 

Homeshabby.com -- Inovasi dalam desain rumah semakin banyak dilakukan oleh banyak orang, salah satu inovasi dalam desain rumah yaitu pemilihan area mezzanine yang menguntungkan bagi sebagian orang yang ingin memiliki banyak ruangan di area yang terbatas. Ide mezzanine ini dikenal sebagai balkon yang berada di dalam rumah yang berdekatan dengan plafon rumah. Penggunaan mezzanine ini dapat membagi 2 ruang yang dibuat dengan partisi dalam satu area yang mana pada bagian mezzanine hanya mengisi sebagian area dari keseluruhan area yang ada. Pada kesempatan ini Homeshabby.com akan memberikan inspirasi mengenai kumpulan ide mezzanine solusi untuk memperluas rumah minimalis yang sempit.

Satu Area dengan Fungsi Lengkap

lukasya.official

Pada ide mezzanine ini sangat menguntungkan dengan penggunaan satu area dengan berbagai ruangan. Pada area ini menggunakan ruangan sebagai ruang keluarga, dapur, meja dapur dan kamar dalam satu area yang berbeda. Namun meskipun dengan banyak ruangan pada area yang berbeda tetap menggunakan partisi yang membedakan antar ruangan. Penggunaan area pada mezzanine difungsikan sebagai kamar tidur utama dengan ukuran yang cukup luas.

Pembagian Ruang dengan Mezzanine Split Level

anggarahman

Mezzanine yang digunakan pada ruangan ini tidak hanya menggunakan satu split level, namun menggunakannya pada ruang keluarga dan juga pada ruang kerja. Pada area mezzanine memanfaatkan area yang tidak terlalu luas namun dengan 2  mezzanine yang memberikan variasi terhadap tampilan ruangan. Selain itu pada area ini memfokuskan area paling bawah sebagai area yang paling luas untuk dapat difungsikan dengan lebih baik.

Menambah Luas Bangunan Tanpa Menambah Lantai

coffeecivil

Mezzanine ini memberikan keuntungan bagi anda yang tidak memiliki cukup lahan namun ingin menambah ruangan yang dapat berfungsi dengan maksimal. Pemilihan desain mezzanine ini akan memberikan kesan yang sangat luas pada kedua ruangan yang berada dalam satu area. Pada ide ini menggunakan area mezzanine yang cukup luas sebagai kamar tidur yang dilengkapi dengan meja kerja yang tetap memiliki sisa space yang masih banyak.

Tambahan Atap Skylight

fiveacrebarn

Penempatan area mezzanine yang kebanyakan berada dibawah atap rumah akan mengurangi pemaksimalan cahaya yang masuk, sehingga solusi yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan atap transparan agar cahaya dapat masuk dan memaksimalkan pencahayaan yang ada pada area mezzanine.

Penggunaan Tangga Mezzanine yang Unik

ideasdecormas

Salah satu komponen wajib yang ada dalam ruangan yang memiliki mezzanine yaitu penggunaan tangga. Sehingga penggunaan tangga dalam area ini perlu diperhatikan untuk menambah nilai estetika yang akan ditampilkan pada keseluruhan ruangan. Gunakan tangga dengan material ringan namun kokoh agar tetap menghemat biaya dan mudah diaplikasikan dalam ruangan yang memiliki mezzanine. Salah satu pilihan tepat dalam pemilihan material tangga ini adalah pengguanaan tangga bermaterial kayu yang menambah tampilan hangat pada suatu ruangan.

Jendela Lebar di Dua Sisi Jendela

tiny.easy

Mezzanine ini dimanfaatkan sebagai tambahan ruangan pada area yang minimalis. Pemilihan area mezzanine sebagai kamar tidur bisa diaplikasikan bagi yang memiliki ruangan yang sempit atau bagi sebagian orang yang ingin memiliki banyak fungsi dalam satu ruangan. Namun agar tampilan ruangan tidak tampak sempit, berikan jendela kaca dengan ukuran yang cukup luas pada kedua sisi di ruangan tersebut. Penggunaan jendela kaca dapat memberikan ilusi yang tampak luas dan juga memberikan pencahayaan yang sangat maksimal yang tentunya akan menghemat pengeluaran listrik.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.




Penulis  : Hafidza
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.