7 Ide Sekat Ruang Tamu dan Dapur Gak Bikin Hunian Tampak Sempit

 
7 Ide Sekat Ruang Tamu dan Dapur Gak Bikin Hunian Tampak Sempit

Homeshabby.com -- Untuk menciptakan privasi pada hunian minimalis, anda bisa menggunakan sekat pada beberapa ruangan. Misalnya saja ruang tamu dan dapur yang keduanya merupakan area penting di dalam rumah. Supaya menjaga kesan privasi, anda bisa menyiasati interior ruang dengan menggunakan penyekat ruang. 

Meskipun pada biasanya penggunaan sekat diaplikasikan pada rumah yang interior luas dan besar, kali ini anda bisa menggunakannya pada rumah-rumah minimalis untuk mendapatakan kesan privasi meski harus pada ruang yang berdekatan. Penggunaan partisi ruang tidak harus menggunakan kabinet untuk penyekat ruang, anda bisa menggunakan berbagai perabot di rumah yang efisien dan mudah ditiru. Langsung saja simak 7 Ide Sekat Ruang Tamu dan Dapur Gak Bikin Hunian Tampak Sempit di bawah ini!


Mini party kayu sebagai sekat ruang

caeciliaanie

Ruang tamu dan dapur yang berdekatan kali ini dipisahkan oleh kabinet atau mini pantry yang diletakkan di belakang sofa. Selain memberikan kesan privasi dan fungsional untuk menyimpan berbagai perabot, anda bisa menggunakan mini pantry yang bisa digunakan sekaligus untuk meja makan. Pemilihan furniturnya bisa anda pilihkan dengan konsep yang sederhana dan sama antara keseluruhan ruang.


Satu set meja makan untuk pembatas ruang

dina_marliana20

Supaya lebih luas dan lapang, menggunakan konsep open plan dapat dipalikasikan untuk rumah kecil yang berikuran minimalis. Seperti ruangan ini, posisi dapur dan ruang tamu yang menjadi satu dalam ruangan dibedakan menggunakan satu set meja makan untuk mendapatkan kesan privasi. Meski tanpa menggunakan sekat ruang yang pada umumnya, anda bisa mengaplikasikan gorden sebagai penghalang untuk memberikan tampilan ruang yang terpisah dan tetap cantik.


Ide sekat ruang dengan area menyudut

itacit

Selain menggunakan partisi ataupun menggunakan perabot fungsional sebagai pembatas ruangan, kali ini tanpa harus menggunakan perabot untuk ruang tamu dan dapur bisa lebih menarik. Area dapur yang ditempatkan pada area yang lebih menyudut untuk sedikit mengilangkan kesan 'sungkan' ketika sedang menyiapkan hidangan tamu. Sehingga anda hanya perlu menempatkan satu sofa dan ditempatkan ke arah yang berlawanan dengan dapur.


Ide sekat ruang dengan tanaman hias 

desainruanganrumah

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk membatasi ruang tamu dan dapur adalah menggunakan tanaman hias sebagai solusi paling kreatif. Menempatkan tanman hias di kedua sisi dinidng yang dapat mmeberikan efek bingkat ini bisa terlihat jelas dengan pemilihan model sekat balok di langit-langit ruang. Sehingga anda bisa mengatur posisi satu set kursi tamu dan penggunaan perabot dapur untuk memaksimalkan tampilan yang cantik.


Sekat ruang dengan model dinding tanpa pintu

remah_melody

Rumah dengan type 36 atau 45 akan anda temui interiornya seperti desain ini. Penerapan konsep open plan yang tampak lapang dan terbuka ini dapat anda siapkan interior cantik. Desain ruang tamu dan dapur yang tampak luas dibedakan dengan model dinding yang dibuat layaknya pintu untuk kesan lapang. Aktivitas di sekitar dapur yang tidak terganggu ketika ada tamu datang pun juga bisa memberikan keleluasan bagi tamu yang datang.


Ide sekat ruang dengan pembatas kaca

wiwit_jaya

Untuk menyiasati ruang tamu dan dapur yang praktis dan terlihat nyaman, penggunaan sekat ruang dari kaca ini dapat anda coba. Partisi kaca yang fungsional sebagai pintu sekaligus ini juga dapat memberikan kesan lapang untuk ruangan, sehingga aktivitas di sektiar dapur dan ruang tamu bisa terlihat meski dari jarak yang jauh.


Ide sekat ruang dengan mini bar

rumahkecil.vanilla

Agar ruangan terasa privasi dan memberikan kenyamanan untuk pemilik rumah, desain ruang tamu dan dapur yang dibatasi menggunakan meja mini bar ini tidak hanya membuat interior lebih privasi. Anda bisa memfungsionalkan mini bar ini untuk ruang makan kecil bagi pasangan muda yang lebih efisien. Sehingga ketika ada tamu yang datang, kegiatan untuk menyiapkan hidangan bisa dilakukan dengan nyaman dan tidak terlihat.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.