7 Tips Ruang Tamu Sejuk Tanpa AC Saat Musim Kemarau

7 Tips Ruang Tamu Sejuk Tanpa AC Saat Musim Kemarau

Homeshabby.com -- Memasuki musim kemarau tiba, suhu ruangan di luar rumah akan meningkat. Begitu juga suhu di dalam ruangan yang akan lebih pengap dari biasanya. Hal ini tentu saja berimbas dengan rasa nyaman saat berada di dalam rumah, apalagi kegiatan daring diterapkan karena adanya pandemi. 

Walaupun begitu, anda bisa menyiasati ruangan di rumah dengan suasana sejuk meskipun tanpa pendingin ruangan atau AC. Selain dapat menghemat tagihan listrik agar tidak membengkak, penggunaan AC juga bisa memberiakan efek ramah lingkungan. Nah apa saja tips yang bisa diterapkan pada area ruang tamu untuk mendapat suasana sejuk tanpa AC? Yuk simak 7 Tips Ruang Tamu Sejuk Tanpa AC Saat Musim Kemarau berikut ini!



Mengganti karpet secara berkala

rheyna_effenfy89

Cara sederhana pertama yang bisa anda lakukan disaat musim kemarau, pada ruang tamu di rumah anda bisa ganti penggunaan karpet secara rutin. Selain itu, sarung bantal pun juga bisa ikut diganti atau dengan menjemur sofa untuk membersihkan debu yang menempel. Setelah itu, berikan pewangi untuk mendapatkan kesegaran dan membuat interior ruang tamu jauh lebih menenangkan. Dengan rutin mengganti karpet dan berbagai furniture di ruang tamu, anda bisa menikmati suasana berkumpul dengan saudara lebih jenak tanpa hawa pansa yang berlebihan.


Membersihkan/mengepel lantai secara rutin

lalaila26

Agar ruang tamu anda semakin sejuk tanpa menggunakan AC, tips berikutnya yang sangat mudah untuk dilakukan adalah mengepel lantai. Karena air dapat menurunkan suhu didalam ruangan yang sekaligus juga membersihkan debu-debu saat terbawa angin ke dalam ruangan. Dengan begitu, ruang tamu anda semakin sejuk meski di luar ruangan udaranya cukup panas.


Menambahkan banyak tanaman di dalam ruangan

lenny2tiq

Tips ruang tamu sejuk tanpa AC dapat anda lakukan dengan cara yang mudah, berikutnya dengan meletakkan banyak tanaman di sekitar ruangan. Cara ini paling efektif untuk menghindarkan hawa panas masuk ke dalam ruangan dan tanaman dapat meberikan kesegaran yang lebih alami. Selain itu, anda bisa membuat taman disekitar luar ruangan dengan menanam pepohonan yang rindah untuk suasana musim kemarau lebih menyejukkan.


Pemilihan warna dinding yang tepat 

pelangi_shakila

Selain dengan beberapa tips di atas, ternyata memilih interior ruang tamu secara tepat dapat mempengaruhi suhu ruangan. Salah satunya anda bisa menggunakan cat dinding rumah dengan warna terang seperti putih, biru muda ataupun hijau muda. Pemilihan warna ini dapat memberikan kesan yang nyaman untuk interior ruang tamu dan dapat meredam hawa panas di dalam rumah lebih maksimal.


Menggunakan gorden dengan tepat

popu_endria


Hal kecil seperti megepel lantai, menngganti sarung bantal ataupun karpet tanpa disadari dapat mengurangi hawa panas ke dalam ruang tamu di saat musim panas. Selain itu, anda bisa memilih gorden yang tepat untuk menyejukkan interior ruangan. Seperti menggunakan tirai kain atau roller blind, jenis gorden sheer, semi-blackout dan blackout juga bisa anda gunakan. Gorden dengan tirai tipis dan semi-blackout cocok untuk anda gunakan pada ruangan dengan intensitas matahari yang rendah. Sehingga hawa panas dapat anda atur menggunakan gorden dengan model yang sesuai.


Meminimalisir penggunaan alat elektronik

rumahlena

Tanpa banyak yang mengetahui, peralatan elektronik juga dapat memancarkan hawa panas dan menaikkan suhu ruangan lho bund. Nah salah sata untuk meminimalisir hawa panas di dalam ruangan terutama ruang tamu, anda bisa mematikan lampu ketika tidak digunakan atau ketika siang hari. Selain dapat menghalangi hawa panas terasa, tips ini sangat ampuh untuk memberikan hawa segar ke dalam ruangan di saat musim kemarau.


Maksimalkan ventilasi ruangan

zada_firstalia

Tips terakhir yang bisa anda terpakan pada ruang tamu di saat musim kemarau adalah dengan menambahkan ventilasi disekitarnya. Ventilasi yang benar akan membuat interior ruang tamu jadi lebih segar meski tanpa menggunakan AC. Anda juga bisa memilh model ventilasi yang direkomendasikan seperti ventilasi silang dan mengatur bukaan sesuai kebutuhan dan bentuk ruang.


Nah beberapa tips di atas bisa anda terapkan pada interior ruang tamu dan keseluruhan interior rumah di rumah. Selain mudah dilakukan anda bisa menggunakan tips tersebut disesuaikan konsep rumah yang anda gunakan. Semoga tips di atas bermanfaat :)



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.