7 Tips Merubah Rumah Subsidi Yang Sederhana, Teras Jadi Ruang Tamu

 
7 Tips Merubah Rumah Subsidi Yang Sederhana, Teras Jadi Ruang Tamu

Homeshabby.com -- Memutuskan untuk memiliki rumah subsidi dengan ukuran kecil tidaklah masalah. Rumah subsidi ini sangat cocok bagi anda yang memiliki penghasilan rendah, agar dapat memiliki rumah yang nyaman dengan harga terjangkau. Meskipun penataan interior dan eksterior rumah bersubsidi dibuat sama dengan lainnya, Anda bisa melakukan renovasi dengan syarat tidak dengan perubahan yang berat pada rumah. Nah apa saja yang bisa direnovasi dari rumah subsidi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa menyimak 7 Tips Merubah Rumah Subsidi Yang Sederhana, Teras Jadi Ruang Tamu di bawah ini!


Desain fasad rumah subsidi dengan pagar roster


Jika pada rumah subsidi selalu dipilihakan dengann eksterior biasa saja dengan material itu-itu saja. Kali ini anda bisa melakukan perubahan kecil pada penggunaan pagar rumah. Mengkombinasikan pagar batu bata biasa dengan roster bisa anda coba untuk menambahkan tampilan estetik dan menarik. Jika kurang meriha, anda dapat mengganti warna cat eksterior dengan warna yang lebih mencolok seperti tosca ataupun perpaduan warna-warna lain secara pas dan eye-catching untuk dipandang.


Ubah teras rumah jadi ruang tamu


Hal kecil lainnya yang bisa anda renovasi ketika memiliki rumah subsidi adalah di bagian teras. Seperti yang diketahui, jika rumah subsidi memiliki interior dengan ukuran terbatas untuk kamar, dapur, kamar mandi serta ruang tamu. Nah agar interiornya lebih luas dan lenggang, teras ini bisa dijadikan solusi untuk membuat ruang tamu konsep terbuka. Dengan pemilihan furniture dan eksterior minimalis warna abu-abu dapat anda kombinasikan dengan beberapa dekorasi cantik bergaya rustic pada dinding. Selain itu, yang semulanya teras merupakan halaman lapang dapat anda naikkan elevasinya sekitar 10 cm dan memberikan finishing keramik untuk konsep ruang tamu terbuka yang lebih menarik.


Inspirasi ruang keluarga lesehan tema monokrom


Rumah subsidi dengan lahan yang kecil cukup menyulitkan pemilik dalam hal dekorasinya. Melaui inspirasi ini, anda bisa mengubah tatanan interior rumah dan membuat area pertama memasuki rumah untuk ruang keluarga. Pasalnya ruang keluarga menjadi salah satu spot terbaik untuk berkumpul dengan keluarga. Maka anda bisa membuat desain yang sederhana bertema monokrom dengan konsep lesehan dibawah. Lengkapi dengan TV untuk menambahkan suasana kumpul-kumpul semakin semarak dan menyenangkan.


Desain dapur rumah subsisdi yang cantik


Area penting berikutnya yang wajib ada adalah dapur. Meski dengan ukuran 1.5 x 2 m, dapur sederhana  dari meja cor ini bisa jadi solusi untuk menghemat budget. Anda bisa membuat dapur bentuk L yang efektif untuk mengurangi kesan berantakan pada ruang berukuran kecil. Lengkapi dengan kitchen set jika perlu, anda dapat mengubah backsplash dengan tampilan apik menggunakan keramik motif yang ekspresif dan menambahkan warna pada ruang dapur sederhana ini.


Kamar tidur sederhana dengan ukuran 2 x 3 m



Mungkin ukuran kamar tidur utama pada rumah subsidi 2 x 3 m ini tidaklah terlalu besar. Tetapi dengan perancangan yang tepat, anda bisa memiliki ruang tidur yang nyaman. Agar terkesan luas, dinding putih minimalis dapat anda jadikan latar yang tepat untuk memberikan kesan lega. Ada baiknya lagi jika pemilihan interior dan elemen di kamar tidur menggunakan warna senada untuk mendapatkan konsep kamar yang cantik dan luas. Sebagai cara mengatasi kesan yang sempit, lemari lengkap dengan cermin ini bisa anda jadikan solusinya untuk mengurangi kamar sempit dan kecil.


Kamar mandi dengan dekorasi menarik dan kabinet fungsional


Agar kegiatan mandimu terasa nyaman walaupun berada pada rumah subsidi. Anda bisa bermain untuk interior kamar mandi yang menarik. Dengan lantai tegel warna gelap tekstur kasar bisa dipilih untuk mengurangi kesan mudah kotor dan menambahkan tampilan elegan. Selain itu, permukaan dinding kamar mandi bisa anda poles menggunakan keramaik motif mozaik warna khas yang menawan. Untuk mengurangi penggunaan kabinet besar sebagai tempat penyimpanan alat mandi, anda cukup menggunakan satu kabinet fungsional sebagai tempat alat mandi hingga ruang simpan handuk. Dengan begitu, kamar mandi akan lebih luas dan lapang.


Manfaatkan sudut ruang kecil untuk laundry plus jemur baju


Rumah subsidi pada umumnya tidak memiliki space belakang untuk ruang lega ataupun digunakan sebagai kepentingan lainnya. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan area kecil di belakang rumah yang terbuka sebagai tempat laundry room. Jika dari tampilan fasad terlihat area jemur pakaian di letakkan di area carport, kali ini anda bisa mengubah laundry room yang berukuran kecil sebagai ruang jemur sekaligus. Nah bagiamana caranya. Anda bsia memanfaatkan dinding area dengan menggunakan jemuran model tempel yang efektif hemat tempat dan efisien. 




Itulah 7 Tips Merubah Rumah Subsidi Yang Sederhana, Teras Jadi Ruang Tamu. Memiliki rumah subsidi bukanlah hal yang perlu ditakukan untuk menata interior ataupun eksteriornya. Jika perlu anda bisa mencari banyak referensi di Homeshabby.com tentang dekorasi rumah lainnya. Semoga inspirasi kali ini membantu anda menemukan dekorasi rumah terbaik. 




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : cicimedyna



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.