7 Inspirasi Desain Rumah Gaya Tropis Modern Terbaik Tahun ini!

 
7 Inspirasi Desain Rumah Gaya Modern Tropis Terbaik Tahun ini!

Homeshabby.com -- Tinggal di kawasan tropis tentu saja perlu hunian yang dapat memberikan perlindunngan dan udara masuk ke lingukan rumah secara maksimal. Salah satunya adalah dengan membuat rumah tropis modern yang sangat cocok diapliakasikan pada negara tropis seperti Indonesia ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika tinggal di negara tropis, untuk rumah bisa meninggikan langit-langit rumah dengan banyak ventilasi di sekitarnya. Agar tahan dari cuaca yang tropis dengan angin kencang tentu saja pemilihan model atap bisa dengan model miring, teritisan hingga memanfaatkan konsep sirkulasi silang. Untuk inspirasi lebih jelasnya, simak 7 Inspirasi Desain Rumah Gaya Modern Tropis Terbaik Tahun ini!


Tampilan fasad rumah modern tropis dengan material batu alam

 
Sumber foto : emporioarchitect.com

Desain rumah dengan gaya tropis modern ini memiliki tampilan unik dari depan. Pemilihan material batu alam untuk pilar rumah serta dinding fasad bisa menggunakan batu alam jenis andesit yang memiliki tekstur pada, mudah dibersihkan dan sulit untuk ditumbuhi lumut. Karena mengusung konsep tropis, rumah ini juga menyisakan lahan untuk taman depan rumah dan mengabaikan penggunaan pagar yang dimaksudkan untuk kesan terbuka. Selain cantik dan unik, tampilan fasad rumah ukuran 30 x 26 m ini bisa anda maksimalkan interior dengan tetap mempertahankan gaya modern tropisnya.


Tampilan fasad dari bagian belakang

 
Sumber foto : emporioarchitect.com 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika ingin membuat ruamh tropis modern anda jauh lebih segar tanpa adanya pendingin udara. Salah satunya mengkombinasikan ventilasi ruang dengan maksimal sehingga pencahayaan dan udara dapat masuk ke dalam rumah secara leluasa. Desain fasad rumah tampak belakang ini tidak hanya cantik dari pemilihan model atap miring dengan kemiringan diatas 30 derajat. Sehingga dapat membantu untuk menghindarkan genangan air di musim penghujan tiba. Desain model atap miring ini juga berfungsi untuk mengurangi panas karena adanya ruang kosong di bagian bawahnya, sehingga rumah pun akan tetap segar meski memasuki musim panas.


Desan fasad belakang rumah dengan kolam renang

Sumber foto : emporioarchitect.com 
 
Selain dengan model atap miring yang sangat memabntu mengurangi hawa panas di musim kemarau. Dengan luas bangunan 237 m2 ini anda bisa menambahkan unsur air dibelakang rumah dengan kolam renang. Seperti desain belakang rumah ini, kolam renang yang dapat digunakan dimusim kemarau untuk membantuk penyegaran diri dan relaksasai diri bisa dilengkapi dengan kursi santai. Apalagi penggunana ventilasi yang cukup maksimal, dengan mengusung konsep semi terbuka pada interiornya tentu saja akan semakin mengasikkan dengan desain rumah yang langsung tertuju pada kolam renang.


Desain ruang keluarga interior sejuk

 
Sumber foto : emporioarchitect.com 

Mengingat tinggal di negara tropis, memilihkan interior yang sejuk juga perlu jadi pertimbangan. Seperti ruang keluarga pada rumah ini yang menggunakan cat dinding dengan warna hijau lime segar kombinasi abu-abu pada furniture sofa. Pemilihhan model partisi yang dibuat lebih renggang digunakan untuk membatasi ruang disebelahnya untuk kesan privasi. Sebagai pelengkap, gunakan televisi untuk membuat suasana berkumpul dengan keluarga lebih nyaman. 


Desain ruang makan rumah dengan dapur model cafe

 
Sumber foto : emporioarchitect.com 

Tampak interior cantik dari area ruang makan keluarga yang mewah ini. Berada di dekat dapur ala cafe yang menggunakan dinding setengah terbuka untuk kesan modern. Masih dengan pemilihan interior yang segar, kombinasi hijau lime dan kuning sangat cantik menyatu beserta beberapa furnishing gold yang mewah. Anda bisa menggabungkan konsep modern tropis ini dengan mengaplikasikan ventilasi maksimal di sekitarnya.



Desain kamar tidur dengan nuansa tosca


Selain dengan interior hijau lime, desain kamar tidur pada rumah modern tropis ini menggunakan sentuhan tosca yang sejuk. Masih tetap megnaplikasikan ventilasi secara maksimal, kamar tidur ini menerapkan konsep semi terbuka yang membantu pencahayaan dan udara masuk ke dalam ruang dengan intens. Dilengkapi satu kasur dan kamar mandi dalam, kamar tidur ini akan menarik jika ditambahkan lighting ekstra disekitarnya.


Desain kamar tidur nuansa hijau lime dengan mini wardrobe


Berbeda dengan desain kamar tidur sebelumnya, desain kamar tidur yang tampak dengan ukuran luas memiliki fasilitas lengkap sepeerti mini wardrobe hingga satu meja kerja. Ruang juga dibuat semi terbuka karena mengusung rumah modern tropis, maka pintu dan jendela kaca pun digunakan yang nampak dekat dengan kolam belakang rumah. Anda bisa menggunakan kamar tidur ini sebagai kamar utama dan memilhkan fasilitas terbaik untuk membuat penghuninya nyaman.

Itulah inpirasi desain rumah modern tropis ini, semoga dapat memberikan referensi tambahan ketika memilih desain rumah yang tepat sesuai dengan daerah masing-masing. Yang belum memiliki rumah semoga cepat terwujud cita-citanya untuk membangun dan membeli rumah untuk keluarga tercinta. Amiin :)


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Emporio Architect



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.