7 Ide Kreatif Menata Taman Kecil, Asri dan Hemat Kantong!


7 Ide Kreatif Menata Taman Kecil, Asri dan Hemat Kantong!

Homeshabby.com -- Bayangkan saja jika lingkungan rumahmu gersang tanpa penghijauan. Tentu saja suasana panas dan hawa pengap akan terasa hingga kepenjuru rumah. Jika sebelum pandemi banyak orang terlalu sibuk untuk menata interior rumah ketimbang ekstierornya, kali ini banyak orang berbondong-bondong untuk menata eksterior rumah hingga membuat taman rumah agar semakin asri dan tampak rindang. Lalu bagaiaman dengan pemilik rumah dilahan sempit yang kecil kemungkinan bisa membuat taman di sekitar rumah?

Tenang saja, banyak cara untuk mendesain taman dirumah tanpa budget yang mahal. Anda bisa memilih area sekitar rumah atau membeli tanaman dengan harga murah terjangkau aman di kantong. Untuk melihat inspirasinya simak 7 Ide Kreatif Menata Taman Kecil, Asri dan Hemat Kantong di bawah ini!


Lahan kecil depan rumah dengan tanaman hijau terjangkau

n.n.krisna

Desain taman rumah berikut ini memiliki penataan apik layaknya taman-taman kota seperti biasanya. Aneka ragam tanaman hijau dengan harga terjangkau bisa anda pilih untuk mendapatkan desain taman yang cantik dengan penataan keratif. Penyekat lahan taman dari batu bata  serta ditutupi menggunakan batu alam yang estetik. Seperti jenis tanaman ekor tupai hingga pucuk merah yang rindang. Hijaunya tanaman semakin terlihat dengan cara tanama di tanah secara langsung.


Taman cantik dengan bonsai unik berkaki

saungindahtaman

Meski hanya dilahan kecil, untuk membuat taman kreatif yang segar dirumah bisa memanfaatkan lahan sekitar rumah. Hamparan hijau rumput hias dipilih untuk mengurangi debu ketika musim kemarau. Sehingga sangat bergun untuk resapan di musim penghujan tiba. Satu jenis tanaman bonsai yang unik ini pun membantu visual lingkungan rumah semakin menarik. Agar semakin estetik, anda bisa meletakkan batu kali untuk menambkan tampilan taman yang asri dan sederhana.


Taman minimalis belakang dengan berbagai jenis tanaman

anggun02

Lahan terbuka hijau yang asri ini dipilih area belakang rumah.Taman kecil rumah yang hemat dari pemilihan tanaman hias ragam jenis pun sangat membantu kesegaran alami di rumah. Mulai dari yang tertanan di tanah dan media pot, pemilik membedakan tanaman yang cocok untuk di pot atau tanah. Seperti bunga desember yang sangat cantik ketika berada di tanah, anda bisa menyediakan pot sebagai tempat tanaman berbunga lain. Selain disusun rapi rak tanamana, anda juga bisa mencoba utuk memilih tanaman gantung yang cocok sebagai konsep taman vertikal semakin manis.


Taman kecil di tera dengan dengan tanaman kering

desifatmawati31

Bagi anda ibu rumah tangga dengan kesibukan ekstra, tapi masih ingin menyempatkan untuk memiliki taman di rumah. Memilih bagian teras untuk taman kecil dengan konsep taman kering ini bisa dipilih. Berbagai tanaman kaktus yang cantik menggunakan media pot tera cotta menambah visual dan estetik yang lebih. Meski hanya disepanjang area teras, anda tidak perlu ragu untuk menmabahkan furniture sebagai dekorasi yang fungsional untuk bersantai disaat penat.


Taman depan rumah anti panas meski di lahan terbuka

gibranfarel25

Cara kreatif berikutnya yang bisa anda lakukan ketika memiliki lahan cukup luas di depan rumah adalah dengan menutupinya menggunakan rumput hias. Anda juga bisa membuat steeping stone atau pijakan kaki dari semen cor untuk menambahkan estetik di taman rumah. Dengan budget yang murah meriah, anda bisa memilih tanaman hias brokoli mini kuning yang bisa sebagai aksen pagar seperti yang terlihat. Jika dirasa masa kurang, anda bisa menggunakan sebagian teras rumah untuk meletakkan tanaman hias berbagai jenis yang semakin semarak.


Semakin cantik dengan tanaman gantung 

nurulwulandari_13

Untuk membuat rumah semakin asri dan rindang cukuplah mudah. Anda bisa memilih bagian teras rumah untuk menamah koleksi tanaman hias seperti ini. Dengan media pot tera cotta, tanaman gantung pun bisa mempecantik fasad rumahmu. Semakin menarik dengan kombinais tanaman dolar rambat yang menawan, anda bisa memilih lahan kosong di sebagian lingkungan rumah untuk menanam tanaman berpohon ataupun tanaman produktif lainnya.


Taman kecil di sudut lahan rumah yang asri

julinajp


Tanpa harus bingung untuk menata taman kecil di rumah dengan budget yang murah, anda bisa memanfaatkan sudut lahan untuk menambah hawa segar dengan berbagai tanaman. Mulai dari tanaman rambat lee kwan yew, anda bisa menghadirkan kesan asri dari pohon yang menjulang tinggi. Selain dengan mudah didapat, jenis tanaman hias legendaris seperti lidah mertua ini dapat anda jadikan dekorasi cantik pada interior rumah. Hanya perlu ditambahkan bangku panjang untuk bersantai, taman ini semakin menarik dan menjadi spot favorit untuk kumpul keluarga di akhir pekan.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.