7 Ide Inspiratif Desain Tempat Wudhu Minimalis di Rumah

7 Ide Inspiratif Desain Tempat Wudhu Minimalis di Rumah

Homeshabby.com -- Tempat wudhu merupakan salah satu area yang tidak terpisahkan dengan mushola rumah. Adanya tempat wudhu menjadi salah satu bagian sangat penting untuk kaum muslim. Namun hal ini terkadang juga yang membuat beberapa pemilik rumah kebingungan dengan lahan kecil untk membangun tempat wudhu. Padalah anda bisa menyiasati tempat wudhu di rumah dengan berbagai cara. Bisa ditempatkan di area dekat kamar mandi, dekat mushola rumah hingga di sekitar laundry room

Pada biasanya tempat wudhu ditempatkan pada area yang terbuka untuk memudahkan pemilik dan untuk menghindarkan dari najis. Nah 7 Ide Inspiratif Desain Tempat Wudhu Minimalis di Rumah berikut ini bisa coba anda tiru untuk melengkapi mushola dalam rumah lebih komplit.


Desain tempat wudhu konsep outdoor yang tradisional

denipancas

Jika anda tidak memiliki ruangan lagi didalam rumah untuk membuat tempat wudhu, area terbuka dekat taman ini dapat anda coba buat di rumah. Menciptakan tempat wudhu konsep outdoor dengan nuansa tradisional terlihat dari pemilihan gentong sebagai tempat air seperti rumah jaman dulu. Namun hal ini tidak membuat tempat wudhu terlihat jadul, malah dengan desain yang unik dilengkapi berbagai tanaman hias segar menambah nilai plus untuk tempat wudhu konsep outdoor seperti ini. Biarkan lahan disekitar tempat wudhu hanya tertutupi dengan batu koral dan steeping stone untuk membantu peresapan dan menghindarkan genangan. 


Desain inspiratif tempa wudhu di dekat jemuran

endulc_ndud

Masih dengan tempat wudhu konsep outdoor sebelumnya, desain tempat wudhu kali ini berada di dekat jemuran rumah yang terbuka. Ukuran tempat wudhu dibuat kecil 0.75 x 0.50 m dengan model square. Dipilih keramik tekstur kasar untuk bagian dalam dan dilengkapi dengan saluran drainase pembuangan untuk menghindarkan ari menggenang. Begitu juga dengan dinding tempat wudhu ini yang hanya menggunakan sedikit keramik motif bata ekpose agar lebih unik dan estetik. 


Desain tempat wudhu minimalis di dalam rumah dekat dapur

undhome

Pada umunya pemilik rumah minimalis akan meletakkan dapur, kamar mandi, dan jemuran di area belakang. Nah bagi anda seorang muslim tentu saja anda perlu tempat wudhu untuk memudahkan kegiatan ibadah. Dengan tempat wudhu minimalis pun anda bisa mensucikan diri sebelum ibadah agar lebih nyaman. Di tempatkan di dekat dapur rumah, ukuran tempat wudhu hanya dibuat 0.5 x 0.5 m dengan lahan terutupi batu koral yang fungsional sebagai resapan.


Desain tempat wudhu minimalis di dalam rumah dengan konsep industrial

fadlans29

Bila anda ingin membuat tempat wudhu yang bisa digunakan lebih dari 1 orang, desain tempat wudhu minimalis di dalam rumah ini bisa jadi rekomendasinya. Desain inspiratif tempat wudhu dengan konsep industrial ini dibuat ukuran memanjang dan dilengkapi dua kran. Bentuk memanjang dari tempat wudhu ini dibuat elevasi tinggi sekitar 10 cm untuk menghalangi air mengalir  ke ruangan di dalam rumah. Selain itu, pemilik juga kreatif dalam mendesain tempat wudhu minimalis dengan menggunakan dinding batu alam tempel yang berktesktur kasar guna untuk menghidari pertumbuhan jamur dan lumur lebih lama.


Desain tempat wudhu dekat mushola rumah 

umi__fitri

Sebelum memulai ibadah tentu membersihkan diri merupakan hal yang harus dilakukan. Melengkapi mushola di rumah dengan tempat wudhu akan membuat anda lebih mudah dalam beribadah. Desain tempat wudhu yang memiliki ukuran minimalis ini dibuat simpel dengan ukuran yang memanjang, Fasad tempat wudhu dari dinding batu bata eskpose dengan kermaik motif kayu ini menjadi kombinasi yang pas untuk desain tempat wudhu minimalis di rumah.


Desain tempat wudhu minimalis dekat mushola terbuka

rumah_enzo

Jika anda memiliki rumah yang cukup besar, membuat mushola dalam rumah perlu dibangun bagi seorang muslim. Mushola dilengkapi dengan tempat wudhu ini memiliki ukruan 1 x 0.75 m yang diberikan pembatas dinding serta eksterior putih minimalis. Pebandingan elevasi yang dibuat berbeda ini membantu menghalangi air mengalir ke sekitar area, sehingga resapan dari batu alam dipilih untuk memberikan visual yang cantik dan lebih estetik.


Desain tempat wudhu minimalis di dekat laundry room yang segar

gibranfarel25

Nuansa hijau dari area ini terlihat cukup menonjol dan tampak menyegarkan. Bagian sudut ruang yang dibuat tempat wudhu dekat laundry room ini memberikan sentuhan yang menarik dengan resapan dari batu koral. Meski hanya dengan ukuran 0.75 x 0.75 m, desain tempat wudhu ini tetap terasa menyegarkan yang dilengkapi tanaman hias lebih manis dan teduh.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber




Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.