Trik yang Sering Terlupakan Untuk Desain Ruang TV di Rumah

Trik yang Sering Terlupakan Untuk Desain Ruang TV di Rumah

Homeshabby.com -- Area penting di dalam rumah selain ruang tamu adalah ruang TV yang menjadi tempat asik untuk berkumpul bersama keluarga. Tak hanya itu saja, area TV juga dapat memberikan suasana berkumpul dengan keluarga lebih hangat dan lebih tentram. Meski sekilas ruang TV merupakan tempat yang mudah dalam hal penataan dan desainnya. Siapa sangka jika ruang TV sangat perlu penataan yang tepat seperti pemilihan kabinet dan juga penempatan sofanya. Nah untuk memberikan pembahasan yang lebih detail, Trik yang Sering Terlupakan Untuk Desain Ruang TV di Rumah ini akan di bagikan khusus untuk anda yang sedang mendesain ruang TV lebih nyaman dan menyenangkan. 


Menyesuaikan ukuran TV dengan ukuran ruang

putri.pratiwieka

Nah hal pertama yang sering terlupakan ketika mendesain ruang TV di rumah adalah menyesuaikan ukuran TVnya terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu mendasar yang dapat anda lakukan ketika mendesain ruang TV. Pastikan untuk menempatkan TV yang pas sesuai ukuran ruangnya. Untuk menunjang kenyamanan bersama, anda bisa memilih ruang TV di area yang nyaman seperti open space dengan teras ataupaun taman belekang rumah.

Berikan jarak antara TV dengan jarak pandang

dewi.lsg

Selain memilih ukuran TV yang tepat, hal kedua yang bisa anda terapkan untuk mendesain ruang TV adalah memberikan jarak pandang antara TV dan jarak pandang menonton di area sofa. Agar nyaman ketika menonton TV anda bisa mengukur dengan perhitungan seperti ini: 
Ukuran TV = 3X Jarak Pandang.
Nah patokan ukuran ini bisa anda terpakan untuk desain ruang TV ukuran berapapun di rumah. Jika anda memiliki TV dengan ukuran 40 inchi, maka jarak pandang ideal yang bisa anda gunakan adalah 120 inchi atau sekitar 3 m untuk kenyamanan menonton yang pas.

Tepatkan ketinggian peletakan TV 

trias.astuti30

Selain jarak pandang yang dapat mempengaruhi kenyamanan ketika menonton TV, anda bisa menentukan ketinggian peletakan TV agar saat menonton merasa nyaman dan enjoy. Pada umumnya ketinggian penataan ruang TV berkisar antara 100-110 cm dari lantai. Dengan begitu anda bisa menyesuaikan ketinggian antara sofa dan juga lebar TV yang di gunakan.


Pastikan untuk memilih lebar ruang yang pas untuk TV dan penempatan sofa

triplehome17

Ukuran ruang TV berapapun akan tidak terasa nyaman jika ukuran TV dan juga furniture yang di gunakan tidak tepat. Anda bisa memilih lebar ruang dan penempatan sofa secara pas di sekitar TV. Selain itu, anda juga dapat menyesuaikan ukuran TV dengan sofa yang tepat agar kegiatan menontn dapat dinikmati bersama dengan nyaman.

Memberikan sumber penerangan alami

ririn.delima

Kegiatan menoton TV memang baiknya jika perlu adanya penerangan secara alami untuk memberikan sumber cahaya dan menonton yang nyaman. Selain dengan lampu ruang, anda bisa memilih pencahayaan dari arah jendela terbuka yang lebar seperti ini. Pastikan pencahayaan dapat masuk ketika siang hari untuk memberikan sirkulasi lancar dan tidak menempatkan lampu di sekitar TV untuk menghindari silau.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.