Hadirkan Pencahayaan Alami dalam Rumah dengan 6 Desain Atap Transparan Beserta Material Bahan yang Digunakan

Hadirkan Pencahayaan Alami dalam Rumah dengan 6 Desain Atap Transparan Beserta Material Bahan yang Digunakan

Homeshabby.com -- Memiliki area di rumah dengan konsep terbuka dapat memberikan manfaat lebih yang bisa membuat hunian jauh lebih sehat. Karena sirkulasi udara dan juga pencahayaan alami dari sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah secara mudah. Bukan hanya area dapur saja yang perlu konsep terbuka dengan penggunaan atap transparan, didalam rumah seperti ruang tamu, kamar mandi, ruang makan hingga laundry area dapat di terapkan dengan adanya penggunaan atap transparant ini. 

Namun, anda harus lebih berhati-hati dalam menentukan material atap transparan yang di gunakan untuk interior ataupun eksterior rumah. Pasalanya, penggunaan material untuk desain atap transparan perlu ketelitain yang tidah hanya menjaga rumah. Tetapi juga aman untuk seluruh penghuni rumah. Tertarik untuk menerapkan atap transparan didalam rumah? Untuk membantu menemukan atap transparan dirumah, yuk simak ulasan tentang "Hadirkan Pencahayaan Alami dalam Rumah dengan 6 Desain Atap Transparan Beserta Material Bahan yang Digunakan" di bawah ini!


Atap tranparant skylight untuk ruang santai didalam ruma

its_nta

Skylight atau biasa yang disebut dengan jendela kaca yang berada di bagian atap suatu ruangan. Selain untuk mendapatkan penchayaan alami secara optimal, anda bisa memilih pemasangan dengan cara mati atau dapat dibuk sebagai ventilasi udara agar lebih menyegarkan. Kelebihan yang anda dapatkan ketika memiliki atap seperti adalah dapat membuat ruangan di bawahnya lebih cerah dan menyegarkan. Material skylight yang terbuat dari kaca ini bisa anda pilih beberapa jenis yang berbeda, seperti Alsynite Ultra dan Ultra Colol yang memiliki keunggulan lebih yaitu dapat memberikan pencahayaan alami yang cukup dan juga kenyamaan ruang di bawahnya secara maksimal.


Atap tranparant dengan rangka besi untuk inteiror rumah

thenugrohouse

Sebelum memilih untuk menggunakan atap transparan pada interior rumah, anda bisa memastikan terlebih dahulu untuk rangka yang akan di gunakan. Pada atap tranparan rumah ini, pemilih menggunakan material besi untuk mendapatkan kesan modern dan lebih kuat. Material atapnya sendiri dapat dipilih dari kaca tempered yang memiliki ketebalan 8 mm. Karena atap tranparan ini beradi tengah runag, pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan rangkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Dengan penggunaan atap tranparan ini untuk interior rumah, anda bisa menikmati ruang terbuka yang lebih segar, sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki rumah di area perkotaan yang sedikit memiliki ruang terbuka karena jarak rumahnya terlalu mepet.


Ruang makan konsep terbuka di belakang rumah dengan atap kaca bening 

rumah_nacita

Untuk membuat ruang makan konsep terbuka dirumah cukuplah mudah. Dengan mamanfaatkan area belakang rumah seperti ini suasana berkumpul dengan keluarga jadi lebih menyenangkan. Apalagi jika di musim penghujan anda tak perlu khawatir lagi akan berpindah tempat kedalam rumah. Karena area ini telah didesain menggunakan atap kaca bening yang sangat berguna sebagai penghalang tampias hujan.

Penggunaan material kaca bening ini tidakk hanya cocok untuk eksterior rumah, tapi akan menyenangkan juga untuk interior rumah hingga penggunaan perabot rumah tangga seperti lemari, table top, akuarium dan dinding dekorasi. Karena atap kaca bening ini berada di eksteiror rumah, anda bisa memantikan untuk memilih rangka yang kuat tahan lama agar tidak mudah mengganti dalam jarak dekat. Sebagai dekorasi tambahan anda bisa menghadirkan suasana natural dengan tanaman rambat yang hidupkan suasana di ruang makan ini.


Desain atap rumah kanopi polycarbonate bening 

casa_kalandra

Area berikutnya ini adalah interior rumah yang memilih desain atap transparan. Penggunaan kanopi polycarbonate bening untuk interior rumah seperti ini perlu di desain lebih tinggi dan bentuk yang menyerupai atap. Anda harus memastikan keperluan ruang agar tidak membuat inteiror malah kepanasan karena salah memiliki atap yang digunakan. 

Material polycarbonate bening ini ternyata di luar eskpektasi pemilik. Yang awalnya khawatir akan membuat interior rumah jadi gelap dan panas, malah sebaliknya. Permukaan kanopi ini memiliki tekstur halus dengan intensitas cahaya maskimal dapat masuk kedalam ruangan. Selain itu, material atap yang bening dapat memberikan kesan rumah jadi lebih terang dari sebelumnya.


Atap tranparan untuk taman kolam rumah dari bahan fiber glass

debbymalindaa

Tidak hanya untuk interior rumah, penggunaan atap transparan sangat cocok untuk desain kolam ikan di rumah. Pemilik memilih material fiber yang awet dan tahan, tentunya sesuai kebutuhan ruang yang akan di gunakan. Karena area di bawahnya adalah aquarium anda tak perlu khawatir lagi jika kolam akan mudah berlumut. Atap ini di pilih bahan fiber dan dilengkapi sinar UV sebagai penangkal untuk menghindari kolam agar tidak mudah lumutan.

Dengan kelebihan yang di dapat dari atap transparan ini, ruang lainnya akan terhindar dari tampias hujan dan tetap mendapat sinar matahari  secara maksimal. Jika terjadi hujan, atap ini juga bisa sedikit meredam suara brisiki dari hujan di luar rumah. Dengan begitu anda tetap nyaman berkegiatan dirumah lebih tenang.


Desain laundry room dengan atap kaca tranparan

rumahbundasthea



Material selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk atap laundry room ini terbuat dari kanopi kaca. Meski area laundry ini berada di bagian atap, penggunaan kanopi kaca seperti ini juga memberikan estetik untuk hunian. Material yang sangat cocok untuk di wilayah tropis Indonesia secara mudah dapat di dapatkan. Anda dapat memberikan perlindungan terhadap pakaian dari hujan sehingga akan lebih mudah kering. Suasana yang tidak hanya terbuka ini di buat dengan desain cantik dari dinding roster agar lebih menawan dan ideal.


Terimakasih telah menyimak Desain atap tranparan untuk interior ataupun eksterior rumah berikut ini. Semoga inpirasi kali ini dapat memberikan referensi terbaru bagi anda yang akan mengguanakan atap kaca didalam rumah.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.