Desain Dapur Terbuka dan Semi Outdoor, Suasana Segar Menghadap Taman Belakang Rumah

Desain Dapur Terbuka dan Semi Outdoor, Suasana Segar Menghadap Taman Belakang Rumah


Homeshabby.com -- Membuat dapur  terbuka tidak selalu dengan budget yang mahal. Saat ini rumah-rumah minimalis mulai menerapkan konsep dapur terbuka untuk huniannya. Alih-alih untuk memilih ruang simpan yang banyak, dapur terbuka sangat nyaman untuk kegiatan semi outdoor makan bersama ataupaun piknik ala-ala bersama keluarga. Tak hanya itu saja, memiliki dapur terbuka sangat membantu udara masuk dan keluar silih berganti secara optimal. Maka anda tak perlu lagi memasang exhaust fan ataupun cooker hood untuk menghindari hawa panas dan bau tak sedap ketika memasak. Dengan begitu suasana masak di rumah akan lebih menyenangkan. Untuk merangkun desain dapur terbuka yuk simak artikel Desain Dapur Terbuka dan Semi Outdoor, Suasana Segar Menghadap Taman Belakang Rumah di bawah ini! Semoga bermanfaat :)


Dapur terbuka dengan taman belakang plus ruang makan

rumahleon

Konsep dapur terbuka ini menerapkan penggunaan furntiure kayu di bagian kitchen kabinetnya. Meski tidak dengan ukuran yang besar, ruang simpan yang dimiliki cukup banyak dan bentuk ruang dapur yang luas memungkinkan anda untuk bisa menambahkan perabot lain berupa kabinet atupun mini pantry. Tak perlu khawatri dengan udara di area dapur, taman belakang rumah di buat dengan konsep open plan dan terbuka sebagai penghawaan yang menyegarkan. Selain itu, ruang dapur yang masih luas bisa di manfaatkan untuk menambahkan satu set meja makan. Walaupun dengan fungsi gandi, ruang ini tidak terkesan sumpek dan penuh.


Dapur terbuka dekat taman rumah tanpa sekat yang segar

rumahmungil_23

Memilih area belakang rumah untuk menata ruang dapur serta ruang makan menjadi hal yang perlu usaha keras. Mulau dari pertimbangan untuk menghidari tampias hujan, panas berlebih dan tentunya hewan-hewan lain yang berterbangan. Namun desain dapur terbuka kali ini menggunakan penutup atap kanopi kaca untuk menghindari hal-hal diatas. Area dapur di buat dengan tampilan minimalis menggunakan kitchen set model klasik yang bergabung antara ruang makan. 

Ruang simpan yang tidak hanya memanfaatkan kitchen kabinet ini dapat anda tambahkan rak ambalan ataupun rak tempel sebagai cara untuk memperingkas ruang dapur. Hawa segar di pagi hari dapat anda rasakan karena dapur ini dekat dengan kolam ikan serta tanaman hias. Anda juga bisa menggunakan dapur ini ketika malam hari sebagai tempat untuk barbequan ataupun menikmati akhir pekan di malam hari. 


Dapur terbuka di belakang rumah dekat taman kering

la.vally

Karena dapur ini langsung menghadapat ke taman belakang rumah, ruang dapur terlihat lebih lega dan terang. Desain dapur terbuka ini tidak menggunakan kitchen set penuh, tapi hanya dengan meja dapur cor yang memanfaatkan bagian bawah atapun kolong dapur sebagai tempat penyimpanan. Agar menarik, tambahkan penutup gorden sebagai cara untuk memberikan privasi ruang simpan agar lebih nyaman. Area dapur yang dekat dengan taman kering ini tampak menarik dengan visual cantik yang terlihat dari vertikal garden dan juga lahan yang tertutupi batuan alam sebagai resapan air. Untuk menghidari tampian hujan, anda bisa memasang tirai bambu yang juga menghalau angin agar api kompor tetap stabil untuk kegiatan memasak.

Desain dapur semi outdoor dekat taman rumah jadi estetis dengan tirai bambu

damaricha

Jika dapur anda berada di ruang tertutup maka penting adanya untuk meletakkan tanaman hias sebagai dekorasi dan juga penyuplai udara bagus didalam ruang. Namun desain dapur kali ini berbeda, menggunakan konsep semi outdoor dan berada di belakang rumah. Area dapur yang dekat dengan taman belakang ini membuat kegiatan masak jadi lebih menyenangkan. Apalagi jika pemilihan kitchen set yang di gunakan dari material kayu untuk nuansaa hangat dan alamiah. 

Anda bisa meletakkan ruang makan sekaligus di dapur untuk membuat area ini lebih ramai. Dengan konsep dapur terbuka, tentu suasana di belakang rumah jauh lebih mennyenangkan untuk berkumpul bersama. Tampilan estetik dari bagian dapur ini pemilik menambahkan tirai bambu yang berguna untuk menghindari tampias hujan dan angin berlebih. Berikan penerangan yang maksimal ketika malam hari, di area taman dapat dapat di tambahkan lampu taman dan lighting menggunakan downlight untuk area dapur.

Desain dapur terbuka minimalis yang homey, meski ukurannya kecil

rumahplong

Tampilan desain dapur yang seperti ini, anda tidak hanya bisa berkegiatan dengan menyenangkan. Area dapur dekat taman belakang rumah sangat memiliki keuntunga lebih terutama sebagai sirkulasi lancar tanpa pengap. Meskipun desain dapur ini tidak begitu besar dan hanya berukutan 2 x 2 m saja, anda bisa membuat modek kitchen letter L sebagai cara untuk memberikan ruang gerak lebih bebas. Maksimalkan area dapur dengan menambahkan mini pantry dan juga rak ambalan sebagai cara solutif untuk mengurangi penggunaan perabot ataupun bahan makanan tanpa berantakan.

Dapur belakang rumah dekat taman di sudut ruang yang lapang

rumahkeyro

Desain dapur mungil ukuran 2 x 2.5 m ini meskipun berada di belakang rumah dengan konsep terbuka, hawa segar dan udara lancar dapat di rasakan dengan mudah. Pemilihan kitchen kabinet model linear di buat untuk membuat ruang dapur terlihat ringkas dan melegakan. Anda bisa menghindari kesan panas berlebih dengan cara mengaplikasikan tirai ataupun agar lebih nyaman. Dapur yang dekat dengan taman belakang rumah ini sangat membantu kegiatan masak jadi menyenangkan, anda bisa memberikan lighting cantik sebagai penerangan di malam hari secara maksimal.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.




Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.