6 Trik Menyiasati Tanaman Hias dalam Ruang Tamu Agar Tidak Mudah Layu dan Terlihat Segar

6 Trik Menyiasati Tanaman Hias dalam Ruang Tamu Agar Tidak Mudah Layu dan Terlihat Segar


Homeshabby.com -- Menghadirkan tanaman hias di dalam rumah terutama bagian ruang tamu dapat memberikan banyak sekali kentungan. Salah satunya tentu untuk mempercantik dekorasi ruangan dan juga dapat bersifat sebagai antipolutan. Sehingga dapat memperbaiki kualitas udara di dalam rumah secara baik dan terasa lebih rileks menyegarkan berkat oksigen yang di keluarkan oleh tanaman hias tersebut. Nah tentunya memilih tanaman hias yang bersifat indoor perlu perawatan dan pemeliharannya yang cukup ekstra. Karena tanaman indoor memiliki perlakuan berbeda jika diletakkan didalam ruangan, anda bisa menyimak 6 Trik Menyiasati Tanaman Hias dalam Ruang Tamu Agar Tidak Mudah Layu dan Terlihat Segar di bawah ini! Semoga bermanfaat :)


Tidak menyirami tanaman hias di dalam ruangan secara sering

rhini_shourafa

Memberikan kelembabab tanah untuk tanaman hias di dalam ruangan memang sangat diperlukan. Namun anda tidak harus melakukannya setiap hari. Hal ini dapat berpengaruh dalam kelembaban tanah yang berakibat membusuknya akar dan batang tanaman. Anda hanya perlu menyirami tanah pada tanaman hias di dalam ruangan ketika tanahnya mulai mengering saja. Akan sangat menyenangkan, jika tanaman di dalam ruangan ini anda siram ketika pagi atau sore hari saja. Hindarkan posisi tanaman ke sinar matahari secara langsung untuk menjaga pertumbuhan tanaman lebih bagus dan segar. Dengan begitu tanaman anda tidak akan mudah layu dengan perawatan yang tepat.

Atur suhu di dalam ruangan agar tetap lembab

firnarachmawati

Trik untuk menyiasati tanaman hias di dalam rumah berikutnya ini bisa anda atur kelembabab ruangnya. Anda juga harus memilih tanaman indoor yang tahan terhadapa suhu ruangan seperti Sansevieria (lidah mertua), sirih gading dan bonsai beringin. Anda juga bisa memilih tanaman hias yang dapat bertahan di suhu teramat kering. Namun jika anda meletakkan tanaman hias di dalam ruang pastikan untuk memberikan kelembeban ideal sekitar 22-25 derajat Celcius.


Pastikan tanaman hias di dalam rumah mendapat pencahayaan almi secara cukup

rumah.santai

Walaupun pilihan tanaman indoor sering di anggap dapat bertahan tanpa adanya pencahyaan matahari. Ini salah kaprah. Tanaman hias juga perlu mendapatkan sinar matahari dengan cukup untuk membantu pertumbuhannya. Jika ruangan anda memiliki jendela atau ventilasi yang terbatas, maka dari itu perlu adanya untuk memindhkan tanaman ke luar ruangan setidaknya dua minggu sekali. Ketika menempatkan di dalam ruang, pastikan untuk berada di dekat jendela agar cahaya dapat mengenai tanaman secara bias namun tidak langsung.


Lakukan pemupukan secara rutin agar menjaga kesuburan tanahnya

pwplants


Setelah anda memastikan tanaman di dalam rumah mendapatkan pencahayan matahari secara optimal dengan keadaan tanah yang lembab, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah kesuburannya. Untuk memberikan nutrisi secara baikm anda bisa mengguakan pupuk yang mengandung nitrogen sebagai menjaga keseimbangan dan kalium untuk penguat batang tanaman. Sebaiknya, anda memberikan pupuk tanaman di saat musim penghujan karena pada saat tersebut tanaman tumbuh lebih aktif di bandingkan musim kemarau. 


Menyemai rutin tanaman yang kering

casacalva

Pertumbuhan tanaman hias di dalam ruangan yang tumbuh lebih tinggi sering di pandang sebelah mata. Dengan begitu, anda bisa memangkas batang ataupun daun tanaman hias agar tidak mengganggu aktivitas dan kegiatan di dalam rumah. Selain itu, anda bisa memangkas daun yang mulai mengering agar dapat tumbuh tunas baru. Hal ini juga dapat membantu untuk menghindarkan hama tanaman yang bisa menyebar ke lainnya. Sehingga perlu adanya pemangkasan sekitar sebulan sekali agar tanaman tetap sehar dan segarkan hunian.


Ganti media tanaman dan repotting

lisa_yunita22


Pergantian media tanaman perlu di lakukan untuk menjaga kondisi yang dapat berubah terlalu lembab ataupun kering. Sehingga dapat membantu suplai nutrisi secara maksimal ke seluruh bagian tubuh tanaman. Anda bisa menggunakan media tanamn dengann perbandingan yang pas 1:1:1 antara campuran pasir, tanah dan pupuknya. Setelah itu, medai tanam dapat anda siram untuk menjaga kelembaban tanah. Jika tanaman sudah mulai besar, anda juga perlu mengganti pot untuk memberikan tempat yang lebih leluasa berkembang dengan subur.


Itulah trik untuk menyiasati tanaman hias di dalam ruang tamu yang bisa anda coba terapkan di rumah. Dengan trik di atas, semoga anda bisa memulai untuk mengoleksi tanaman hias di dalam rumah dengan mudah dan tidak perlu was-was lagi.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.