Desain dan Denah Rumah Ukuran 8 x 12 M Dengan Eksterior Bata Ekspos dan Vertikal Garden Lebih Sejuk

Homeshabby.com -- Desain rumah dari bagian fasad yang terlihat menarik tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Beberadapa orang justru menginginkan desain rumah dengan eksterior ramah lingkungan dari material alami. Desain rumah kali ini memiliki ukuran 8 x 12 m dengan fasad natural dari bata eskpose dengan model atap segitiga yang terlihat pada bagian depan. Penataan ruang yang berada di bagian dalam pada rumah ini memiliki dua kamar tidur serta ruang publik untuk menunjang keluarga hingga kerabat yang datang. Lebih jelasnya berikut ulasannya, semoga bermanfaat ya bund.



Fasad rumah dengan pagar

Dengan kesan yang homey dan menarik, desain rumah ukuran 8 x 12 m kali ini memiliki eskterior mengagumkan dari penggunaan material bata ekspose di bagian pagar hingga dinding fasad. Di mulai dari bagian pagar, rumah ini menggunakan tiga kombinasi material dari bata ekspose, kayu hingga beton untuk memberikan kesan industrial modern. Tak jauh berbeda pada bagian fasad rumah, yang terlihat jelas penggunaan bata eskpose di bagian segitiga fasad dengan lisplank putih agar terkesan homey dan selaras.




Fasad rumah tanpa pagar

Inilah tampilan desain rumah ukuran 8 x 12 m jika mengabaikan penggunaan pagar depan. Kesan terbuka dan menyatu antara lingkungan jauh lebih terasa di bagian depan jika anda menyukai rumah terlihat lebih lapang. Untuk memberikan suasana berbeda dan lebih natural, anda bisa mengaplikasilan vertikal garden yang berada di atas teras untuk memberikan kesan sejuk dan menyegarkan. Selain itu, penggunana kusen jendela dan pintu pada rumah ini tetap mengedepankan unsur natural. Maka dari itu, pemilik menggunakan material kayu agar lebih ramah lingkungan dan tetap alami. Karena mengabaikan penggunaan pagar, anda bisa meletakkan mini garden yang berada di bagian depan untuk memberikan kesan segar untuk menambah relaksasi ketika sedang lelah bekerja.




Tampak fasad atap rumah

Model atap yang di gunakan pada desain rumah ukuran 8 x 12 m kali ini menggunakan atap pelana untuk kesan yang sederhana dan tetap berdimensi. Bagian lisplank pada rumah ini menggunakan dak cor beton untuk membedakan tampilan dan lebih modern. Kemiringan yang simetris pada atap pelana ini memang di desain sama untuk memudahkan air mengalir ke bawah tanpa tergenang di atap dan terjadi rembesan. Sisi kiri rumah pada bagian atas ini nampak di buat pembatas lebih tinggi untuk menghalangi terjadinya tampias dari rumah tetangga bisa anda terapkan agar eskterior rumah anda terlihat tetap baru dan cantik.




Pembagian ruang

Pada desain rumah ukuran 8 x 12 m ini memiliki pembagian ruang yang cukup simpel dan tetap memperhatikan ruang gerak lebih lega. Halaman rumah yang cukup luas ini menggunakan paving block untuk kesan lebih lapang, sama dengan area carport yang menggunakan rabat beton untuk ketahanan yang lebih kuat. Mini garden yang berada di area paling depan ini berguna untuk resapan air serta udara lebih segar. 
Pada bagian dalam rumah, publik area pertama yang berada di bagian depan adalah ruang tamu open plan antara ruang keluarga tanpa pembatas untuk memberikan kesan lebih lapang. Dua kamar tidur yang berada di belakang carport serta depan ruang kerja ini memiliki bukaan dari ventilasi untuk kesan terbuka.


Denah ruang dengan ukuran

Rumah ukuran 8 x 12 m ini memilik pembagian ruang sebagai berikut :

Di bagian depan rumah teradapat mini garden ukuran 5 x 2 m, halaman depan berbentuk letter L ukuran 2.3 x 5 m, teras depan ukuran 2.6 x 1 m dan carport ukuran 3 x 4 m. Memasuki bagian dalam rumah terdapat ruang tamu tampak open plan dengan ruang keluarga ukuran 4.2 x 3.2 m, kamar mandi ukuran 1.5 x 1.6 m dan ruang kerja ukuran 2.6 x 1.5 m. Terdapat kamar tidur 1 ukuran 3 x 2.5 m dan kamar tidur utama ukuran 3 x 3 m, dapur dan ruang makan yang menjadi satu ini berukuran 5 x 3 m, area jemur ukuran 0.8 x 4.7 m dan ruang cuci ukuran 3 x 1.5 m.

Itulah sedikit pembahasan dari homeshabby.com mengenai desain rumah minimalis ukuran 8 x 12 m dengan eksterior bata ekspos serta vertikal garden lebih sejuk. Semoga desain rumah kali ini dapat memberikan inspirasi dan semangat untuk anda dalam mewujudkan impian untuk membangun rumah di masa depan.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman Desain Rumah



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.