Desain dan Denah Rumah Ukuran 7 x 13 M Dengan Dapur Semi Outdoor dan Halaman Untuk Resapan Air Saat Musim Hujan

 

Homeshabby.com -- Memiliki rumah dengan ukuran lahan yang terbatas bukanlah suatu permasalahan sulit untuk di pikirkan. Anda bisa memiliki desain rumah sesuai yang di harapkan. Namun, anda perlu mempertimbangkan beberapa eleman dan komponen agar rumah yang anda miliki tetap awet dan tahan lama. Nah kali ini homeshabby.com akan membagikan desain dan denah rumah ukuran 7 x 13 m dengan resapan air yang berguna di musim penghujan. Selain itu, rumah ini memiliki eksterior minimalis bisa mudah untuk di tiru. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ya bund. Semoga bermanfaat.



Nampak fasad rumah

Desain dan denah rumah ukuran 7 x 13 m ini memiliki eskterior minimalis dari perpaduan warna yang tepat. Pemilik menggunakan pilar dengan ukuran sama rata berwarna kontras agar lebih memberikan kesan earthy dan mencolok dari kejauhan. Penggunaan pilar yang berada di depan ini untuk memberikan kesan estetik dan lebih menarik. Anda bisa mengkombinasikan eksterior dengan warna abu-abu hingga dusty purple agar semakin eksotis dan menawan. Untuk memberikan kesan lebih lapang dan terbuka, kali ini pemilik mengabaikan penggunaan pagar depan agar menyatu antara lingkungan lebih mudah. Dengan begitu hawa segar dan suasana sejuk dari kolam ikan di depan pun dapat di rasakan.



Nampak sisi rumah

Penggunaan kusen jendela dari desain dan denah rumah ukuran 7 x 13 m ini menggunakan uPVC agar terkesan lebih modern. Namun, untuk memberikan hawa lebih segar di bagian dalam rumah anda bisa menambahkan jalusi dengan bentuk memanjang seperti yang terlihat. Tambahkan juga dengan lampu eksterior yang berada di belakang carport agar lebih estetik ketika malam hari. Meskipun rumah ini memiliki ukuran yang cukup kecil, pemilik  tetap memperhatikan beberapa komponen. Seperti menyisakan lahan di samping rumah dengan jalan setapak, halaman depan rumah demgan rumut hias serta unsur air dari kolam ikan yang berada di depan. Minimalis tidak juga harus dengan lahan sempit ya bund, anda bisa memperhatikan beberapa komponen tersebut yang sangat berguna untuk resapan air dan hawa segar terasa.


Fasad atap

Permodelan atap yang dipilih pada desain dan denah rumah ukuran 7 x 13 m ini menggunakan atap pelana. Model atap yang sederhana ini di pilih untuk memberikan kesan simpel dan minimalis. Untuk materilanya sendiri, anda bisa menyesuaikan budget dengan tetap memperhatikan keawetannya dalam jangka lama. Dari segi keawetannya anda bisa memilih dengan material genteng flat beton, atap dari bahan aspal, hingga keramik. Namun jika anda mengingkan harga terjangkau dan ramah lingkungan, anda bisa memilih dari material genteng tanah liat.


Pembagian ruang

Desain rumah ukuran 7 x 13 m ini memiliki pembagian ruang yang simpel dan memperhatikan bukaan agar lebih lega. Halaman yang luas ini di isi dengan kolam ikan dan juga carport untuk tempat kendaraan pribadi. Selain itu, pemilik juga menyisakan space di samping rumah untuk menuju ke belakang agar lebih mudah dan rumah sedikit bisa bernafas. Dua kamar tidur yang berada di sudut rumah ini memiliki ventilasi agar memberikan akses udara masuk silih berganti. Beberapa ruang publik di rumah ini memiliki ukuran yang cukup melegakan sangat membantu untuk menghidari hawa pengap yang terasa. Dengan adanya dapur semi outdoor di bagian belakng rumah ini memiliki kelebihan yang bisa anda rasakan tanpa harus memasang cookerhood untuk menghindari bau tak sedap ketika memasak.



Denah rumah dan ukuran

Rumah ukuran 7 x 13 m ini memiliki pembagian ruang sebagai berikut :

- Di bagian depan terdapat carport dengan ukuran 3 x 3.5 m, taman ukuran 2.75 x 3 m, kolami ikan ukuran 1.5 x 2 m dan teras depan rumah ukuran 1.25 x 3 m. 
- Terdapat space di samping rumah dengan ukuran 1 x 7.25 m.
- Memasuki bagian dalam rumah terdapat ruang tamu dengan ukuran 2.5 x 3 m, kamar mandi umum ukuran 1.2 x 1.5 m dan kamar tidur ukuran 2.4 x 3 m.
- Di bagian belakang rumah terdapat kamar tidur ukuran 2.8 x 2.3 m, ruang keluarga yang open space dengan ruang makan ukuran 3.2 x 3.2 m dan dapur semi outdoor ukuran 1 x 3.2 m serta taman belakang rumah ukuran 7 x 2.5 m.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman Desain Rumah


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.