Desain dan Denah Rumah Ukuran 12 x 10 M Terdapat 4 Kamar Tidur Serta Dapur Semi Outdoor yang Segar

 

 
Homeshabby.com -- Hallo bunda, happy weekend ya ! Kali ini kami akan memberikan beberapa inspirasi mengenai desain dan denah rumah berukuran 12 x 10 m yang tentunya akan menemani anda bersantai di rumah. Desain rumah berikut ini memiliki luaran atau fasad yang menarik dari pemilihan kombinasi material cukup lengkap lho. Beberapa kombinasi batu alam, kisi-kisi kayu hingga pilar yang di kombinasikan dengan roster akan membuat suasana rumah semakin modern. Tak hanya itu saja, fasilitas di dalamnya sangat lengkap untuk kebutuhan keluarga tercinta. Terpenuhi dengan empat kamar tidur di tiap sudut ruang serta dapur semi terbuka yang akan membuat kegiatan di kitchen semakin mengasikkan. Tanpa panjang lebar, simak terus ya bund ulasan berikut ini. Semoga bermanfaat.



Tampak fasad rumah

Rumah ini memiliki tampilan fasad sangat menarik dengan banyaknya kombinasi material alami dan industrial yang membuat satu kesatuan lebih dinamis. Pilar rumah yang dikombinasikan dari material batu alam dan roster ini hadir dengan sentuhan modern yang dominan. Namun untuk sedikit memberikan sentuhan alami, anda pelu mengaplikasikan bahan kayu pada kisi-kisi rumah serta aksen kayu sebagai perpaduan dinding fasad. Tanpa mengurangi kesan alami, rumah ini mengabaikan penggunaan pagar agar terasa lebih terbuka dan menyeimbangkan lingkungan sekitar secara maksimal. Tak hanya itu saja, sebagai pelengkap dan komponen paling utama yang di perlukan pada sebuah rumah, kusen jendela dan kayu pada rumah ini pun lebih mengunggulkan material kayu sebagai konsep rumah ramah lingkungan.


Tampak sisi kanan rumah

Kesan terbuka lah yang dapat terasa untuk first impression dari tampilan rumah ini yang lebih lega di bagian depan tanpa penggunaan pagar. Pemilik sengaja mengabaikan penggunaan pagar yang biasanya akan membuat rumah semakin terlihat mewah dan megah. Namun lain halnya dengan desain rumah kali ini, untuk mengganti penggunaan pagar pemilik membuat space bangunan terlihat jauh dari ruas jalan. Hal ini guna agar terkesan lebih leluasa ketika akan mengeluarkan kendaraan pribadi dan tak mengganggu pengguna jalan lainnya. Sebagai cara untuk mengurangi polusi dan hawa panas masuk ke dalam rumah, hal kecil seperti penempatan mini garden di halaman depan tentu sangat membantu udara lebih bersih. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan sistem drainase ataupun saluran pembuangan limbah dari kamar mandi dan dapur agar tidak menimbulkan keresahan untuk lingkungan sekitar yang dapat mengganggu tentunya. 



Tampak fasad atap

Untuk mengetahui lebih jelas penggunaan model atap pada rumah ini, pemilik menyukai atap limasan sebagai pelindung struktur pada bagian bawahnya. Kemiringan atap yang simetris dan sama rata di tiap sisinya membuat huninan lebih aman dan terlindungi dari hawa panas yang terasa. Selain itu bebera pa pinggiran hunian ini pun di buat menggunakan dak cor beton untuk membuat struktur atap lebih kuat dan tampil estetik. Penggunaan material genteng flat beton ini di pilih dengan ketahanan kuat dan tahan terhadap segala cuaca. Tanpa perlu khawatir akan terjadi kebocoran, anda perlu memperhatikan penggunaan konsturksi atap dan juga plafon dari material apa. Untuk mempertahankan kekuatan dan juga sebagai perlindungan anda bisa menggunakan konsturksi baja yang memiliki beberapa keunggulan diantaranya : konsturksi baja lebih stabil dan seimbang satu sama lain, konstruksinya lebih ringan dan kuat, memiliki daktilitas (kemampuan suatu material untuk meregang hingga material itu sendiri putus) yang cukup tinggi sehingga membuat konstruksi baja ini aman untuk di gunakan.



Pembagian ruang

Dengan ukuran yang cukup lebar rumah ini memiliki kelengkapan fasilitas umum dan juga privasi bisa untuk menunjang keluarga dan tamu yang datang. Empat kamar tidur yang berada di tiap sudut ruang ini memiliki beberapa ventilasi udara agar memberikan suasana segar tanpa pengap. Beberapa ruangan yang tampak open space seperti ruang keluarga dan ruang makan ini pun terbuka dengan taman belakang rumah. Konsep kitchen yang semi terbuka ini pun hadir di bagian paling belakang untuk menghindari bau tak sedap masuk ke dalam rumah dan agar lebih segar.



Denah ruang serta ukuran

Pembagian denah serta penataan ruang dan ukuran pada rumah 12 x 10 m ini sebagai berikut :

Terdapat mini garden di bagian depan rumah ukuran 3 x 1.85 m, teras rumah ukuran 3 x 1.5 m, carport ukuran 3 x 4.85 m dan jemuran di depan rumah ukuran 3 x 2.85 m. Memasuki bagian dalam rumah, terdapat ruang tamu ukuran 3 x 3.5 m serta penyekat ruang yang membatasi ruang di belakangnya yaitu, ruang keluarga dan ruang makan berukuran 6 x 4 m,, terdapat master bedroom ukuran 3.5 x 3 m dan terdapat 3 kamar tidur berukuran sama 3 x 3 m. Di bagian belakang rumah terdapat kamar mandi 1 ukuran 2 x 2 m, kamar mandi 2 ukuran 2 x 1 m, taman dan teras belakang rumah ukuran 4 x 2 m serta dapur semi outdoor ukuran 4 x 2 m.

Itulah sedikit pembahasan desain dan denah rumah kali ini bisa anda terapkan pada rumah impian di masa mendatang. Penataan ruang dan pemilihan material untuk konstruksi pada rumah memang perlu di perhatikan agar memiliki ketahanan cukup lama, dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk jangan waktu yang pendek.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman_desainrumah



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.