Desain dan Denah Rumah + Toko Ukuran 10 x 20 M, 3 Kamar Tidur dengan Konsep Hemat Energi

Homeshabby.com -- Hai bunda. Semoga selalu diberikan kesehatan disetiap harinya. Kali ini akan di bahas mengenai desain dan denah rumah + toko ukuran lahan 200 m2 (10 x 20 m) dengan luas bangunan 125 m2, memiliki 3 kamar tidur sekaligus tempat usaha yang menerapkan konsep hemat energi. Rumah toko baik di pedesaan maupun perkotaan memang banyak menjadi pilihan yang tepat, selain digunakan sebagai tempat tinggal juga sebagai ladang rezeki tanpa harus menyewa ruko atau lahan tambahan.

 

 

Nampak samping depan rumah

Pada tampilan samping rumah + toko ini nampak elegan dengan eksterior fasad yang menggunakan pagar depan sebagai akses masuk ke area halaman rumah. Bagian pagar carport bermaterial woodplank finishing cat coklat kayu dikombinasikan dengan besi hollow yang tersusun vertikal, sedangkan di bagian tengah sengaja dibuat permanen batu alam dengan desain lubang vertikal sebagai akses sirkulasi dan pemberian kesan lega pada fasad.


 

Nampak atap rumah + toko

Rumah + toko ini memiliki bangunan dengan kombinasi model atap yang beragam di setiap elemen bidangnya. Bagian utama bangunan menggunakan atap limasan dengan genteng tanah liat, bagian carpot atapnya bermaterial kanopi glass tempered ketebalan 9 mm selaras dengan pelindung atap di bagian belakang guna untuk dimanfaatkan sebagai area cuci jemur dan taman semi outdoor. Sedangkan untuk atap toko, akan lebih efisien jika menggunakan atap datar dari dak cor yang memudahkan penghuni saat kelak ingin merenovasi atau menambah lantai di bagian atasnya.


Desain toko 

Melihat lebih detail contoh desain interior toko rumah berukuran 10 x 20 m ini, Dengan ukuran space toko 2,75 x 7 m yang cukup luas, bisa anda manfaatkan sebagai tempat usaha dalam bentuk toko sembako, mini market ataupun butik sesuai fashion anda. Jika mini market dengan luas yang ada sudah cukup untuk menampung frezer minuman, etalase ataupun space kasir yang di tata secara sejajar dengan space kosong bagian tengah. Desain toko ini juga memiliki akses pintu yang langsung tertuju pada area family room pada ruang tengah sehingga lebih efisien untuk menunjang aktifitas sehari-hari.


Desain ruang keluarga

Berikut ini merupakan desain family room yang berada di ruang tengah berukuran 4 x 6,7 m. Menerapkan konsep open plan di antara beberapa ruang. Posisi area berkumpul yang dilengkapi sofa leter L dan coffee table nampak nyaman berdampingan dengan area garden minimalis bagian samping rumah. Sebagai sekat yang saving space, sliding door glass menjadi pilihan yang membuat penghawaan dan pencahayaan bisa masuk secara maksimal. Ruang keluarga seakan menyatu dengan suasana taman outdoor yang sejuk sehingga waktu berkumpulpun akan menjadi lebih menyenangkan.


 

Tata letak ruang rumah + toko

Nampak jelas dari gambar pembagian ruang dan outdoor space dalam bangunan rumah ini. Ukuran bangunan di atas lahan seluas 200 m2 tampil lebih fungsional dengan kapasitas 3 kamar tidur, 4 posisi taman outdoor untuk area berkebun dan bermain, serta penambahan tempat usaha di bagian depan. Kamar tidur utama ditempatkan di bagian belakang agar aktifitas pribadi menjadi lebih terjaga di sertai fasilitas kamar mandi dalam dan penghawaan sejuk dari area taman samping.

 

Denah ruang + ukurannya

Mengenai pembagian ruang beserta ukuran lebih detailnya, berikut penjabaranya :

Area outdoor : Carport ukuran 4,2 x 5 m, taman depan beserta area teras 3 x 5 m, teras toko hanya selebar 2,7 x 0,5 m. Beralih ke taman kering samping kiri sepanjang 1,2 x 7,5 m, taman samping kanan dengan pekarangan hijau 1,5 x 6,7 m. Taman belakang berukuran 2 x 1,7 m bersebelahan dengan area laundry jemur 5,7 x 1,7 m.

Area indoor : Toko berukuran 2,7 x 7 m, living room 3 x 3 m senada dengan ukuran kamar tidur bagian depan dan tengah yaitu 3 x 3 m. Terdapat 1 bathroom di antara dua kamar tidur berukuran 1,5 x 1,5 m, ruang keluarga 4 x 6,7 m sehingga bisa menampung banyak anggota keluarga. Sedangkan untuk ruang belakang terdapat master bedroom 3 x 5,7 m dengan bathroom pribadi 1,5 x 2,7 m. Bagian sampingnya terdapat dapur dan dining room berukuran 4,2 x 5,7 m.

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      :Abba arch



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.