Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 8 x 12.7 M dengan Material Batu Alam Serta Bukaan yang Lega


Homeshabby.com -- Memiliki hunian dengan desain minimalis serta pemilihan material yang baik tentu akan memberikan kenyamanan dan keamanan untuk anggota keluarga anda. Dengan ukuran 8 x 12.7 m desain rumah kali ini hadir dengan tampilan lebih menarik dari bagian eksterior depan yang tampak simpel serta penggunaan beberapa material yang ekonomis. Mengusung konsep yang tampak open space untuk bagian luar, rumah ini sangat memperhatikan bukaan dari penggunaa ventilasi udara hingga bagian angin-angin yang tampak menggunakan kaca dapat memudahkan cahaya masuk ke dalam rumah secara maksimal. Apalagi dengan bagian depan hingga belakang rumah yang menambahkan space cukup minimalis untuk garden membantu resapan air ketika musim penghujan tiba. Kali ini akan kami bagikan ulasan untuk bunda semua mengenai desain rumah yang cocok untuk keluarga baru anda atau anda yang akan membangun rumah. Berikut penjelasannya :




Tampak fasad depan

Konsep minimalis hadir dari tampilan depan rumah ini yang lebih menggunakan eksterior berwarna putih dan abu-abu terkesan hangat dan simpel. Penggunaan material yang ramah lingkungan dengan batu alam di aplikasikan di beberapa bagian saja membuat rumah ini tampil lebih eye catching dan stylish. Tampak penghawaan yang melegakan pun bisa di rasakan di bagian dalam rumah ini berkat penggunaan ventilasi udara di bagian atas teras yang menyeluruh hingga ke sisi kiri rumah. Dengan begitu, meskipun ukuran rumah ini tidak seberapa luas anda akan merasakan hawa segar dengan ruangan yang terang. Tak jauh beda dengan bagian pintu utama pada rumah ini yang mengkombinasikan jendela di bagian sisi untuk memberikan kesan dekoratif dan lebih estetik. Hal ini bisa anda lakukan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik agar tampilan fasad rumah tak nampak monoton dan membosankan.



Tampak sisi kiri rumah

Mengabaikan penggunaan pagar rumah ini di maksudkan untuk memberikan hawa segar dan menyatu antara lingkungan secara mudah. Anda bisa menggunakan desain pagar yang selaras dengan eksterior fasad rumah agar tampak mathching seperti dengan hollow besi putih yang tidak terlalu rapat. Namun jika penggunaan pagar di abaikan tentu anda akan berpikir bahwa hawa panas dan polusi akan mudah masuk ke dalam rumah. Hal ini bisa anda siasati dengan mengaplikasikan mini garden di bagian depan untuk memberikan hawa segar dan menyejukkan untuk hunian. Dengan mengusung tema yang open space, area carport pada rumah ini pun melupakan penggunaan penutup atap dimaksudkan agar memberikan kesan yang lebih lega. Namun apabila anda ingin menambah dekoratif untuk tampilan fasad, penggunaan atap dari kanopi kaca bisa anda pilih untuk alternatif yang tepat.




Tampak atap rumah

Berikut ini merupakan tampilan atap rumah ukuran 8 x 12.7 yang memilih dengan model atap pelana dari material genteng flat beton. Pemilihan atap dengan warna abu-abu ini sangat tepat untuk tema rumah yang minimalis dengan eksterior fasad depan rumah. Namun anda juga bisa memberikan sentuhan warna yang lebih bold seperti merah bata atau biru navy untuk memberikan nuansa lebih earthy, menyejukkan dan menyegarkan di mata. Pemilihan model atap pelana ini membuat huninan anda tampak megah dan besar dari kejauhan, hal ini bisa anda coba apabila menginginkan tipuan mata bagi yang memandang. Tampak jelas dari bagian atas, dimana area carport yang mengabaikan penggunaan penutup atap  untuk memberikan hawa yang melegakan dari bagian depan hingga taman mini samping rumah. 




Pembagian ruang

Dengan ukuran yang tidak begitu luas, rumah ini tetap menghadirkan nuansa terang dan terbuka berkat pemilihan eksterior yang tampak minimalis dengan warna putih. Bentuk rumah yang melebar dari bagian depan ini sangat memaskimalkan space untuk teras, taman hingga carport rumah. Dua kamar tidur yang berada di area depan ini di tambahkan ventilasi udara agar terkesan lebih segar dan terbuka. Publik area seperti living room yang berada di balik pintu utama ini dipisahkan dengan dinding sebagai penyekat ruang untuk ruang keluarga di belakang nya. Dua taman juga di letakkan di sudut area bagian belakang pada rumah ini untuk memberikan hawa segar serta tempat resapan air pada musim penghujan tiba.



Tambahkan teks
Denah ruang dan ukuran

Penataaan ruang serta ukuran pada rumah 8 x 12 m ini memiliki pembagan antara lain :

Dari bagian depan rumah, terdapat taman ukuran 6.25 x 0.8 m, teras depan ukuran 3 x 1 m dan carport ukuran 3.2 x 5.4 m serta halaman depan rumah ukuran 3.255 x 3.25 m. Memasuki area dalam terdapat living room ukuran 3 x 3 m, kamar tidur 1 ukuran 2.8 x 3.25 m dan kamar tidur utama ukuran 3.25 x 3.1 m. Terdapat satu kamar mandi ukuran 2 x 1 .4 m, ruang keluarga ukuran 4.25 x 3 m, mini bar plus dapur ukuran 3.25 x 2.6 m serta taman di samping ruang keluarga ukuran 2 x 3 m dan taman di belakang carport ukuran 3 x 2.6 m.

Itulah sedikit ulasan mengenai desain dan denah rumah kali ini yang memiliki penataan dan ruang yang cukup untuk keluarga kecil anda. Semoga desain ini bisa memacu semangat anda untuk membangun rumah impian di masa mendatang. Amiin


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.