Desain dan Denah Rumah Terbaru Konsep Open Plan dilengkapi Ukuran Ruangnya

 

Homeshabby.com -- Hai bund, semoga selalu diberkahi rezeki agar segera mewujudkan hunian idamannya ya. Di hari yang cerah ini Homeshabby.com akan memberikan ulasan yang tidak kalah menarik tentang desain dan denah rumah terbaru dengan tata letak ruang menerapkan konsep open plan dan dilengkapi ukuran denah ruangnya secara detail. Berikut penjabarannya :

Teras rumah ketika malam hari

Bentuk bangunan rumah terbaru ini melebar ke samping dengan halaman depan yang luas untuk area taman pekarangan hijau, carport dan bermain anak. Atap teras menggunakan atap piramida dengan desain lisplang bagian bawah yang bertingkat menyatukan 2 pilar di setiap sisi yang menambah tampilan desain eksterior terkesan lebih tinggi dan modern. Paving block dari batuan alam melapisi sisi setinggi satu meter di bagian pilar dan dinding fasad, membuat cat putih menjadi tidak terlalu monoton dan terlihat tegas. Penerangan utama di malam hari bisa menggunakan lampu plafon dan lampu eksterior yang membuat suasana menjadi lebih hangat dan tenang.


Area foyer

Memasuki pintu utama rumah terbaru ini langsung di sambut dengan adanya area foyer yang dilengkapi backdrop TV serta karpet lantai untuk konsep lesehan dan tidak membuat dimensi bagian tengah terkesan penuh. Terdapat juga set meja di sudut ruang dengan hiasan cermin yang meluaskan ruang yang terbatas. 


Living room

Bergeser ke ruang sebelahnya terdapat living room yang terkesan simple tanpa memperbanyak dekorasi yang ditampilkan. Latar background dinding sofa menggunakan wallpaper foam 3D dengan motif brick white yang membuat kesan ruang tamu lebih dinamis dan natural. Melengkapi living room, terdapat sofa berwarna cream dan coffee table berbahan kayu finishing cat metal yang saving space. Agar warna polos tidak mendominasi, anda bisa menambahkan warna mencolok seperti kuning pada sentuhan aksen bantal sofa dan kaligrafi yang mengisi bagian dinding. Kehadiran standing lamp juga mendukung suasana menjamu tamu menjadi lebih tenang dan hangat.


Ruang tengah

Pada ruang tengah rumah terbaru ini nampak lapang, karena keseluruhan pembagian ruang tidak menggunakan pembatas dinding dan pintu secara penuh. Bagian tengah untuk akses keluar masuk ruangan lainnya dibuat terbuka dengan lubang pintu yang terbuka di antara dinding. Sehingga aktifitas anggota keluarga akan lebih terkesan harmonis dan efisien. Terlihat adanya penempatan set dining table yang diletakkan di tengah dengan penerangan lampu temaram yang bisa dirasakan dari segala sudut.


Dapur 

Bersebalahan dengan ruang makan terdapat kitchen room yang dilengkapi interior utama yaitu kitchen set yang dibuat secara costum dari material finishing kemarik granit putih dengan corak permukaan abstrak dan mengkilau selaras juga pada bagian backplash. Nuansa putih yang mendominasi kitchen room menjadi lebih nyaman dan menarik berkat kombinasi material kayu dan tirai biru yang cantik dan menonjol. Pembuatan kitchen set ini berukuran 2,5 x 3 m mengisi sudut space sebelah kanan belakang yang kosong agar lebih fungsional.


Laundry room

Di sebelah kiri sudut ruang belakang yang sejajar dengan kitchen dan dining room terdapat area laundry semi outdoor.  Berukuran 1,5 x 3 m cukup luas dan memanjang untuk aktifitas mencuci dan menjemur di area indoor. bagian atap di tambahkan glass block dengan teralis besi sebagai pencahayaan ketika menjemur. Sedangkan bagian lantai di desain dengan keramik bermotif mozaik nuansa cream yang membuat suasana menjadi lebih sejuk dan tenang.



Denah ruang

Berikut ini merupakan pembagian ruang rumah yang memiliki luas tanah 14 x 19 m dan luas bangunan 9 x 11 m beserta ukurannya dengan penjabaran sebagai berikut :

Ruang tamu berada di bagian tengah antara 2 kamar tidur dengan ukuran living room 3 x 6,5 m. Sedangkan untuk ukuran kamar tidur 1 sebelah kiri depan 3 x 3 m bisa digunakan untuk kamar tamu, kamar tidur utama sebelah kanan depan dengan fasilitas bathroom dalam seluas 6,5 x 3 m. Lanjut ke kamar anak bagian tengah berukuran 2,5 x 2,5 m. Kamar mandi dan tempat wudhu berukuran 2 x 3 m bersebalahan langsung dengan mushola minimalis dengan ukuran yang sama yaitu 2 x 3 m. Bergeser ke space kanan terdapat ruang keluarga dengan teras samping seluas 3 x 3 m. Sedangkan untuk ruang belakang terdapat area kitchen 2,5 x 3 m, ruang makan di bagian tengah yang terbuka dan laundry 1,5 x 3 m.

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Junior Emen Abdullah

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.