Desain dan Denah Rumah Mungil Ukuran 6 x 15 M Tampil lebih Modern dan Enak di Pandang

 

Homeshabby.com -- Hai bund, jangan lupa selalu jaga kesehatan ya. Kali ini Homeshabby.com akan membagikan ulasan menarik mengenai desain dan denah rumah berukuran terbatas seluas 6 x 15 m dengan tampilan eksterior yang tidak akan hilang di makan zaman, karena desainnya yang menggunakan permainan warna dan material tidak tergantung dengan trend yang sedang berkembang. Penasaran seperti apa ? Berikut penjabaran lebih detailnya :

 

Tampak depan rumah dengan pagar pembatas

Desain eksterior rumah mungil dengan pagar pembatas tidak membuat bagian teras terasa tertutup, karena pemilihan material dan model pagar yang menyesuaikan konsep guna menyiasati keterbatasan lahan yang ada. Bagi hunian kecil banyak memilih sliding gate dengan material besi hollow berwarna netral yang dikombinasikan dengan besi perforated yaitu jenis besi pembatas dengan permukaan lubang-lubang kecil yang membuat fasad terasa lebih luas dan ringan. Selaras juga dengan pagar sisi lainnya, menggunakan tembok roster sebagai akses sirkulasi udara masuk ke dalam rumah namun privasi juga tetap terjaga.

 

Tampak samping depan

Membuat ruangan dalam rumah agar terasa lebih luas dibandingkan ukuran aslinya, salah satu caranya yaitu memaksimalkan pencahayaan dari luas. Sehingga baik ventilasi di bawah atap maupun jendela panjang di bagian depan serta pewarnaan cat dinding yang netral dapat mendukung adanya pantulan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Kusen ventilasi bisa anda serasikan dengan konsep atau gaya hunian sesuai selera keluarga. Agar tidak terlalu panas, material batu alam atau marmer bisa anda desain untuk melapisi bagian sisi dinding teras lebih estetik.

 

Tampak bagian atap rumah ukuran 6 x 15 m

Rumah mungil ukuran 6 x 15 m ini tampil modern berkat penggunakan atap yang sesuai dengan perkembangan zaman. Modelnya minimalis berbentuk pelana dengan genteng beton flat yang dikolaborasikan dengan kanopi glass temperad 9 mm yang melindungi bagian carport sekaligus bisa menyamarkan pantulan cahaya secara tidak langsung. Genteng beton flat dengan corak warna abu-abu yang alami bisa membuat tampilan bangunan menjadi lebih elegan, keunggulan yang dimiliki memberikan penghawaan di dalam rumah juga lebih adem yang nyaman.

 

Tata letak ruang rumah

Pembagian ruang di dalam rumah mungil ini lebih memperhatikan dari segi privasi penghuni rumah. Living room di bagian depan terpisah dengan ruang keluarga yang terhalang oleh bentuk bangunan L. Namun walaupun begitu, rumah ini memiliki 2 pintu utama yaitu terdapat di living room dan family room di belakang carport sehingga lebih efisien. Memiliki 2 kamar tidur, posisi kamar tidur anak di bagian depan dan kamar tidur utama di bagian belakangnya. Ruang belakang digunakan untuk kamar mandi, laundry room dan gudang untuk ruang serbaguna sekaligus penyimpanan barang agar lebih rapi.

 


 

Denah ruang

Berikut ini merupakan denah pembagian ruang beserta ukuran lebih detailnya. Di antaranya : 

Carport berukuran 3 x 5 m, teras rumah 3 x 2 m, ruang tamu dengan sudut leter L seluas 3 x 3 m, ruang keluarga 4,7 x 3 m menyatu dengan kitchen dan dining room di belakangnya yaitu 2,7 x 2,5 m dan gudang bagian belakang 2 x 1,5 m. Untuk ruang privasi terdapat 2 kamar tidur yaitu kamar anak di depan 3 x 3 m dan kamar utama 3 x 4 m. Ruang belakang terdapat 2 kamar mandi yang memiliki pintu masuk yang berbeda, satu untuk publik 1,5 x 1,5 m dan satunya untuk privasi yang di satukan dengan kamar tidur utama seluas 1,5 x 2 m.

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis      : Imka
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Noman_desainrumah


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.