Desain dan Denah Rumah Minimalis Terlihat Kecil di Lahan 9 x 12 M dengan Dapur Cantik Ukuran 2,5 x 2 M Saja

Desain dan denah rumah minimalis terlihat kecil di atas lahan 9 x 12 m dengan dapur cantik ukuran 2,5 x 2 m saja

 

Homeshabby.com -- Hello bunda cantik, apa kabar? semoga sehat selalu. Di kesempatan kali ini Homeshabby.com akan membahas mengenai desain dan denah rumah minimalis dengan luas bangunan 9 x 12 m. Rumah dengan paduan warna cream, abu dan putih yang elegan dan tentunya pembagian ruangannya tidak terlalu sempit dan tidak juga kebesaran. Memiliki dapur cantik yang hanya berukuran 2,5 x 2 m namun didekorasi dengan tata storage yang baik tentu memberikan kenyamanan bagi bunda saat memasak. Lanjut ke bagian detail fasadnya di bawah ini !


 

Nampak depan rumah minimalis di lahan 9 x 12 m

Desain rumah sengaja dibuat tanpa adanya pagar pembatas untuk memberikan kesan lapang dan luas pada tampilan depan rumah, namun jika mengantisipasi posisi hunian yang harus menghadap ke arah matahari yaitu timur dan barat. Anda bisa menambahkan pagar minimalis dengan material batu alam atau besi hollow yang dipercaya dapat mereduksi panas yang terlalu ekstrim serta dapat melindungi bagian rumah secara maksimal. Aksen dinding di bawah atap finishing marmer travertine  dengan guratan cantik alami berwarna cream yang dipadukan dengan ventilasi kaca glass berangka uPVC yang modern, hal ini selaras dengan kusen jendela di bagian dinding teras. 


Nampak samping depan

Aksen marmer dengan permainan garis horizontal menjadi focal point dari fasad rumah minimalis yang terlihat lebih kecil ini. Material marmer yang dikombinasikan dengan warna eksterior abu-abu dan putih mampu membuat suasana fasad menjadi lebih adem, tenang dan tampilan juga semakin menawan. Di bagian carport menggunakan pelindung kanopi berbentuk V dengan kerangka baja ringan berwarna putih senada dengan konsep rumah yang minimalis dan terkesan luas pada bagian halaman depan.


Nampak atap rumah minimalis 9 x 12 m

Pada bagian atap menggunakan beton flat dengan bentuk atap pelana yang dipercaya lebih mudah pemasangannya dan materialnya lebih hemat biaya di bandingkan bentuk atap lain. Di kombinasikan dengan kanopi glass tempered 9 - 12 mm yang tahan cuaca serta dak cor sebagai pelindung teras dan penempatan tangki air di bagian belakang. 


Tata letak ruang

Pada desain rumah minimalis terlihat kecil di lahan 9 x 12 m ini memiliki kapasitas ruang yang lega, karena bagian living room dan family room di buat open plan guna meminimalisir ruang yang terbatas. Agar kesan ruang tidak terlalu sesak, maka terdapat bukaan jendela besar di bagian depan serta samping rumah agar penghawaan taman bisa masuk ke area interior ruang dan suasanapun menjadi lebih homey. Agar lebih efisien, bathroom di tempatkan di antara 2 kamar tidur dengan posisi pintu yang berhadapan, sehingga aktifitas juga akan semakin nyaman.


Tata letak eksterior dan interior ruang

Seperti di jelaskan pada judul artikel, rumah ukuran 9 x 12 m ini memiliki dapur cantik yang diposisikan di ruang belakang di satukan dengan area teras samping belakang dan taman yang luas. Sehingga walaupun hanya berukuran 2,5 x 2 m tidak akan berpengaruh negatif untuk aktifitas, dapur tidak akan terkesan sempit berkat bukaan pintu kaca dan ventilasi udara yang lebar menyatukan cuaca dan udara sejuk ke dalam dapur. 

Bagian teras samping belakang juga bisa anda fungsikan sebagai area laundry dan jemur outdoor, karena ruang mencuci tidak membutuhkan tempat yang luas namun cukup untuk memaksimalkan fungsi dan kenyamanan. 



 Denah rumah

Pada denah rumah terdapat carport berukuran 4,5 x 5 m, taman depan membentang sampai belakang rumah seluas 4,7 x 12 m yang terlihat rumput hijau dengan pekarangan yang luas. Masuk ke area dalam rumah terdapat ruang tamu dan ruang keluarga berukuran 4,5 x 3,5 m, dapur belakang berukuan 2,5 x 2 m, teras belakang 2 x 1 m. Sedangkan untuk ruang sebelah kanan terdapat 2 kamar tidur yaitu 1 kamar tidur anak depan 3,5 x 2,5 m, bathroom 2 x 1,5 m dan 1 bedroom belakang 3,5 x 3 m.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor        : Munawaroh
Sumber     : Noman_desainrumah

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.