Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 7 x 13 M Terdapat 3 Kamar Tidur dengan Dapur Berbentuk Memanjang Lebih Lega

 
Homeshabby.com -- Berbagai pertimbangan ketika akan membangun rumah memang perlu anda perhatikan agar bangunan anda memiliki ketahanan kuat dalam jangka waktu cukup lama. Seperti pada desain dan denah rumah minimalis ukuran 7 x 13 m kali ini memiliki kombinasi fasad dari material yang beragam. Mulai dari batu alam yang terkesan natural hingga penggunaan hollow besi sebagai pembatas untuk bagian depan. Memperhatikan sisi lain seperti sistem resapan air hingga saluran drainase berguna untuk menunjang keseimbangan lingkungan. Fasilitas yang terdapat di bagian dalam rumah pun juga sangat cukup untuk keluarga kecil anda. Penasaran dengan desain rumah serta bagian dalam ruangnya bund. Tetap simak ya semoga bermanfaat. Berikut penjelasannya :



Tampak fasad depan rumah

Desain rumah minimalis ukuran 7 x 13 m ini terlihat kecil dari bagian fasad namun tetap tampil mewah dan lebih sejuk. Penggunaan batu alam sebagai kombinasi dinding yang berada di area teras rumah ini sedikit lebih kontras untuk memberikan dimensi yang berbeda agar terlihat stylish dan matching. Sebagai cara untuk memberikan akses udara masuk ke dalam rumah lebih terasa segar, pemilik menambahkan jalusi di atas teras agar hawa di bagian dalam tidak terasa pengap. Aksen kayu yang berguna sebagai ventilasi udara pada rumah ini pun sengaja di tambahkan agar ruangan lebih menyejukkan.



Nampak sisi kanan rumah

Sebagai cara untuk memberikan perlindungan pada bagian fasad dan ruas jalan, hollow besi ini pun digunakan sebagai pagar yang tampak senada antara eksterior rumah dengan warna putih minimalis. Pada desain rumah minimalis ukuran 7 x 13 m ini membuat elevasi rumah yang di buat lebih tinggi dari ruas jalan yang bertujuan agar air tidak naik ke rumah ketika musim penghujan tiba. Selain itu, dengan cermat pemilik menambahkan mini garden di luar pagar sejajar antara pagar carport untuk membuat rumah tampak simetris di tiap sisinya. Sebagai cara untuk mengurangi genangan air ketika musim penghujan seperti masa sekarang, anda bisa menggunakan daerah resapan air dengan taman atau tanah biopori untuk mengurangi genangan ketika debit air cukup tinggi.




Tampak atap rumah

Desain rumah minimalis ukuran 7 x 13 m seperti ini tidak jauh dari penggunaan atap mode pelana untuk memberikan dimensi pada hunian lebih berisi namun tetap terlihat stylish. Kombinasi atap pelanan pada rumah ini pun tampak di buat berbeda di masa bangunan bagian depan, karena sedikit di tambahkan lekukan untuk menyeimbangkan bentuk dari rumah itu sendiri. Lain hanlnya dengan bagian carport yang lebih memilih kanopi kaca sebagai cara untuk memberikan kesan terbuka dan lebih terlihat elegan meskipun terdapat pada rumah minimalis.


Pembagian ruang

Meskipun desain rumah minimalis ukuran 7 x 13 m ini terbilang tidak terlalu besar, namun rumah ini memiliki pembagian fasilitas di dalamnya yang cukup cermat dan tepat. Penataan carport yang terdapat di bagian depan ini tampak open space dengan taman dan teras yang lebih menyegarkan. Memasuki bagian dalam rumah, anda akan menemui ruang tamu yang berada di area paling depan dan terlihat dengan ruang keluarga di belakang. Di belakang ruang keluarga ini pun terdapat dapur yang tampak kecil memanjang namun tetap terasa lega berkat ventilasi yang di letakkan di bagian depan. Dua kamar anak pada rumah ini di pisahkan oleh satu kamar mandi yang terdapat di tengahnya. Kamar utama yang berada di bagian belakang rumah ini pun tampak terbuka dengan halaman belakang rumah serta area laundry room.




Denah serta ukuran

Meskipun desain rumah minimalis ukuran 7 x 13 m ini tampak mungil, jangan salah ya bund. Penataan ruangnya sangat tepat dengan ukuran yang pas, berikut penjelasannya :

Area paling depan pada rumah ini memiliki taman berbentuk letter L ukuran 4.25 x 4.5 m, teras ukuran 1 x 1.75 m dan carport berukuran 2.75 x 4.5 m. Memasuki bagian dalam rumah terdapat ruang tamu ukuran 2.5 x 2.75 m dan ruang keluarga ukuran 2.75 x 4.25 m yang open space dengan ruang makan. Terdapat dapur di belakang ruang keluarga ukuran 4.25 x 1.5 m dan satu kamar mandi di belakangnya ukuran 1.5 x 1.6 m. Terdapat dua kamar tidur anak ukuran 3.25 x 2.25 m dan kamar mandi di tengahnya ukuran 1.25 x 1.6 m. Master bedroom yang berada di bagian belakang pada rumah ini berukuan 2.75 x 2.75 m yang dapat terlihat dengan halaman  belakang rumah ukuran 2.65 x 2.75 m dan laundry room ukuran 2.75 x 1.6 m.


Semoga desain rumah minimalis ukuran 7 x 13 m kali ini dapat menginspirasi anda dan bersemangat lagi untuk mewujudkan keinginan membangun rumah bersama keluarga tercinta. Jangna lupa share ke kerabat dan suami tercinta ya bund. Semoga bermanfaat.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Abba Arch



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.