6 Solusi Agar Teras Rumah Tidak Banjir dengan Taman Meresap Air

 

 
Homeshabby.com -- Memasuki musim penghujan seperti ini tak jarang beberapa daerah sering mengalami kebanjiran karena curah hujan yang cukup tinggi. Hal ini tentu sangat meresahkan anda jika air dapat masuk ke dalam rumah karena bagian fasad yang sama tingginya dengan jalan. Berbagai cara tentu sudah anda lakukan agar hal tersebut dapat terhindar. Namun, apa jadinya jika yang anda lakukan kurang tepat untuk menanggulangi hal tersebut. Beberapa inspirasi berikut ini akan membantu anda dalam mengurangi terjadinya genangan air masuk ke dalam rumah tanpa perlu banyak cara. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabarannya. Semoga bermanfaat ya bund.


Meninggikan permukaan teras


Teras by : najah.amaliyati

Salah satu cara yang bisa anda coba untuk menghindari bagian teras rumah agar tidak banjir ketika musim penghujan adalah dengan meninggikan permukaan teras dari biasanya. Dengan cara meninggikan bagian teras serta menambahkan beberapa anak tangga agar tidak memberi jalan air masuk ke dalam rumah. Agar bagian teras rumah dapat terlihat menyegarkan dan sejuk, beberapa tanaman yang mengelilingi area teras ini bisa anda letakkan untuk menambah daerah resapan air. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir jika musim penghujan tiba. 


Menggunakan paving block

Teras by : nurulwulandari13

Area teras rumah merupakan bagian yang paling utama di fasad, namun hal ini dapat membuat anda semakin resah jika terjadi genangan dan lumpur naik ketika musim penghujan. Cara berikut ini bisa anda gunakan di bagian halaman depan atau carport dengan menggunakan paving block pada area terbuka sebagai tempat resapan air hujan. Tak hanya dengan paving block saja, kombinasi rumput hias sebagai penutup lahan juga bisa anda coba agar dapat memanfaatkan daerah resapan air semakin maksimal. Dengan begitu, anda akan merasa nyaman berada di sekitar rumah dan tidak perlu khawatir jika air akan naik ke teras karena memiliki daerah resapan air di bagian depan secara luas.



Gunakan mini garden di depan rumah


Teras by : titik_suprianto

Salah satu cara yang paling efektif untuk anda terapkan di rumah ketika musim penghujan tiba ataupun untuk menambah kesegaran di bagian depan rumah, mini garden seperti ini bisa anda coba. Mini garden yang berada di rumah minimalis ini sangat membantu untuk resapan air ketika musim hujan tanpa harus khawatir air akan masuk ke dalam rumah. Lahan yang tertutupi dengan rumput hias ini sangat membantu menambah hawa segar masuk ke dalam rumah dengan kombinasi pohon cemara yang rindang.



Gunakan batu koral sebagai penutup lahan


Teras by : tamanrumahmungil

Cara simpel yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah genangan air ketika hujan tiba dengan lahan yang tertutup batu koral seperti ini menjadi alternatif yang tepat untuk di coba. Kombinasi mini garden yang berada di depan rumah memang sangat membantu dan menahan masuk ke dalam rumah, karena air meresap langsung ke dalam tanah. Hal itu sangat membantu tanaman di bagain depan untuk pertumbuhan, tak hanya itu saja batu koral pun juga bisa anda gunakan sebagai dekorasi yang lebih estetik untuk pelengkap bagian fasad pada rumah ini.


Membuat sumur resapan atau biopri


Teras by : desainrumahyuk

Salah satu penyebab banjir yang sering terjadi ketika musim penghujan adalah, kurangnya daerah resapan air ke dalam tanah. Maka dari itu, hal ini bisa anda atasi dengan menambahkan sumur resapan atau biopri di bagian fasad rumah. Hal ini mampu memberikan keleluasaan air untuk meresap ke tanah tanpa khawatir akan terjadi genangan, anda bisa menemukan alat bantu ini di pasaran untuk membuat bentuk biopri yang seperti bor tanah sehingga akan jauh lebih memudahkan ketika memasangnya.


Jangan menutup saluran drainase


Teras by : yoppi7725

Penggunaan saluran drainase atau selokan yang biasanya berada di rumah memang sering kita jumpai. Tak hanya untuk menyalurkan limbah dari dapur dan kamar mandi, saluran drainase di bagian depan rumah juga sangat bermanfaat untuk mengalirkan air yang berada di selokan atau yang tergenang di sekitar rumah agar dapar langsung mengalir ke sungai. Untuk menjaga kebersihan drainase anda hanya perlu membersihkan dari sampah yang tersumbat agat tidak menjadi sarang penyakit.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.