6 Desain Sekat Ruang Kreatif dan Elegan yang Nggak Menguras Kantong

Gambar : @tata.oktavia

Homeshabby.com -- Berbagai cara untuk menyiasati ruang terbatas, membaginya menjadi beberapa fungsi ruang yang berbeda namun tanpa membuatnya terlihat sempit, yaitu dengan menambahkan penyekat ruangan. Di bandingkan dinding pemisah yang bersifat permanen, sekat ruang lebih fungsional dan efisien. Anda juga tidak perlu khawatir karena sekat ruangan yang cantik dan elegan bisa anda hadirkan dengan biaya yang tidak menguras kantong. Dengan sedikit kreativitas, inilah 6 desain sekat ruang kreatif dan elegan yang bisa anda pilih !

 

1. Sekat ruangan berbentuk storage rak yang multifungsi


Gambar : @nuna.el_ibam

Kreativitas dalam mendesain ruang itu sangat diperlukan, misalnya saja memanfaatkan rak atau lemari terbuka sebagai penyekat ruangan. Untuk mengaplikasikan furniture ini sebagai pembatas antar ruang, anda bisa menempatkannya di antara ruang berbeda atau menempel salah satu sisi ke bagian dinding tergantung dengan tata letak, bentuk ruang dan konsep yang anda pilih. Rangkaian box storage bisa anda dekorasi sebagai tempat peletakkan tanaman hias atau pernak-pernik yang mempercantik ruangan anda.

 

2. Sekat dari material besi perforated dan tali tambang yang estetik 

Gambar : @destra.yuris

Terkadang tidak perlu menggunakan material mahal dan rumit untuk membuat penyekat ruangan yang menarik dan elegan. Seperti dengan menambahkan rangkaian tali tambang pada bagian atas sekat dari bahan besi perforated dengan ciri khas lubang-lubang berukuran kecil. Tali tambang dan tatanan planter mungil yang rapi bisa menambahkan keberadaan sekat besi menjadi lebih hidup dan tidak monoton. Ruang juga lebih terkesan lega dan menyatu, membuat kreativitas pada sekat besi menjadi lebih menonjol. 

 

3. Penyekat ruang dari batang bambu kuning


Gambar : @miiayuda

Untuk memberikan kesan alam, batang bambu kuning menjadi alternatif pilihan sebagai bahan sekat ruang yang tidak menguras kantong. Anda bisa menyusun batang bambu secara acak dan bercelah agar ruang sempit terkesan lebih lega dan bergaya. Kombinasikan sekat ruang bambu ini dengan lighting tersembunyi untuk keserasian visual yang menarik mata. 

 

4. Partisi ruang dari bingkai jendela bekas


Gambar : @ambaymerlinn

Mengubah barang yang tidak berguna lagi menjadi barang yang lebih bermanfaat, salah satunya yaitu bingkai jendela yang sudah tidak terpakai sebagai partisi ruang yang nampak estetik dan terbuka dari satu ruang bersama ruangan lain. Jangan ragu untuk mengecat ulang dengan warna yang sesuai dengan gaya interior rumah anda, atau bahkan bisa menambahkan kaca bening agar lebih menawan.

 

5. Panel kayu vertikal sebagai pembatas ruang yang elegan


Gambar : @rhinov_

Permainan gaya di dalam ruangan rumah anda bisa ditampilkan melalui penyekat ruangan yang disusun dari material panel kayu vertikal ini. Selain kehadirannya bisa menambah nilai dekoratif antara ruang yang terpisah juga bisa menjadi railing pengaman di area tangga. Semakin kaya fungsi, sekat ruangan dari material kayu ini bisa anda manfaatkan sebagai display tanaman mungil yang membuat suasana ruang menjadi lebih asri.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.