6 Desain Dapur Mungil yang Hemat Budget dan Nggak Makan Tempat

 


Homeshabby.com -- Tempat yang bisa dikatakan sebagai jantung suatu rumah ialah dapur. Dapur menjadi pusat  dimana masakan diolah untuk seluruh pengguni rumah. Agar kegiatan ketika di dapur menjadi nyaman maka perlu diperhatikan dalam mendesain dapur yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman. Memiliki ukuran dapur yang mungil pun bukan suatu masalah karena dapat dikreasikan secantik mungkin dan hemat biaya. Dekorasi yang tepat membuat dapur menjadi maksimal penggunaannya dan nggak makan tempat. Kali ini Homeshabby.com akan mengulas tentang 6 desain dapur mungil yang hemat budget dan nggak makan tempat. Yuk simak ulasannya, semoga bermanfaat dan menginspirasi.




Gambar: IG @aa.home

Mendesain dapur dengan nuansa tertentu membuat dapur menjadi lebih menarik, misalnya menggunakan nuansa hitam putih dipadukan dengan kabinet berbahan dasar kayu sehingga dapur terlihat rustic. Dapur dengan ruang yang terbatas dan tidak memiliki kabinet atas dapat disiasati dengan menggunakan rak ambalan dengan gaya yang stylish. Agar nuansa monokrom lebih terasa, Anda dapat mengaplikasikan warna hitam putih pada area backsplash dan lantai.
 


Gambar: IG @dilahomedecorlover

Dengan ukuran 2 x 2 meter Anda sudah bisa memiliki dapur dengan performa yang mumpuni, terdapat kabinet atas, kabinet bawah, wadah gas stove dan sink area. Agar dapur ini terasa lebih luas, dapat diaplikasikan tipe dapur letter L, selain terasa luas dapur tipe ini juga memudahkan ketika akan berpindah posisi. Kemudian teralis besi pada bagian jendela juga dapat dimanfaatkan sebagai gantungan peralatan masak. 

 


Gambar : IG @ovieekaoru

Hadir dengan dinding warna putih dan kitchen set warna putih pula menghadirkan kesan lebih luas pada area dapur. Pada bagian kabinet atas menggunakan kaca yang berfungsi untuk memudahkan ketika akan mencari sesuatu, efek kaca juga membuat dapur terasa luas. Selain kabinet atas, Anda juga dapat menambahkan rak ambalan berlayer dan juga dapat menambahkan keranjang gantung untuk meletakkan barang. Adanya dekorasi pada area backsplash jenis subway bevel membuat dapur menjadi semakin ciamik.
 


Gambar: IG @rumah.sasy

Untuk menghemat tempat, solusi menjadikan area dapur dengan ruang makan adalah pilihan yang tepat. Ruangan yang mungil bisa menjadi ruang fungsional dengan penataan yang sesuai, Anda bisa menata kitchen set dengan tipe linear pada salah satu sisi dinding kemudian sisa ruang yang ada dapat digunakan sebagai ruang makan dengan meja dan kursi minimalis.
 


Gambar: IG @samantha_kurnia

Mengaplikasikan tema cerah dan ceria bisa menjadi pilihan ketika mendesain dapur mungil untuk rumah Anda. Tema floral bisa diterapkan pada gorden kolong dapur ketika Anda memilih untuk tidak menggunakan kabinet bawah. Selain lebih simpel, penggunaan kolong ini menjadi lebih hemat biaya. pada karpet lantai juga dapat diterapkan tema floral agar dapur lebih cantk. Kitchen set yang digunakan ialah tipe linear dan ada bagian top table dapat dirancang ketinggiannya sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih indah, jangan lupa menambahkan hiasan frame pada area backsplash.
 


Gambar: IG @vella_velz

Kitchen set tanpa kabinet atas bukan menjadi masalah ketika aka menyimpan sesuatu karena Anda masih dapat memanfaatkan kabinet bawah yang memiliki sel tersendiri. Anda dapat mengganti kabinet atas dengan rak susun maupun rak ambalan untuk meletakkan perlengkapan dan bumbu dapur. Menambahkan tanaman hias seperti sansivera dan monstera pada dapur juga menambah asri ruangan.
 

Bagi Anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.


Penulis     : Lusiana
Editor      : Munawaroh
Sumber    : Berbagai sumber

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.