Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern dengan Daerah Resapan Air yang Maksimal

 

Homeshabby.com -- Memiliki rumah idaman ukuran 9 x 11 m di desain dengan konsep yang minimalis terkesan sederhana, namun tetap memberikan unsur modern dari pemilihan material serta interior pada sebuah rumah memang di perlukan. Agar menjadi satu-kesatuan yang terlihat harmonis, desain rumah seharusnya memang di lengkapi dengan beberapa elemen seperti daerah resapan air atau drainase pembuangan. Melihat kondisi saat ini, rumah idaman dengan gaya minimalis masih menjadi pilihan menarik untuk pasangan muda atau beberapa orang. Selain di gunakan sebagai hunian rumah juga bisa menambah aset investasi anda di masa mendatang. Berikut ini akan kamj bagikan mengenai desain rumah minimalis modern yang bisa anda gunakan untuk keluarga tercinta, simak ya bund semoga bermanfaat.




Nampak fasad depan rumah

Terlihat bagian fasad pada rumah ini yang terkesan lapang, berkat penggunaan pagar setinggi setengah badan orang dewasa tanpa keseluruhan. Selain dengan pemilihan eksterior yang minimalis dengan warna netral seperti abu-abu dan putih, rumah ini tetap menampilkan kesedrhanaannya yang terlihat dari bagian dinding tanpa mengaplikasikan ornamen ataupun elemen tambahan lainnya. Untuk memanfaatkan pencahayaan dan udara yang lebih leluasa, pemilik rumah menambahkan ventilasi udara dengan jendela pada bagian kanan rumah, serta penggunaan pintu garasi yang terkesan terbuka secara keseluruhan. Agar lebih menyatu dengan alam, anda bisa menggunakan eksterior  dari bahan alami seperti kayu untuk kusen pintu dan jendela. Sehingga rumah ini tetap tampak asri dengan penghawaan yang menyejukkan.




Nampak sisi kanan rumah

Hunian ini menampilkan sisi kesederhanaannya yang dominan, terlihat dari penggunaan pilar pada bagian fasad dari material batu alam serta elemen lainnya dari bahan kayu. Penggunaan pilar pada rumah ini hanya meletakkan satu pilar saja yang menempel dengan pagar, agar dapat memberikan space yang cukup untuk area teras. Agar penggunaan material dari batu alam ini lebih tahan terhadap segala cuaca, megningat penggunaannya berada di outdoor anda bisa memberikan coating pernis batu alam dengan kegunaan agar air tidak masuk ke dalam pori-pori batu. Sehingga penggunaan coating pada material batu alam seperti ini sangat disarankan, agar tidak timbul lumut dan jamur. Sebagai pelindung rumah, pagar pada hunian ini sedikit menambahkan material dari roster yang tampak industrial namun berkesan minimalis tanpa di berikan pewarnaan yang lebih.





Tampak samping atas rumah

Dengan gaya minimalis modern, rumah ini memiliki space di bagian depan dan belakang untuk memberikan ruang gerak yang cukup. Agar menghindari genangan ketika hujan, rumah ini ditambahkan sedikit area untuk daerah resapan air pada bagian depan teras dengan tanaman atau sekeder rumput hias untuk menutupi lahan yang akan terlihat lebih segar. Untuk pembatas pada bagian fasad rumah ini di aplikasikan pagar yang membuat suasana lebih privasi, namun tetap terkesan terbuka yang terlihat dari area carport tanpa penggunaan pagar. Agar memberikan tampilan yang menarik dan sebagai perlindung dari sinar matahatri juga hujan, anda bisa menambahkan kanopi kaca pada area carport yang tampak lebih stylish dan fungsional. Begitu juga depan area teras pada rumah ini menambahkan topi-topi dari dak cor beton yang dapat mengurangi hawa panas masuk ke dalam ruangan serta percikan air ketika musim hujan.





Tampak fasad atap rumah

Terlihat tampilan atap pada rumah ini yang menggunakan model atap pelana dari bahan genteng flat beton yang semakin kental dengan gaya minimalis modern. Karena rumah ini berkonsep minimalis modern, agar lebih terasa menyatu dengan keseluruhan area maka penggunaan eskterior atap ini pun di bubuhkan warna netral yang terkesan lebih minimalis. Namun apabila anda menginginkan tampilan yang berbeda atau memberikan dimensi lebih berwarna, anda bisa mengubah warna genteng flat beton ini menyesuaikan konsep dari rumah yang di miliki agar terlihat eye cathing dan stylish.





 Tampak belakang rumah dari atas

Rumah ini memang hanya memiliki satu lantai saja dengan ukuran minimalis dengan tetap memberikan tampilan yang terlihat modern. Area belakang pada rumah ini memiliki space yang cukup mungil, terlihat dengan penataan kitchen set di bawah tangga secara open space. Sehingga penataan kitchen set yang di letakkan dia area ini mampu memaskimalkan udara dan pencahayaan agar memberikan ruang gerak secara cukup tanpa sesak. Untuk memudahkan akses menuju ke area tangki air, pada area ini di tambahkan tangga untuk menuju ke atas yang memberikan kesan unik lain dari desain sebelumnya.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Media.Mirza



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.