6 Desain Model Kanopi Kayu Bikin Hunian Teduh dan Nyaman

 

Homeshabby.com -- Kanopi adalah pelindung atap yang sering di gunakan untuk bagian taman atau carport pada rumah. Penggunaan kanopi dari material yang beragam seperti kaca, polikarbonat, alderon, solar tuff hingga dari bahan alami kayu masih menjadi pilihan banyak orang untuk mendekor fasad rumah semakin tampil stylish. Untuk anda yang menginginkan tampilan fasad rumah lebih natural dan ekonomis, dengan penggunaan kanopi kayu di area carport atau taman bisa anda pilih untuk menampilkan suasana yang lebih teduh dan hangat. Beberapa desain model kanopi kayu berikut ini akan kami bagikan untuk anda menambah inspirasi mengenai eksterior rumah. Ulasan lebih jelasnya simak ya bund, semoga bermanfaat.



Kanopi kayu dengan rangka besi

Sumber : Ig (@rumahkoe_id)

Mengkombinasikan dua material yang berbeda bisa menjadi pilihan apabila menginginkan tampilan modern pada sebuah rumah. Seperti yang terlihat pada kanopi berikut ini, menggunakan besi untuk bagian rangka dengan ketahanan yang kuat dan kokoh. Sehingga penggunaan besi untuk rangka kanopi mampu membuat eskterior pada halaman di rumah anda semakin nyaman. Selain untuk melindungi dari paparan sinar matahari secara langsung, kombinasi dua material seperti ini mampu meberikan kesejukan dengan udara yang maksimal tanpa hawa sesak.



Kanopi kayu di area taman


Sumber : Ig (@rumahkoe_id)

Selain di gunakan untuk area teras, kanopi dari bahan kayu seperti ini bisa anda letakkan di area taman belakang atau samping rumah. Memberikan kesan yang lebih natural dan alami dari material kayu dengan aksen vertikal di bagian atas pada kanopi ini lebih berdimensi secara keseluruhan. Untuk menambahkan kesejukan yang segar pada area ini, anda bisa menambahkan tanaman merambat seperti sirih gading atau bunga terompet yang dapat mempercantik suasana dengan kesan yang lebih menyegarkan.




Kanopi dengan kayu modern


Sumber : Ig (@rumahkoe_id)

Memanfaatkan area ruangan atau lorong pada sebuah rumah dengan gaya rustic yang dominan lebih kental, anda bisa mengggunakan penutup atap dari bahan kanopi dengan rangka besi seperti ini. Selain memberikan perilundungan dari air hujan, penggunaan kanopi kayu dengan rangka besi seperti ini mampu menambah estetik yang terlihat menyatu secara keseluruhan ruang. Untuk menambahkan elemen pelengkap agar terlihat manis, anda cukup menambahkan kursi malas serta beberapa tanaman yang membuat suasana di area ini semakin segar dan terang.




Kanopi kayu dengan kaca solar tuff


Sumber : Ig (@semarangwoodandsteel)

Penggunaan kanopi kayu yang di kombinasikan dengan material kaca solar tuff pada rumah ini mampu memberikan tampilan yang elegan dan menawan. Solar tuff itu sendiri memiliki kelebihan tidak mudah terbakar, membuat area lebih dingin hingga materialnya yang lebih kuat dari kaca. Maka, kombinasi dua material kayu dan kaca solar tuff untuk area teras rumah memang sangat di rekomendasikan, selain melindungi dari air hujan dan panas matahari anda tetap bisa merasakan area di rumah ini dengan suasana yang sejuk tanpa kepanasan, karena kaca solar tuff ini tahan terhadap sinar ultraviolet.



Kanopi kayu dengan kaca polikarbonat

Sumber : Ig (@rumahkoe_id)

Dekorasi carport pada rumah ini terlihat cantik bukan bund ? Dapat dilihat dari penggunaan kanopi kaca yang di kombinasikan dengan bahan kayu tampil manis dan menawan seperti yang terlihat. Selain mengkombinasikan kanopi untuk material  atap nya, rangka kanopi pada carport ini juga terlihat unik dari material yang dikombinasikan antara kayu dan cor beton dengan ketahanan yang kuat. Model kanopi untuk carport rumah agar tampil lebih manis dan menawan seperti ini bisa anda coba untuk hunian impian.



Kanopi kayu dengan rangka cor-cor an semen

Sumber : Ig (@semarangwoodandsteel)

Desain model kanopi yang terakhir ini mengkombinasikan antara kayu dan cor-cor an semen yang terlihat manis dengan kesan harmonis tampil secara keseluruhan. Dapat terlihat penggunaan kayu untuk atap kanopi ini lebih pada estetik yang menambah kesan pada rumah ini semakin terlihat natural. Agar tidak tampil monoton dengan bahan kayu, anda bisa meletakkan tanaman merambat di area atap yang dapat menambah suasana semakin sejuk dan menyegarkan.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.