Inspirasi Desain Interior Rumah Desa Modern dengan Nuansa Alam yang Menyejukkan

 

Homeshabby.com -- Hai bund, ingin berencana membangun hunian di desa atau jauh dari kondisi kota yang rentan polusi? Suasana desa menawarkan hawa tenang dan membuat keluarga anda merasa lebih damai dan fresh. Desain interior dan eksterior rumah pun akan di sesuaikan dengan lingkungan yang ada, menggunakan material yang ramah lingkungan, namun tetap dipadukan dengan unsur modern yang timeless. 

Bagian fasad bisa menggunakan pagar woodplank yang tersusun vertikal dengan warna kayu yang khas serta berangka besi hollow dan ukurannya yang tidak terlalu tinggi guna memberikan kesan teras lebih lapang. Agar nuansa alam tetap terjaga, anda bisa menambahkan rak tanaman melebihi tinggi pagar untuk meletakkan planter Terrakota yang bisa di pandang dari segala sisi.


Living room

Hunian ini mempunyai pintu samping sebagai pintu utama yang di satukan dengan taman minimalis semi outdoor menuju ruang tamu. Rumah desa yang berukuran terbatas membuat penghuni menerapkan konsep open plan untuk beberapa ruang, living room bernuansa abu-abu ditampilkan dari pemilihan wallpaper dinding, sofa long seater dan berbagai ornamen lainnya. Ruang terbuka terasa semakin nyaman dan sejuk berkat penghawaan taman samping serta dekorasi tanaman yang tersusun pada rak kayu. Tanaman "sri rejeki"  cocok untuk menghiasi ruang tamu dengan konsep rumah desa seperti ini, karena daunnya yang berwarna gradasi putih hijau mampu mempercantik ruangan yang terkesan simple.

 

 

TV room

Bergeser ke ruang TV di elemen bidang yang sama dengan living room hanya berbatasan dengan adanya sofa panjang di bagian tengah untuk dudukan saat berkumpul bersama keluarga sambil menikmati tontonan TV kesukaan. Tatanan dan pemilihan furniture terbilang sederhana, dilengkapi karpet lantai untuk kesan santai, backdrop TV dengan berbagai storage barang dan aksesoris ruang. Selain itu, bracket TV bertujuan agar bisa dinikmati dari segala arah, apalagi konsep ruang ini yaitu open plan jadi walaupun dari living room TV tetap bisa terlihat. Bunga anggrek menjadi pilihan menarik untuk menghiasi sudut ruang agar terkesan lebih hidup.

 

Dining and kitchen area

Beralih ke desain interior dapur dan dining room yang menjadi favorit para bunda di rumah. Pada rumah desa modern ini memiliki tatanan interior dapur yang kental dengan suasana pedesaan yang sejuk, hangat dan natural. Berukuran 3 x 4 m, kitchen set mungil di buat secara costum mengisi bagian sisi dinding bagian belakang dengan material keramik putih dan pintu kabinet dari kayu jati yang sederhana, ruang penyimpanan terbuka di pilih untuk memberikan kesan dapur lebih lega dan efisien. 

Menggunakan material kayu unfinished baik dari set dining, maupun mini bar yang sekaligus sebagai sekat dengan ruangan lainnya. Sedangkan untuk penerangan cahaya di siang dan malam hari, hanging lamp dengan kerangka anyaman bambu, lampu plafon serta adanya glass block dan ventilasi di bagian dapur yang membuat ruang semakin terang dan hangat.

 

Bedroom

Kesan pertama ketika memasuki bedroom, hal yang menarik pandangan mata yaitu bagian dinding yang memperlihatkan kreatifitas mural dinding, mengaplikasikan berbagai komposisi warna pastel menjadi berbagai pola garis putih yang sangat keren dan unik. Bertolak belakang dengan warna pastel, sprai dan karpet lantai bernuansa monokrom dengan corak zix-zax yang menegaskan desain kamar. Kayu jati tua dari dipan kasur dipilih karena dipercaya merupakan material yang memiliki ketahanan umur yang lama. Agar tetap terasa asri seperti ruangan lainnya, anda cukup menambahkan tanaman "sirih gading"  yang mewakili suasana desa di bedroom.

 

Taman Indoor

Hunian ini memiliki taman indoor dengan space panjang namun terbilang kecil. Lantai menggunakan keramik kerikil ekspos yang memberikan suasana alam lebih kuat, bagian atap menggunakan dak cor namun di tambahkan glass block sebagai aksen pencahayaan matahari yang menyehatkan udara di dalam taman dan ruangan lainnya. Menerapkan taman kering, sisi dinding di hiasi rumput sintetis dan tanaman rambat artificial agar terasa lebih penuh. Tampilan juga nampak colorfull berkat adanya bunga anggrek, tanaman palem dan tanaman hijau yang susun rapi pada bagian rak kayu.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis    : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber   : nenk_kumiel (instagram)

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.