Ide Dekorasi Rumah Desa dengan Tanaman Tanpa Bikin Hunianmu Jadi Hutan

 

Homeshabby.com -- Di dalam dunia desain interior rumah, salah satu trend terakhir ini adalah tropical vibe atau yang dimaksud dengan mendekorasi hunian dengan tanaman hias indoor. Kalau anda termasuk penyuka tanaman hias, anda bisa menerapkan inspirasi dekorasi rumah desa yang sederhana dengan tanaman ini tanpa takut membuat hunian menjadi terlihat seperti hutan.

Walaupun fasad rumah desa ini nampak rimbun dengan adanya tanaman rambat "lee kwan you" memenuhi sisi pagar teras, berbeda dengan desain interior ruang di dalamnya yang bikin suasana semakin menyejukkan, tidak perlu khawatir jika hunian anda juga menghadap timur ataupun barat. Penasaran seperti apa ? Mari simak ulasan menarik berikut ini :

 

Teras rumah desa

Mulai dari penataan dekorasi teras depan, cat dinding menggunakan warna torqouise yang banyak diaplikasikan apda rumah bergaya vintage modern di padukan dengan keramik warna cream sehingga kehadiran tanaman bisa menambah suasana santai di pagi dan sore hari semakin menyenangkan. Penuhi celah sisi tepi bagian teras dengan rak tanaman dengan model yang bervariatif dan tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk pemilihan tanaman bisa memilih ukuran yang minimalis sehingga tidak akan menghalangi pandangan pada tampilan teras.

 

Living room

Perpaduan dua gaya ruang sekaligus yaitu shabby chic dan rustic yang menampilkan ruang tamu kecil menjadi lebih earthy. Shabby chic di hasilkan melalui penggunaan wallpaper cantik dengan motif bunga-bunga dan pemilihan warna gorden torqouise yang menarik. Dengan desain yang terasa penuh, cukup anda menambahkan beberapa tanaman yang berukuran mungil seperti "sirih gading" untuk mengisi bagian top coffee table maupun sofa corner sehingga kesan minimalis dan comfy dari gaya ruang tidak akan hilang. 

 

TV room

Bergeser ke ruang TV yaitu tempat favorit keluarga menghabiskan akhir pekan bersama sambil menikmati tontonan televisi dengan suasana nyaman dan santai. Masih sama dengan wallpaper dinding shabby chic, namun anda tetap bisa menambahkan gaya rustik alami dengan kehadiran backdrop tv dari material kayu unfinished yang stand out. Buat juga rak khusus untuk tanaman indoor mungil yang membuat ruang pada rumah desa ini nampak jauh lebih bernuansa alam. Menyiasati space limit anda bisa menerapkan konsep lesehan dengan penerangan standing lamp dari kerangka kayu yang membuat ruangan menarik dan lebih modern.

 

Bedroom

Rumah desa ini cenderung memperbanyak ornamen berwarna hijau dengan dekorasi tanaman hijau khususnya pada bedroom, dilengkapi bed queen size dengan bed cover hijau yang mempercantik ruang bersama ornamen dinding headboard yang senada. Dipan kayu berdampingan dengan meja rias yang kental akan warna coklatnya menjadi lebih homey dan fresh berkat tanaman indoor yaitu "lidah mertua"  dan "Sri rejekisebagai dekorasi bedroom ala pedesaan.

 

Kitchen

Bikin dapur anda semakin seru dengan sentuhan warna hijau tanaman dan putih dari aksen dominan dari berbagai elemen. Cat bagian penutup kabinet dengan warna menyejukkan seperti halnya hijau yang selaras dengan ruangan lainnya. Tambahkan juga tanaman gantung di atas backplash ataupun di bagian sisi dinding lainnya. Anda bisa memilih jenis tanaman apa saja yang berukuran mungil agar kesan dapur tetap terasa nyaman dan tidak terlalu penuh.

 

Dining room

Walaupun cat dinding dan gorden masih menggunakan warna yang cerah dan mencolok, anda bisa mengombinasikannya dengan furniture kayu yang lebih kalem. Set meja makan yang terbuat dari bahan kayu akan mengubah suasana menjadi lebih hangat dan tenang. Hal paling unik dari dining room ini adalah tanaman gantung "sirih gading"  yang diletakkan di atas meja makan. Selain itu, anda juga bisa menggantung jenis tanaman rambat lainnya pada shelf. Di jamin aktifitas pun menjadi lebih menyenangkan dengan udara sejuk berkat kehadiran tanaman tersebut.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor       : Munawaroh
Sumber    : Nurulwulandari_13

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.