Desain dan Denah Rumah Ukuran 9 x 12 M dengan Material Alami yang Ramah Lingkungan

 


Homeshabby.com -- Hallo bunda, mendekati di penghujung bulan ini Homeshabby.com akan memberikan inpirasi desain beserta denah rumah ukuran 9 x 12 m yang tak kalah cantik dan menarik dari desain lainnya. Dengan luas lahan sebesar 108 m2 memiliki tampilan eskterior menawan dan hangat berkat pemilihan material alami yang ramah lingkungan. Pemilihan material bisa anda sesuaikan dengan budget serta fleksibilitas dari material itu sendiri. Selain dengan fasad yang ciamik, rumah ini memiliki ruang terbuka guna memberikan kesan lega serta untuk pemanfaataan sistem drainase dan resapan air ketika musim penghujan. Dengan begitu rumah ini terkesan lebih natural dan sehat bukan? Tanpa panjang lebar, simak ya bund ulasan berikut. Semoga bermanfaat





Tampak fasad rumah

Terlihat dari penggunaan material alami yang dominan di tempatkan untuk area fasad rumah ini dengan pemilihan eskterior yang selaras. Kesan terbuka dan tertutup menjadi satu dari tampilan rumah ini yang menggunakan pagar sebagai batas rumah serta tanpa penutup atap untuk area garden. Sebagai kombinasi yang tepat, rumah ini menggunakan bahan dasar kayu sebagai sliding gate untuk memudahkan akses keluar masuk terkesan lebih ramah lingkungan. Tampak bangunan dari lantai satu rumah ini yang menggunakan material batu alam untuk dinding secara menyeluruh. Tanpa melupakan sirkulasi udara, pemilik rumah menggunakan roster yang tersusun rapi di bagian lantai satu rumah ini, sehingga lebih memberikan udara segar dan tidak terasa pengap. 



Tampak sisi kiri rumah

Bukaan terkesan lebih banyak di letakkan di bagian lantai dua rumah ini dengan jendela kaca sebagai pencahayaan maksimal. Tak beda dengan lantai satu, rumah ini tetap menambahakn penggunaan roster yang memberikan hawa segar agar membuat sirkulasi udara dapat silih berganti secara teratur. Untuk memberikan tampilan senada, lantai dua rumah ini juga menggunakan material batu alam di beberapa titik saja yang menambah focal point pada rumah ini. Kemudian untuk memberikan perlindungan muka rumah lantai dua ini, pemilik menggunakan secondary skin dari aksen kayu dan besi yang di kombinasikan menjadi satu. Sehingga penggunaan secondary skin seperti ini mampu menghalangi panas matahari masuk ke dalam ruangan secara langsung.

Desain rumah dengan konsep yang terkesan lebih terbuka dengan penggunaan ventilasi udara dan roster ini mampu menambah hawa segar ke dalam rumah. Rumah ini memilih model atap limasan dengan material genteng flat beton agar tahan terhadap segala cuaca. Sehingga pemilihan material pun bisa di pertimbangkan dengan ketahanannya agar awet. Sebagai resapan air hujan atau drainase bagian atas, rumah ini menggunakan pipa yang di pasangkan ke dalam kolom rumah menyambung ke bawah. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir jika akan terjadi rembesan ketika hujan. Penggunaan atap untuk carport pun di pilih dengan konsep terbuka dari material kanopi kaca serta rangka hollow besi hitam senada dengan keseluruhan fasad yang terkesan lebih elegan.





Pembagian denah beserta ukuran rumah lantai 1 

Rumah ini memiliki tata letak ruang dengan pembagian ukuran pada lantai satu sebagai berikut :

Dengan ukuran 9 x 12 m rumah ini memiliki lahan yang cukup luas sebagai area carport dan garden berukuran 9 x 4 m, mini garden ukuran 4 x 1 m serta teras ukuran 1.5 x 5 m. Area indoor yang terdapat pada rumah ini antara lain, living room ukuran 2 x 3 m, kamar tidur 1 ukuran 4 x 3 m, kitchen dan ruang makan menjadi satu ukuran 3 x 3.5 m, kamar mandi umum ukuran 2 x 1.5 m serta garden di sisi kiri rumah bergabung dengan laundry room ukuran 3 x 2.5 dan garden di sisi kanan ukuran 3 x 1.5 m.





Pembagian denah beserta ukuran rumah lantai 2


Rumah ini memiliki tata letak ruang dengan pembagian ukuran pada lantai dua sebagai berikut: 

Menaiki tangga menuju lantai dua, rumah ini terdapat ruang keuarga ukuran 3 x 3.5 m serta kamar mandi umum ukuran 1.75 x 1.75 m. Terdapat kamar tidur 2 ukuran 4.5 x 3 m dan kamar tidur utama beserta kamar mandi dalam ukuran 6 x 4.5 m. Lantai dua rumah ini memiliki void area yang bisa di gunakan untuk memberikan penghawaan yang melegakan dengan sirkulasi yang lancar ukuran 1.75 x 3 m.




Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Abba_studiodesign



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.