Desain dan Denah Rumah Ukuran 8 x 12 M, 2 Kamar Tidur dengan Eksterior Vintage dan Taman depan yang Asri

Homeshabby.com -- Hai bund, terima kasih sudah setia mengikuti ulasan inspirasi menarik dari Homeshabby.com. Berbicara mengenai desain rumah yang menampilkan eksterior vintage, sangat identik dengan penggunaan material woodplank yang diaplikasikan pada lapisan dinding agar kesan panel horizontal membuat tampilan bangunan rumah semakin klasik dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Rumah ini berukuran 8 x 12 m dengan kapasitas 2 kamar tidur sehingga bisa dijadikan referensi pasangan baru menikah dan ingin merencanakan membangun rumah idaman yang cantik dengan taman outdoor yang asri. Berikut penjabarannya :

 

Tampilan depan rumah

Nampak bagian depan rumah terlihat menampilkan gaya minimalis selebar 8 meter cukup untuk dimanfaatkan sebagai area carport dan garden dengan tanaman bunga warna-warni yang menambah suasana semakin cantik dan alami. Material woodplank menjadi salah satu daya tarik yang menarik diaplikasikan pada dinding secara keseluruhan. Bisa anda finishing dengan cat metal menyesuaikan konsep rumah vintage yang khas.

 

Atap rumah ukuran 8 x 12 m

Guna mendukung eksterior vintage yang ditonjolkan, rumah bergaya minimalis bisa memilih model atap pelana yang dikombinasikan dengan dinding sopi-sopi di bagian teras. Genteng bisa memakai beton flat ataupun beton metal identik dengan permukaan yang glossy sehingga nampak selaras jika di kombinasikan dengan kanopi glass di bagian carport. Tips yang baik memilih material kaca sebagai pelindung atap, kaca tempered ketebalan 3 - 19 mm tergantung kebutuhan dan desain yang anda inginkan. Semakin tebal juga semakin baik untuk menahan beban dan perubahan cuaca.

 

Tata letak ruang

Terdapat pembagian area private dan publik, sebelah kiri difungsikan sebagai area private 2 kamar tidur dengan ukuran lebih besar di bagian depan, namun sama-sama memiliki bukaan jendela sebagai akses penghawaan taman yang menyegarkan. Dapur berada di bagian depan sebelah kanan dengan konsep open plan di bagian tengah yaitu living room dan dining room dengan pembatas pintu kaca di setiap sisi depan dan belakang. Jadi, walaupun rumah bergaya vintage ini terbilang minimalis namun tata letak ruang di dalamnya terkesan lapang dan fungsional berkat konsep dan material pembatas yang menyatukan suasana luar yang sejuk bisa di rasakan di seluruh bagian ruang.

 

Tata ruang dan eksterior

Desain rumah ukuran 8 x 12 m ini memiliki taman guna memaksimalkan lahan kosong baik bagian depan dan belakang rumah. Taman dengan rumput hijau di penuhi tanaman hias dan bunga yang ditata sedemikian rupa, guna sebagai area outdoor untuk bersantai dan berolahraga. Bagian belakang yang terbuka bisa menjadi area multifungsi yaitu area laundry dan jemur. Agar suasana menjadi lebih nyaman, atap kanopi bisa anda tambahkan guna sebagai pelindung sebagian sisi taman untuk area berkumpul bersama keluarga.

 


 Denah ruang rumah

Berikut ini merupakan denah pembagian ruang rumah berukuran 8 x 12 m yang cocok untuk keluarga baru. 

Mulai dari area taman depan seluas 5 x 5,5 m membentuk leter L, carport 3 x 5 m, ruang tamu dan dining area di bagian tengah berukuran 3 x 5 m, area dapur memiliki pintu depan yang lebih efisien 3 x 2 m, bathroom luar 1,5 x 2 m, terdapat 2 kamar tidur dengan ukuran yang berbeda yaitu kamar tidur utama di bagian depan 3 x 3 m dan 3 x 2,5 m di bagian belakangnya. Sedangkan untuk ukuran taman belakang menyesuaikan lebar bangunan seluas 8 x 2 m.

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis    : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber   : Noman_desainrumah

Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.