Desain dan Denah Rumah Ukuran 10 x 20 M dengan Eksterior Minimalis dengan Halaman Luas untuk Taman Agar Rumah Semakin Sejuk

 


Homeshabby.com -- Hallo bunda, kembali lagi dengan desain dan denah rumah yang akan kami bagikan untuk menemani di hari bahagia ini. Desain rumah kali ini memiliki ukuran yang cukup luas dengan fasilitas lengkap sebagai tempat berkumpul keluarga tercinta anda. Rumah ini memiliki lahan yang luas mulai dari depan hingga belakang. Desain seperti ini akan memberikan penghawaan yang lega dengan udara yang sejuk. Memperhatikan sistem drainase dan juga resapan air untuk bangunan memang sangat di perlukan, apalagi saat ini memasuki musim penghujan. Dengan begitu desain rumah memang perlu memperhatikan elemen-elemen yang lain seperti drainase pembuangan ataupun dari kekuatan struktur rumah itu sendiri. Mari kita simak ya bund ulasan berikut ini, semoga bermanfaat.



Tampak fasad depan rumah

Pemilihan eksterior dari rumah ini tampak minimalis dengan penggunaan warna putih dan beberapa tone lainnya yang menyeluruh membuat hunian ini terlihat simpel. Terlihat penggunaan material alami untuk bagian kusen jendela dan pintu yang menambah kesan natural untuk rumah ini. Tampak jelas penggunaan material batu alam yang di letakkan di atas jendela pada bagian depan membuat rumah ini semakin eye catching dan cozy. Begitu juga dengan tambahan aksen kayu sebagai angin-angin yang di letakkan di atas pintu utama pada rumah ini semakin terlihat menawan dan terkesan natural serta membuat hawa di dalam rumah semakin lega. Jika dilihat lebih detail lagi dinding eksterior ini menggunakan material batu alam yang memiliki finishing putih dengan tambahan coating agar material ini dapat menerima segala cuaca secara baik dan tetap awet dan tahan lumut serta jamur.




Tampak sisi kiri rumah

Inilah tampilan sisi rumah yang terlihat jelas dengan space kosong di samping rumah ukuran 1 m untuk memberikan jarak agar terasa melegakan. Guna untuk memberikan hawa yang melegakan dan memudahkan air ketika hujan turun langsung kebawah tanpa mengganggu tangga sebelah, space ini sangat bermanfaat untuk resapan air ketika musim penghujan tiba, dengan begitu rumah akan tetap terlindungi dari genangan air. Dengan kombinasi eskterior serta penataan taman di bagian depan rumah ini sangat dominan dengan konsep terbuka yang menyegarkan. Karena di desain dengan konsep terbuka dengan penghawaan yang melegakan, rumah ini mengabaikan penggunaan pagar untuk memberikan hawa segar dan terkesan menyatu dengan lingukngan secara mudah. Sebagai tambahan untuk memberi kesan pembatas antara ruas jalan, area taman depan rumah ini dibatasi dengan material batu alam untuk memberikan aksen yang berbeda dari desain rumah pada umumnya.



Tampak fasad atap rumah


Berikut ini merupakan tampilan fasad atap rumah yang menggunakan kombinasi model piramida untuk masa bangunan di tengah hingga ke belakang dengan penggunaan model atap limasan ukuran kecil untuk bagian teras. Desain kombinasi ini tampak menarik dengan material genteng flat beton memiliki ketahanan yang tidak di ragukan lagi. Untuk menghalau hawa panas dan melindungi fasilitas di area carport, rumah ini menggunakan penutup atap model kanopi kaca yang tampak dengan eksterior putih secara menyeluruh yang terkesan minimalis. Guna untuk menampung tandon air sebagai kebutuhan air yang paling penting, pemilik rumah memiiki menggunakan penutup atap di bagian dapur kotor dengan dak cor beton sebagai alternatif yang tepat.



Pembagian tata letak ruang

Untuk pembagian tata letak ruang pada rumah ini pemilik mampu memberikan penataan secara tepat dengan halaman luas yang melegakan. Bagian carport yang selalu berada di depan rumah ini menyatu dengan taman depan rumah yang menyeluruh di samping rumah hingga ke belakang. Memasuki bagian dalam rumah ini terdapat living room yang menyatu dengan ruang keluarga, sebagai pembeda ruang di tambahkan penyekat ruang dari kayu minimalis. Di sisi kanan dan kiri living room terdapat  kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam dan kamar tidur 1 dengan pencahayaan yang cukup dari jendela di bagian depan. Sebagai fasilitas umum dengan kapasitas yang cukup rumah ini meletakan dua kamar mandi di tengah ruang antara living room dan ruang keluarga. Selain itu, untuk melengkapi fasilitas rumah pada umumnya, terdapat dapur bersih menyatu dengan ruang makan di area terdekat ruang keluarga dengan bagian sampingnya terdapat kamar tidur 2 di sudut paling belakang. Untuk memberikan kesan yang berbeda agar area di dalam rumah terliaht rapi, terdapat dapur kotor di bagian paling belakang rumah yang menyatu dengan taman belakang untuk area cuci jemur.




Denah ruang serta ukuran

Pembagian denah serta ukuran pada rumah ini memiliki penjelasan sebagai berikut:

Terdapat carport di bagian depan dengan ukuran 3 x 5 m, teras ukuran 3 x 1 m dan taman depan rumah ukuran 7 x 4 m. Di bagian samping rumah terdapat space kosong ukuran 1 x 8 m yang menyatu hingga ke belakang rumah. Di bagian dalam rumah terdapat living room ukuran 3 x 3.5 m yang open space dengan ruang keluarga ukuran 4 x 5 m. Terdapat kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam ukuran 3 x 5 m dan dua kamar tidur lainnyaa ukuran 3 x 3 m. Terdapat dapur bersih ukuran dengan ruang makan ukuran 3 x 3 m dan dapur kotor ukuran 3 x 2.5 m serta taman belakang rumah yang luas ukuran 10 x 7 m.


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Noman_desainrumah



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.