Desain dan Denah Rumah Sederhana 8 x 12 m dengan 3 Kamar Tidur, Tampil Elegan dan Menawan

Homeshabby.com -- Hai bund, apa kabar semoga sehat selalu, dan jangan lupa stay safe and healthy. Di hari yang cerah ini akan di ulas mengenai desain dan denah rumah di atas lahan berukuran 8 x 12 m dengan konsep minimalis sederhana memiliki kapasitas 3 kamar tidur yang tampil elegan dan menawan. Bagian fasad menerapkan bagian carport yang terbuka agar kesan asri dari pekarangan hijau di sekitar rumah bisa menyatu dan memberikan kesan hunian lebih lapang. Pilar teras menggunakan batu alam yang dipadukan dengan lantai marmer glossy, sehingga hunian menjadi tampak kontemporer.

 

Tampak atas rumah

Pada rumah ukuran 8 x 12 m ini menggunakan model atap piramida atau lebih kita kenal dengan istilah atap limasan yaitu penyempurnaan desain atap rumah pelana yang terdiri dari dua bidang miring berbentuk trapesium. Dua bidang atap berbentuk segitiga siku-siku dengan kemiringan yang sama, sehingga mampu membuat hunian terlihat modern. Model atap limasan ini dipercaya mampu memberikan perlindungan terhadap dinding eksterior rumah dari panasnya sinar matahari dan derasnya air hujan. Ketika curah hujan yang deras, akan langsung di alirkan ke bagian bawah pekarangan yang menjadikan suasana ruang menjadi lebih sejuk.


Tampak samping belakang rumah

Tidak terlalu adanya lengkungan di setiap bidang bangunan rumah ini baik dari depan, samping maupun belakang. Bangunan yang sederhana membentuk persegi ini menggunakan cat eksterior berwarna putih yang dipaduan dengan kusen kayu alami serta genteng beton flat dengan tekstur warna abu-abu yang khas. Warna yang dipilih juga memiliki efek timeless, tidak akan takut dimakan zaman karena sifatnya yang abadi dan selalu digemari banyak orang. 


Nampak belakang rumah ketika malam hari

Suasana malam hari membuat kesan hunian bernuansa netral ini terasa hangat dan tenang, warna kuning pada lighting dengan penggunaan jendela kaca yang transparan membuat tampilan hunian semakin elegan dan menawan. Jika anda ingin menambahkan gaya vintage yang ditampilkan pada bagian fasad, anda bisa melapisi bagian dinding dengan material woodplank finishing cat putih untuk tekstur lebih keren dan artistik. 


 

Inspirasi desain kitchen dan dining room

Pada bagian ruang belakang interior rumah ini dimanfaatkan untuk area kitchen dan dining area yang open plan. Tepat di dekat pintu dan jendela teras belakang tidak membuat ruang terasa sesak, jika anda tepat memilih furniture yang minimalis dan di tata sedemikian mungkin dengan tetap memperhatikan ruang gerak aktifitas yang bebas. Kitchen set leter L menyesuaikan bentuk space berbahan HPL dan backplash dari bahan batu alam, sedangkan pada pemilihan set dining lebih minimalis dan berkaki ramping yang membuat ruang kecil nampak lega.


 Denah ruang

Berikut ini merupakan pembagian ruang beserta ukuran lengkapnya dengan penjabaran sebagai berikut : 

Bagian depan berada di sebelah kanan, teras membentuk L berukuran 4,5 x 5,5 m ke samping, masuk ke bagian interior di sambut adanya living room berukuran 3,5 x 3,5 m.  Bersebelahan langsung dengan master bedroom di bagian depan 3,5 x 3 m dan 1,5 x 2 m untuk bathroom dalam. Kamar tidur kedua berada di bagian tengah 3 x 3 m dan kamar tidur ke tiga paling belakang berukuran 3 x 3,5 m, terdapat bathroom publik di antara dua kamar tidur tersebut ukuran 2 x 1,5 m. Sedangkan ruang di sebelah nya terdapat TV room 3 x 3 m dan kitchen+dining room 3 x 4,5 m. Bersebelahan dengan teras belakang bisa anda gunakan untuk laundry room minimalis berukuran 1,5 x 1,5 m sedangkan untuk area jemur bisa di halaman belakang dengan konsep outdoor. 

 

Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Arsitek Kendari


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.