Desain dan Denah Rumah Minimalis dengan Kombinasi Model Atap yang Beda Ukuran 9 x 13 M Terdapat Musholla Serta Eksterior yang Ciamik

 




Homeshabby.com -- Hallo bunda, kali ini  kami akan menemani anda dengan memberikan berbagai inspirasi mengenai desain rumah minimalis untuk keluarga tercinta. Rumah berikut ini memiliki dengan eksterior yang ciamik dari berbagai kombinasi material alami namun tetap tampil dengan kesan menawan. Pemilihan eksterior rumah memang mampu memberikan first impression bagi setiap yang memandang, tak lain juga sebagai cerminan dari pemilik rumah itu sendiri. Dengan ukuran 9 x 13 m rumah ini memiliki konsep terbuka dengan penghawaan yang melegakan berkat pemilihan eksterior serta mini garden di area depan dan belakang dengan tanaman hijau yang menyegarkan. Selain menjadi tempat meneduh, rumah juga harus memiliki desain serta penataan ruang yang tepat agar memberikan kenyamanan pada setiap keluarga. Berikut ulasan lebih jelasnya, mari kita simak bersama bund, semoga bermanfaat.




Tampila fasad rumah

Bagian fasad rumah ini terlihat menarik dan unik kan bund ? Mari kita kupas satu persatu apa yang membuat beda dari rumah ini. Tampak jelas dari eksterior yang dominan berwarna putih dengan keseluruhan bersih di setiap sudut area. Pemilihan ornamen yang di tampilkan pada rumah ini jelas terlihat dengan kesan mewah berwarna senada antara keseluruhan area. Untuk menambahkan unsur alami yang dominan, anda bisa memilih beberapa material dari batu alam sebagai dinding bagian depan yang tampil dengan kesan alami dan tampak eye cathcing. Begitu juga dengan pemilihan kusen jendela dan pintu pada rumah ini yang lebih memilih dari bahan dasar kayu agar terkesan kental dengan unsur alami dan menyatu secara dominan.


 

Tampak sisi kanan rumah

Tanpa menggunakan pagar sebagai pembatas, rumah ini tampil dengan konsep terbuka yang dapat menyatu dengan lingkungan sekitar secara mudah. Meskipun tanpa penggunaan pagar sebagai pembatas, untuk menghalangi polusi dan hawa panas masuk ke dalam rumah, pemilik lebih memilih space yang berada di depan untuk mini garden sebagai penghawaan yang segar dan menyejukkan. Meskipun dengan ukuran yang minimalis, rumah ini tetap memberikan space yang cukup di area depan untuk carport dan daerah resapan air. Ukuran  lahan yang terbilang cukup luas seperti ini tidak perlu anda gunakan sepenuhnya untuk bangunan, karena hunian tidak akan terasa lengkap tanpa elemen tambahan seperti sistem drainase, resapan air hujan dan beberapa elemen penting lainnya. Hal tersebut akan mampu menunjang kekuatan struktur dari hunian itu sendiri secara keseluruhan.




Tampak sisi kanan rumah

Inilah tampilan rumah dari bagian sisi kanan depan tampak dari tampilan model atap yang berbeda. Untuk lebih memberikan dimensi dan tampilan menarik pada sebuah rumah, selain dengan pemilihan eksterior bagian fasad seperti pagar, dinding atau elemen lainnya pemilihan model atap juga mampu memberikan tampilan unik pada sebuah rumah. Di kombinasikan dengan atap piramida untuk bagian masa bangunan paling depan dan atap model limasan untuk masa bangunan bagian tengah hingga belakang. Dengan material genteng flat beton sebagai bahan utamanya, struktur atas pada rumah ini tentu memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap segala cuaca. Sebagai mempermudah akses air mengalir ke bawah ketika musim hujan, anda bisa memberikan space longgar di pinggiran atap untuk memasangkan pipi ke dalam kolom agar langsung mengalir kebawah tanpa takut akan terjadi rembesan atau kebocoran.




Living room

Area bersama yang berada pada rumah ini terdapat living room yang open space dengan ruang keluarga. Pemilihan satu set sofa berbentuk letter L dengan warna putih memberikan kesan luas pada area ini. Apalagi dengan bantal yang di letakkan di atas sofa dengan warna cerah mampu memberikan sentuhan yang menggemaskan. Begitu juga dengan pemilihan meja rangka besi yang terkesan lebih natural berkat pemilihan alas di kombinasikan dengan bahan dasar kayu alami. Agar lebih cantik, anda bisa memberikan sentuhan pada dinding dengan wall decor yang dapat menambah kesan di ruang tamu semakin hidup dan berwarna.




Pembagian tata letak ruang dan ukuran

Berikut ini pembagian tata letak ruang dan ukuran untuk setiap ruang pada rumah ukuran 9 x 13 m dengan penjelasan :

Pembagian ruang dan tata letak denah pada rumah ini di mulai dari area depan terdapat area taman ukuran 3 x 2.5 m dan carport berukuran 6 x 6 m yang bergabung denga teras rumah ukuran 3 x 1.5 m.  

Untuk letak ruangan yang berada di dalam rumah terdapat beberapa area antara lain, ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga berukuran 3 x 6 m, musholla ukuran 2 x 3 m, kamar tidur ukuran 3 x 3 m, kamar mandi umum ukuran 1.5 x 2.5 m, dapur ukuran 2 x 3m kamar tidur utama ukuran 4 x 4 m, area laundry ukuran 2 x 2 m dan taman belakang rumah ukuran 3 x 3 m.

Itulah sekilas penjabaran dari rumah ukuran 9 x 13 m yang memiliki fasilitas lengkap dengan memaksimalkan ruang serta taman yang berada di depan dan belakang untuk penghawaan melegakan serta resapan air ketika hujan. Semoga desain tersebut dapat menginspirasi anda untuk lebih bersemangat dalam mewujudkan hunian tercinta. Amiin


Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.



Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Arsimatra



Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.