Desain dan Denah Rumah Minimalis Ukuran 8 x 12 M 3 Kamar Tidur dengan Tampilan Fasad dan Interior yang Menawan

 

Homeshabby.com -- Hallo bunda, jumpa lagi dengan desain dan denah rumah yang akan menemani anda di hari weekend ini. Desain rumah kali ini memiliki ukuran 8 x 12 m dengan eksterior yang modern namun tetap terlihat minimalis berkat perpaduan warna netral dan beberapa sentuhan warna lainnya yang di kombinasikan menjadi satu. Di desain dengan konsep terbuka untuk bagian fasad, rumah ini akan sangat memberikan ruang gerak dan penghawaan udara yang menyejukkan. Sehingga desain rumah yang berkonsep terbuka seperti ini sangat memberikan suasana yang melegakan dan tercipta rumah sehat. Untuk ulasan mengenai desain dan denah rumah berikut ini, simak ya bund penjelasannya semoga bermanfaat.




 Tampak fasad rumah

Dengan ukuran minimalis, rumah ini memiliki eskterior yang elegan dan mengesankan. Berkat pemilihan esterior yang berwarna senada antara atap dan beberapa warna dinding di bagian fasad rumah ini dapat menyatu secara keseluruhan, sehingga mampu memberikan tampilan yang modern namun tetap dengan kesederhanaannya. Penggunaan material batu alam untuk pilar pada rumah ini di desain dengan tampilan yang unik dengan mengaplikasikan persegi, sehingga nampak tengahnya yang berlubang. Anda juga bisa menggunakan ventilasi udara yang tidak hanya dengan jendela saja, melainkan bisa anda  tambahkan beberapa roster untuk menambah penghawaan yang melegakan tepat di atas pintu utam dan di bagian atap topi-topi rumah dengan jendela kaca. 





Tampak sisi kanan rumah

Meskipun rumah berikut ini memiliki ukuran yang terbilang tidak begitu lebar, agar memberikan kesan yang lebih lega dan menyegarkan anda bisa mengabaikan penggunaan pagar untuk pembatas antara taman dan ruas jalan. Tanpa adanya penggunaan pagar rumah tentu akan memberikan kesan lebih menyatu dengan lingkungan sekitar, namun anda bisa memberikan space untuk garden di area depan agar rumah lebih menyejukkan dan bebas dari hawa panas yang berlebihan. Namun apabila anda mengingkan kesan yang sedikit lebih privasi pada hunian, bisa di siasati dengan penggunaan pagar di sisi kanan dan kiri rumah menyesuaikan ukuran yang anda inginkan. Guna dari space yang di biarkan kosong di area depan untuk pagar selain untuk tanaman, area ini akan sangat bermanfaat ketika hujan tiba untuk resapan air. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi jika akan terjadi genangan air hujan.

Untuk penggunaan atap dari rumah ini menggunakan model atap pelana yang di kombinasikan dengan ukuran berbeda di masa bangunan bagian tengah dan sisi kanan kiri. Untuk material dari atap rumah ini lebih menggunakan bahan genteng flat beton yang memiliki ketahanan cukup kuat dan tidak ragukan lagi apabila anda gunakan untuk hunian. Dengan kemiringannya yang pas, anda tidak perlu khawatir jika akan terjadi rembesan atau kebocoran karena memiliki daya tahan yang kuat. Jika menginginkan tampilan yang berbeda, genteng flat beton ini memiliki pilihan warna yang beragam sehingga bisa anda sesuaikan dengan keinginan.





Ruang Keluarga

Area yang berada pada rumah ini terdapat ruang keluarga tampak open space dengan ruang makan dan dapur. Di desain dengan pemilihan interior minimalis modern, area ini memilki tampilan bersih berkat pemilihan warna putih pada dinding yang menyeluruh. Selain untuk menambah fungsi dari ruang keluarga berkat penempatan sofa dan kabinet TV, anda juga bisa memberikan tambahan dekorasi wall decor yang dapat meramaikan suasana di ruang ini semakin cantik. Meskipun dengan ukuran yang mungil, area ini tampak luas berkat penggunaan furniture yang tidak berlebihan dan terkesan lebih fungsional.





Kitchen set

Ruang berikut ini yang di gunakan untuk berkegiatan bersama keluarga tercinta anda adalah kitchen set. Memiliki desain yang minimalis dari pemilihan interior yang berwarna putih secara menyeluruh mampu memberikan kesan luas dan bersih pada area ini. Untuk memberikan pencahayaan yang maksimal, bisa anda gunakan jendela yang selain mempercantik dinding berguna untuk penghawaan yang melegakan. Area backsplah yang berada di area kitchen ini menggunakan keramik dengan motif pesegi berwarna coklat yang dapat memudahkan anda untuk membersihkan ketika kotor. Meskipun terlihat minimalis, kitchen set ini menggunakan material granit untuk area pantry yang lebih berkesan modern dengan tampilan ciamik dan menawan.




Denah dan penataan ruang

Pembagian denah pada rumah ini memiliki ruang dengan ukuran sebagai berikut :

Untuk area paling depan, rumah ini memiliki carport dengan ukuran 3 x 5 m, teras ukuran 2.75 x 1.5 dan taman berbentuk letter L ukuran 5.75 x 4.25 m. Terdapat ruang tamu berukuran 2.75 x 2.35 m yang open space dengan ruang keluarga namun di batasi dengan penyekat ruang berukuran 2.75 x 2.75 m. Terdapat kamar tidur utama berukuran 3 x 3 m, kamar tidur 1 berukuran 3 x 3 m dan dua kamar mandi ukuran 1.5 x 1.5 m. Di area tengah rumah ini memiliki kamar tidur 2 ukuran 3 x 3 m, ruang makan dan dapur yang menjadi satu berukuran 3.5 x 5.75 m serta taman belakang berukuran 5.75 x 1.75 m yang bisa anda gunakan untuk area laundry dan tempat bersantai.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.



Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Arsimatra


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.