6 Inspirasi Penataan Kamar Tidur Kecil untuk Pembantu, Kecil tapi terasa Lapang

 

Gambar : @ist_tie

Homeshabby.com -- Di rumah anda terdapat asisten rumah tangga atau pembantu ? Keberadaan pembantu atau asisten rumah tangga (ART) yang harus menginap tentu saja harus ada ketersediaan kamar tidur kosong dengan ukuran ideal yang di khususkan untuk tempat istirahatnya. Bicara mengenai desain dan penataan kamar tidur pembantu akan cenderung berbeda dengan kamar tidur utama atau kamar tidur pribadi pemilik rumah. Tidak perlu mewah, yang penting ukuran ruang ideal serta penataan interior juga baik. Berikut simak inspirasi penataan kamar tidur kecil untuk pembantu yang terasa lebih lapang !

Gambar : @rifnote

Biasanya kamar untuk pembantu dibuat lebih kecil namun tetap dengan tatanan yang simple dan memberikan ruang gerak yang lega. Ukuran ideal yang bisa anda jadikan inspirasi untuk kamar tidur pembantu adalah sekitar 1,8 x 2 m sampai 2,5 x 2,5 m tergantung space kosong pada hunian anda. Masalah penataan, bagaimanapun konsep ruang tidur, pastikan ventilasi udara dan cahaya ruangan terpenuhi dengan memasang jendela minimalis agar tidak terasa lembab dan suram. 


Gambar : @wildahsnii

Letakkan bed dengan posisi menyudut mengikuti bentuk ruangan, tambahkan dengan almari minimalis dengan 1 coffee table dan rak dinding sebagai display storage yang saving space dan multifungsi. Agar kesan lebih hangat bagian lantai bisa mengikuti konsep ruangan lainnya yaitu parket kayu dengan tambahan karpet bulu yang simple sehingga lebih cantik dan mencerminkan keluasan dari space kamar tidur tersebut.

Gambar : @thanchanhouse

Jika ruangan yang tersedia cenderung lebih sempit, kehadiran jendela dengan bukaan swing ataupun sliding di atas posisi bed sangat berpengaruh terhadap penghawaan di dalam ruangan. Sehingga suasana tidak terasa sumpek dan gelap. Bed single berwarna putih yang minimalis di atas dipan kayu selaras dengan interior rak gantung di sudut space sebagai display baju yang menciptakan ilusi ruang yang lebih lapang dan lega untuk beraktifitas.

Gambar : @rumah_mungil_asn

Untuk menghindari kesan sumpek dan berantakan, hindari penggunaan dipan jika anda ingin meletakkan bed yang berukuran lebih besar untuk pembantu yang lebih dari 1 di dalam rumah anda. Kasur yang di letakkan di lantai dengan tambahan karpet agar lebih nyaman ini mampu membuat kesan kamar tidur lebih airy. Agar tampilan lebih cantik, anda juga bisa menambahkan dekorasi simple yang mewarnai bagian sisi dinding sehingga tidak terkesan kusam dan monoton, membuat pembantu rumah tangga menjadi lebih nyaman dan betah.

Gambar : @yiss1928

Desain penataan dan pemilihan bed cover ataupun seprai cenderung lebih sederhana, memilih motif yang lebih banyak orang menyukainya seperti monokrom, motif kotak-kotak ataupun sprai yang hanya memiliki 1 warna polos, yang terpenting kain dan bahan yang anda pilih membuat nyaman dan tidak gerah untuk pembantu saat beristirahat. Dekorasi dinding seperti kaligrafi, macrame dan sedikit sentuhan alam dari tanaman indoor yang melengkapi sudut ruang mampu membuat kamar tidur pembantu menjadi lebih menarik.


Bagi anda yang menginginkan desain rumah minimalis dari mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.



Penulis     : Imka
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.