Tips Menata Rumah Tetap Segar Tanpa Menggunakan AC

 


Homeshabby.com -- Indonesia merupakan negara yang berikilim tropis dengan cuaca yang panas. Dengan cuaca yang begitu panas tentu membuat banyak orang menggunakan AC untuk mendinginkan suasana di rumah. Namun hal ini juga perlu di ingat penggunaan AC juga mampu membuat pengeluaran anda semakin membengkak. Untuk mengatasi hal tersebut, solusi yang tepat adalah dengan mendesain rumah yang memiliki banyak bukaan atau menanam pohon di area rumah. Berikut ini kami sajikan tips menata rumah agar tetap sejuk meskipun tanpa AC. Semoga bermanfaat, selamat menyimak.





Area yang mungkin terbilang panas di rumah adalah area dapur karena kegiatan masak yang dilakukan terkadang bisa satu sampai dua jam bahkan lebih. Tanpa memperhatikan desain yang ada area dapur akan menjadi sangat panas apalagi jika banyak orang. Beberapa hal bisa dilakukan agar area dapur tidak terasa panas dan sesak anda perlu melakukan beberapa hal untuk mengurangi hawa panas ini. Salah satunya dengan memasang plafon yang lebih tinggi dari biasanya atau menggunakan cooker hood untuk menyerap udara panas dan bau tak sedap ketika memasak. Jika dengan menggunakan cooker hood masih kurang untuk mengurangi hawa panas, dengan menempatkan exhaust fan di sudut ruang mampu mengurangi hawa panas dan dapur akan terasa nyaman.





Sirkulasi udara yang baik dan segar pada rumah tentu akan membuat suasana di rumah anda semakin sehat dan hawa panas pun akan berkurang. Penggunaan ventilasi udara yang cukup pada suatu rumah, bisa anda sesuaikan dengan daerah tempat anda tinggal. Jika hunian rumah berada di area perbukitan atau pegunungan, hanya dengan mengaplikasikan 2 ventilasi udara saja sudah cukup untuk di terapkan di rumah. Tapi jika anda tinggal di area pekotaan yang terbilang padat penduduknya anda sangat perlu menggunakan ventilasi udara yang dapat meminimalisir hawa panas.






Salah satu cara untuk mengurangi hawa panas yang berada di rumah pada saat musim panas adalah dengan membuat langit-langit rumah lebih tinggi dari biasanya. Hal ini dilakukan agar mampu menghalau hawa panas dan suasana rumah akan terasa sejuk. Kombinasi langit-langit yang tinggi, ventilasi udara yang cukup dan ditambah dengan tanaman hijau disekitar rumah tentu hal ini mampu mengurangi hawa panas dari luar ruangan.






Hawa panas yang masuk kedalam rumah biasanya karena hunian anda kurang mengaplikasikan tanaman hijau pada halaman sekitar rumah. Salah satu cara mengurangi hawa panas tanpa menggunakan AC adalah membuat area sekitar rumah rindang dan sejuk, dengan menaman pohon atau tanaman hijau. Hawa panas yang biasanya terasa pada saat siang hari akan terasa sejuk ketika tanaman di luar rumah banyak dan rindang, karena tanaman hijau atau pohon pada siang hari akan mengeluarkan oksigen yang mampu membuat anda merasa sejuk ketika di berada bawahnya. 





Air adalah salah satu cara untuk menghilangkan hawa panas, oleh karena itu dengan mandi perasaan kita akan kembali nyaman dan merasa segar. Membangun kolam dengan menyesuaikan space yang masih tersisa pada rumah, mampu membuat area di rumah semakin sejuk dan nyaman. Kolam renang yang di kombinasikan dengan banyak pohon di sekitar kolam tentu akan menambah kesejukan pada area ini.



Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.


Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah.
Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman.
Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Pinterest


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.