Desain Rumah Tinggal 2 Lantai Dengan Luas Lahan 6 x 15 Meter Cocok Untuk Keluarga Besar Tahun Ini



Homeshabby.com -- Keinginan untuk memiliki rumah yang luas dan nyaman adalah harapan setiap keluarga. Untuk menetapkan model dan desain rumah yang tepat sesuai keinginan akan sangat sulit jika tidak memiliki bayangan desain seperti apa. Maka dari itu homeshabby.com akan memaparkan desain rumah 2 lantai pada lahan 6 x 15 meter. Rumah yang berlantai 2 adalah tipe rumah yang banyak diminati masyarakat, dengan satu alasan  karena memiliki tanah atau lahan yang kecil. Desain pada rumah ini terbilang cukup luas untuk menampung anggota keluarga besar. Berikut adalah penjelasan yang dapat kita bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat.


1. Desain rumah tampak fasad


Tampilan fasad depan pada rumah ini menggunakan perpaduan cat yang senada antara abu-abu terang dan sedikit warna bata untuk menambahkan kesan warm pada rumah ini. Rumah yang didesain tanpa menggunakan pagar akan memberikan kesan terbuka. Ventilasi udara pada rumah ini terlihat cukup banyak yang dapat membuat ruamah ini semakin terang dan sehat. Beberapa ventilasi udara seperti jendela kaca dengan kusen berwarna gelap  dan beberapa roster tepat pada atas pintu dan jendela akan menhadirkan suasana yang sejuk pada rumah ini.


2. Desain ruang tamu



Dengan adanya pemilihan warna yang selaras antara dinding, satu set sofa, dan cofee table  ini memiliki dekorasi cantik dan membuat ruang tamu anda semakin warm. Kesan klasik juga dihasilkan dari penempatan beberapa furniture pada sudut ruang seperti rak dan single table dengan finishing kayu yang mengkilap. Karpet dengan warna abu-abu dan putih yang memberikan kesan unik pada ruang tamu ini. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman yang akan memberikan nuansa alami.


3. Desain ruang keluarga



Ruang keluarga yang memiliki warna abu-abu terang ini dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan hangat. Pencahayaan cukup yang di dapat dari jendela kaca akan memberikan kesan sejuk dan terang. Kabinet untuk meletakkan TV yang dicat putih pada bagian depan dan pemberian aksen vertikal pada bagian belakang kabinet juga menciptakan kesan yang minimalis dan tampil bersih. 

4. Tampak desain potongan dari samping

Desain gambar kerja pada rumah ini tampak potongan dari samping. Bangunan atau rumah yang memiliki 2 lantai atau lebih, harus memiliki struktur yang lebih kuat dan kokoh karena beban yang diterima juga semakin besar. Ketika memulai pembangunan, apalagi jika membangun rumah 2 lantai usahakan menggunakan kombinasi pondasi, antara pondasi batu belah dan pondasi footplat (pondasi setempat) yang berguna untuk memperkuat dan menahan beban bangunan yang terdapat pada lantai 2. Jarak antar pondasi yang sebaiknya di aplikasikan tidak terlalu jauh dan penggunaan nya juga harus memperhitungkan struktur yang ada, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi kuat tidaknya sebuah bangunan. Usahakan menggunakan jarak 3-5 meter pada tiap pondasi mengingat bangunan ini adalah rumah 2 lantai.

Syarat untuk tinggi lantai pada sebuah bangunan berkisar antara 3-3.75 meter dengan maksimum ketinggian sebesar 5 meter. Standart tinggi dinding rumah bisa dihitung dengan cara yaitu : ( Panjang + Lebar ) dibagi 2. Jika semisal sebuah ruangan berukuran 4 x 3 m, maka ( 4 + 3 )/2 = 3.5 meter. Maka semakin besar sebuah ruang maka tinggi dinding dan plafon sebuah rumah juga semakin tinggi dengan pengeluaran yang semakin besar.  Tinggi pada tiang atau kolom sebuah bangunan juga harus menyesuaikan beban yang ada, dengan tinggi kolom sebuah bangunan umumnya sebesar  3 m. Perhitungan struktur sebuah bangunan harus benar dan sesuai karena sangat mempengaruhi kokohnya sebuah bangunan.

5. Tampak desain denah dan ukuran


Detail denah rumah 2 lantai ini memiliki beberapa ruang diantaranya pada lantai 1 terapat carport ukuran 3 x 4.5 m, taman ukuran 3 x 3 m, teras ukuran 3 x 1.5 m, ruang tamu open space dan terdapat tangga pada bagian sampingnya dengan ukuran 5.5 x 3 m, kamar tidur 1 dan 2 yang memiliki ukuran 3 x 3 m, kamar mandi ukuran 1.5 x 1.5 m, kitchen set ukuran 3 x 2 m, dan halaman belakang ukuran 6 x 3 m. 

Untuk denah pada lantai 2 ini memiliki ruangan sebagai berikut, setelah menaiki tangga akan mendapati kamar utama dengan ukuran 3.5 x 3 m, ruang keluarga ukuran 4 x 3 m, ruang santai ukuran 4 x 3 m. Pada samping tangga terdapat terdapat lantai dengan kaca transparan yang dapat memercantik ruangan ini. Semoga desain kali ini dapat menginspirasi lebih lagi dengan sedikit beberapa perhitungan struktur untuk bisa anda terapkan ketika membangun rumah.

Bagi anda yang menginginkan inspirasi desain dan denah rumah mulai sederhana hingga modern. Silahkan tinggalkan pesan dan komentar anda di facebook Rumah Shabby Minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bagi anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan ke kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi yang lainnya.


Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : Instagram solusidesainkita


Website Homeshabby.com adalah website yang menyajikan berbagai denah dan desain rumah minimalis modern di Indonesia. Harapan kami Homeshabby.com menjadi website nomor 1 mengenai kumpulan desain dan dan denah rumah terlengkap di Indonesia. Selain denah dan desain rumah, Homeshabby.com juga memberikan inspirasi interior dan eksterior dekorasi rumah modern.